Rekomendasi Jenis Lantai yang Cocok Untuk Carport

jenis lantai untuk carport
5/5 - (1 vote)

Jenis lantai untuk carport – Keberadaan carport di area rumah memang memiliki peranan penting bagi pemilik kendaraan, entah itu berupa mobil, motor, maupun sepeda.

Dengan adanya carport, tentu saja kendaraanmu akan terhindar dari berbagai faktor cuaca seperti panas matahari dan hujan. Selain itu, fungsi carport juga akan membantumu untuk tidak memarkir mobil di bahu jalanan depan rumah yang tentunya bisa mengganggu tetangga disekitar.

Akan tetapi, ternyata masih banyak yang beranggapan bahwa carport itu adalah garasi. Padahal, carport dengan garasi merupakan dua jenis bangunan yang berbeda lho.

Lantas, apa yang membedakan garasi dengan carport? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Carport dan Garasi

Dari segi fungsi, mungkin carport dengan garasi memang memiliki kesamaan. Ya, kedua bangunan ini biasa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis kendaraan, seperti mobil, motor, sepeda, dan lain sebagainya.

Perbedaan Carport dan Garasi

Namun, perbedaan carport dengan garasi bisa dilihat dari bentuk bangunannya. Garasi merupakan bangunan yang letaknya langsung menyatu dengan rumah, sehingga dapat terhubung melalui pintu masuk.

Berbeda dengan carport, dimana letaknya berada terpisah dari rumah dengan struktur terbuka. Beralih ke material lantai, biasanya lantai garasi terbuat dari plesteran semen.

Sementara lantai carport bisa menggunakan berbagai jenis material. Lalu, jenis material seperti apakah yang cocok untuk lantai carport?

6 Jenis Lantai Terbaik Untuk Carport

1. Decking Kayu

Akhir-akhir ini penggunaan decking kayu atau lantai parket outdoor semakin banyak diminati untuk diaplikasikan di berbagai area, termasuk di area carport.

Decking Kayu

Hal itu bukan tanpa sebab, karena penggunaan decking kayu bisa mempertegas kesan yang mewah dan natural. Selain unggul dari segi tampilannya saja, bahkan decking kayu juga sudah terbukti kokoh dan kuat sehingga membuatnya bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, penggunaan decking untuk area carport dapat meningkatkan kenyamanan karena memiliki tekstur dan aroma yang natural khas kayu.

Ada berbagai jenis decking kayu yang tersedia dipasaran, dimana masing-masing jenisnya memiliki karakteristik tersendiri.

Baca selengkapnya: Jual Decking Kayu / Lantai Kayu Outdoor Untuk Luar Ruangan

2. Lantai Plester (Lantai Semen)

Jika budget yang kamu miliki memang terbatas, maka lantai plester atau lantai semen ini merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, proses pengerjaan lantai plester tidak berbeda jauh dengan proses pengerjaan memplester dinding yang di aci hingga halus sehingga hemat biaya.

Lantai Plester (Lantai Semen)

Akan tetapi, ada perbedaan diantara kedua proses pengerjaan tersebut. Pada proses pengerjaan lantai, maka akan dilakukan langkah penggosokan hingga halus dan mengkilap. Ya hal itu bertujuan agar warna yang ditampilkannya akan sama dengan warna semen pasir dan cenderung lebih gelap.

Pada beberapa peneriapan yang dilakukan dengan merata (covering) dalam luas ruang, maka terdapat kelemahan saat terjadi retak karena tidak bisa diganti dengan material lain. Jadi, keretakan pada lantai plester harus ditambal dengan bahan yang sama, yakni pasir dan semen.

3. Lantai Epoxy

Apa yang dimaksud dengan lantai epoxy? Perlu diketahui, Epoxy adalah sebuah kopolimer yang terdiri dari dua bahan kimia berbeda yakni resin dan pengeras resin.

Lantai Epoxy

Resin tersebut digunakan sebagai base dan polymed untuk harderner-nya (pengeras). Dilihat dari bentuk aslinya, resin memiliki tekstur yang sangat keras dan getas.

Meski demikian, penggunaan resin akan diberi campuran bahan untu menyesuaikan sisi mekaniknya, entah itu dari sisi kekuatan, kekenyalan, serta keuletannya.

Lebih ringkasnya lagi, epoxy adalah pelapis akhir pada permukaan lantai maupun dinding yang kerap diaplikasikan pada carport, garasi, lahan parkir, gudang, pabrik, supermarket, dan bangunan industry lainnya.

Walau begitu, penggunaan resin akan diberi campuran bahan untu menyesuaikan sisi mekaniknya, entah itu dari sisi kekuatan, kekenyalan, serta keuletannya.

Dengan kata lain, epoxy adalah pelapis akhir pada permukaan lantai maupun dinding yang kerap diaplikasikan pada carport, garasi, lahan parkir, gudang, pabrik, supermarket, dan bangunan industry lainnya.

Baca juga: Pilihan Lantai Terbaik Untuk Dapur Minimalis

4. Lantai Batu Alam

Selain lantai epoxy, batu alam juga merupakan salah satu jenis material yang kerap diaplikasikan untu lantai carport. Adapun mengenai jenis batu alam yang umum digunakan sebagai lantai carport, yakni batu kali berbentuk lempeng atau batu andesit.

Lantai Batu Alam

Selain teksturnya yang cenderung kasar, lantai batu alam juga mudah dibentuk sehingga sangat cocok dijadikan untuk lantai carport. Terdapat salah satu keunggulan dari penggunaan lantai batu alam untuk carport, yakni pada waranya yang cenderung gelap.

Tentu saja warna gelap tersebut akan dengan mudahnya menyamarkan noda bekas ban maupun oli. Bukan hanya itu, penggunaan lantai batu alam pun dapat menghadirkan nuansa natural dan sejuk pada rumahmu.  

5. Lantai Keramik

Ini dia salah satu jenis material yang memang sudah umum digunakan oleh masyarakat. Lantai keramik tersedia kedalam berbagai motif dan warna keramik yang tersedia, sehingga dapat kamu pilih sesuai dengan konsep carport.

Lantai Keramik
foto@Mustika Land

Akan tetapi, kamu jangan hanya memilih keramik yang permukaan teksturnya halus saja. Pasalnya, lantai keramik yang bertekstur kasar juga sangat ideal untuk carport.

Umumnya keramik untuk lantai carport adalah yang bertekstur kasar. Mengapa demikian? Ya, mengingat teksturna yang kasar akan memberikan cengkraman yang kuat ketika kamu mengerem kendaraan. Jika kamu ingin menggunakan lantai keramik, maka pilihlah yang berukuran kecil (30 cm x 30 cm).

Artikel Terkait: Macam-Macam Ukuran Keramik Lantai Dari Penempatannya

6. Lantai Marmer

Jenis material lantai terbaik berikutnya yang cocok diaplikasikan pada carport, yakni berupa lantai marