Ketahui Jenis-jenis Lantai Terbaik Untuk Lapangan Olahraga Indoor

lantai terbaik untuk lapangan olahrga indoor
Rate this post

Jenis lantai lapangan Olahraga – Pada dasarnya, dalam setiap dunia konstruksi itu harus mempertimbangkan berbagai hal. Begitu pun dalam pembangunan sarana lapangan olahraga, dimana ada banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan. Ya, mulai dari material bangunan, desain bangunan, hingga kebutuhan material interior dan exterior.

Berbicara soal kebutuhan interior, tentu saja lantai menjadi salah satu elemen yang memiliki peranan paling penting. Keberadaan lantai pastinya dapat menunjang tingkat kenyamanan dan keamanan bagi para atlet yang bertanding. Bukan hanya itu, bahkan keberadaan lantai tersebut juga dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan olahraga itu sendiri.

Akan tetapi, tidak semua jenis lantai itu cocok diaplikasikan untuk lapangan olahraga lho. Dengan kata lain, hanya ada beberapa jenis lantai saja yang kriterianya dinilai cocok untuk penggunaan lapangan olahraga.

Mempertimbangkan jenis lantai yang akan digunakan di sarana olahraga, sebaiknya kita mempertimbangkan jenis olahraga apa yang akan kita banyak lakukan dalam sarana olahraga indoor tersebut nantinya.

Sebab, masing-masing cabang olahraga, memiliki rekomendasinya tersendiri. Salah satunya berupa lantai kayu solid atau yang biasa disebut dengan parket solid. Direkomendasikan untuk lapangan basket sebab dapat memberikan pantulan bola yang pas, dan membuat para pemain nyaman saat loncat diatasnya.

Selain lantai kayu, baik solid maupun non solid, terdapat juga jenis lantai kayu lain yang dapat digunakan untuk lantai lapangan olahraga. Berikut daftarnya :

Rekomendasi Lantai untuk lapangan olahraga Indoor

1. Lantai kayu
– Solid
– Non Solid
2. Rumput Sintetis
3. Lantai Interlock
4. Karpet Vinyl

Mari kita Ulas satu persatu,

1. Rekomendasi Lantai Kayu Solid Untuk Lapangan Olahraga

lantai terbaik untuk lapangan olaharga indoor

Apa yang dimaksud dengan lantai kayu solid..??? Perlu diketahui, lantai kayu solid ini merupakan material lantai berbahan kayu asli tanpa campuran bahan lain. Mengingat materialnya yang terbuat dari kayu asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan produk lantai kayu solid ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tak hanya unggul dari segi kekuatan, bahkan lantai kayu solid juga unggul dari segi tampilannya yang begitu indah dan eksotik. Itu sebabnya, mengapa lantai kayu solid banyak diaplikasikan untuk lapangan olahraga indoor yang bertaraf internasional.

Lantai kayu solid merupakan jenis lantai standar lapangan basket. Baik dari FIBA, NBA dan juga PERBASI, merekomendasikan lantai kayu sebagai lantainya.

Dari sekian banyaknya jenis lantai kayu solid yang tersedia dipasaran, terdapat beberapa jenis kayu saja yang bisa dikatakan terbaik dipasang di area lantai outdoor.

1. a) Lantai Kayu Mapel

Mungkin diantara kita belum familiar dengan nama kayu satu ini. Wajar saja karena kayu ini bukanlah kayu yang berasal dari Indonesia. Kayu ini biasanya didapat dari Europa dan Amerika.

Peraturan pertandingan bola basket

Berdasarkan situs resmi NBA, sebagai lembaga penyelenggara pertandingan basket di Amerika, Kayu Meple merupakan jenis kayu standar untuk digunakan sebagai lantai lapangan basket, dan sarana olahraga indoor lainnya.

Bagaimana tidak, kayu maple ini memiliki permukaan yang halus dan warna yang cerah sehingga akan sangat ideal digunakan untuk lantai olahraga indoor. Dengan warna yang cerah membuat tampilannya lebih kontras dengan Bola dan membuat Bola mudah di lihat, baik oleh para pemain yang bertanding, penonton, dan juga bagus untuk siaran langsung.

Sayangnya, jenis kayu satu ini cukup jarang kita temukan di Indonesia, sehingga diperlukan alternatif kayu lain yang memiliki warna dan corak yang hampir sama dengan kayu maple, dengan kualitas yang cukup baik untuk di pasang di area lantai.

Untuk itu kami merekomendasikan jeni kayu satu ini :

1. b) Lantai Kayu Jati

lantai kayu solid jati

Jika ditanya soal jenis kayu yang berkualitas tinggi, tentu saja kayu jati ini merupakan jawabannya. Kualitas kayu jati dinilai dari beberapa aspek, mulai dari tingkat kekerasan, kekuatan, kepadatan, keawetan, serta keindahan pola dan warnanya.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika semua produk property dan furniture yang berbahan kayu jati selalu dibanderol dengan harga mahal. Meski mahal, namun lantai kayu solid jati menyuguhkan kualitas yang tidak bisa diimbangi oleh jenis lantai kayu solid lainnya lho.

Lantai kayu solid jati kerap diaplikasikan untuk berbagai jenis lapangan indoor, seperti lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, dan sebagainya. Dari segi tekstur, lantai kayu solid jati tampak terasa kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset.

Akan tetapi, tidak semua tipe lantai kayu jati menawarkan kualitas dan harga yang sama. Pasalnya, produk parket solid jati juga akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya, yaitu grade A, grade, dan grade C.

1. c) Lantai Kayu Solid Merbau

lantai kayu solid merbau

Selain parket solid jati, parket solid merbau juga merupakan salah satu produk parket solid yang sering dipilih untuk pemasangan lantai lapangan olahraga indoor. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat karakteristik parket solid merbau yang sudah memenuhi standarisasi untuk kebutuhan lapangan olahraga indoor bertaraf internasional.

Dari segi harga, bahkan parket solid merbau ini lebih murah dibanding parket solid jati. Meski lebih murah, bukan berarti juga bahwa kualitas dari lantai kayu solid merbau ini bisa dianggap remeh. Bagaimana tidak? sebab lantai kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan yang termasuk kedalam kelas I dan kelas II.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, bahkan parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

……

1. d) Lantai Kayu Sintetis, Alternatif Terbaik Pengganti Lantai Kayu Solid

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa pemerintah mulai membatasi penjualan semua jenis kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ketersediaan kayu yang semakin hari sudah semakin menipis. Alhasil, produk lantai kayu solid cukup sulit untuk kita temui dipasaran.

Jika pun ada, harga lantai kayu solid tersebut sudah pasti akan mahal dikarenakan bahan bakunya yang mulai langka. Maka dari itu, hadirlah produk lantai kayu sintetis yang menjadi alternatif terbaik sebagai pengganti lantai kayu solid. Meski tidak sekuat lantai kayu solid, namun lantai kayu sintetis ini sudah terbukti cukup kuat sehingga ideal digunakan untuk kebutuhan lapangan olaharaga indoor.

Adapun mengenai beberapa jenis lantai kayu sintetis yang kerap digunakan pada lapangan olahraga indoor, seperti lantai laminated dan lantai SPC.

2. Rumput sintetis

Rumput sintetis merupakan rekomendasi penutup lantai untuk sarana olahraga mini soccer. Sebuah olahraga sepak bola dengan ukuran lapang yang lebih kecil. Meski sebetulnya olahraga satu ini lebih banyak dilaksanakan di arena outdoor, namun dapat juga digunakan untuk lapang futsal indoor.

Rumput-Sintetis
Rumput-Sintetis

Rumput sintetis memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan menggunakan rumput asli, seperti perawatan yang lebih mudah, tidak mudah rusak dan juga warna yang mudah diatur.

Penggunaan rumput sintetis ini lebih di rekomendasikan untuk kebutuhan lapangan sepak bola, tidak terlalu bagus digunakan untuk sarana olahraga lain. Bagi anda yang membutuhkan jenis lantai yang dapat digunakan lebih banyak cobang olahraga lain, dapat memilih jenis lantai berikutnya.

3. Matras Interlock

Matras interlock merupakan jenis penutup lantai yang banyak digunakan untuk kebutuhan lapangan futsal indoor. Sipatnya yang kuat dan mudahnya dipasang dan dipindah-pindah menjadikan kelebihan tersendiri jenis lantai olahraga ini.

Tedapat banyak jenis matras interlock yang dibedakan untuk kebutuhan sarana olahraga. Untuk kebutuhan futsal biasanya menggunakan matras interlock yang lebih keras untuk mendapatkan durabilitas yang lebih tinggi, mengingat gaya kesek yang akan diterima akan sangat tinggi.

Namun ada juga jenis matras interlock lebih empuk untuk kebutuhan olahraga yang membutuhkan lantai empuk, seperti beragam beladiri dan tempat bermain anak. Karena sipatnya yang mudah di bongkar pasang menjadikan penutup lantai ini banyak diaplikasikan untuk berbagai event olahraga.

4. karpet Vinyl

Nah, untuk jenis lantai satu ini merupakan jenis lantai untuk kebutuhan lapangan badminton (bulutangkis). Jika kita sering melihat pertandingan buku tangkis resmi seperti Indonesia Open, ALL England, Thomas Uber Cup dan lain-lain, kita pasti sering melihat lapangan bulutangkis yang berwarna hijau dengan pembatas garis putih. Nah itu adalah karpet sintetis yang umumnya terbuat dari bahan dasar Vinyl.

jenis lantai untuk sarana olahraga

Penggunaan jenis karpet sintetis untuk kebutuhan pertandingan bulutingkis disebabkan, karpet ini memiliki daya cengkaraman yang kuat sehingga tidak akan mudah licin saat digunakan. Ditambah dengan sipatnya yang mampu menyerap pantulan cahaya dari berbagai sisi sehingga pemain tidak merasa terganggu saat bermain.

Sipatnya yang flexibel juga membuatnya dapat dibongkar pasang dengan mudah. Untuk membuatnya lebih efektif, biasanya owner membuat sarana olahraga indoor yang dapat di pakai banyak cabang olahraga, misalnya untuk basket, voli dan bulutangkis.

Baca selengkapnya : Menghitung Biaya Lantai Kayu untuk Lapangan Badminton

Lantai Mana Yang Terbaik Untuk Digunakan Di Sarana Olahraga Indoor ?

Sebagaimana dijelaskan diatas, jika masing-masing cabang olahraga memiliki jenis lantainya tersendiri. Misalnya Lantai kayu untuk basket, Karpet untuk bulutangkis dan interlock untuk futsal.

Namun bila anda mengingkan jenis lantai yang dapat digunakan untuk semua jenis olahraga, akan tetapi tetap nyaman digunakan dan bagus scara tampilan, kami bisa merekomendasikan dua jenis lantai, yaitu lantai kayu, dan lantai interlock.

Kedua jenis lantai ini cukup umum digunakan diberbagai gedung olahraga dan penggunaannya cukup banyak.

Mengingat jenis lantai seperti matras interlock dan karpet Vinyl ini dapat di bongkar pasang dengan mudah, anda bisa mengaplikasikan lantai kayu sebagai landasan awal. Kemudian bisa menambahkan jenis lantai yang dapat di bongkar pasang sesuai kebutuhan olahraga yang dibutuhkan.

Dengan sipat lantai kayu yang dapat meminimalisir cedera bila terjatuh, aman terhadap tumit ketika terjatuh karena dapat menyerap benturan menjadikannya lebih unggul untuk kebugaran para olahragawan. Tinggal kita kondisikan saja lantai tambahan lain diatasnya sesuai kebutuhan.

Karpet Vinyl untuk badminton atau Interlock untuk futsal.

Demikian ulasan kali ini mengenai jenis lantai terbaik untuk sarana olahraga.

 

 


 
You might also like:

baca juga : Detail ukuran lantai Lapangan basket

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top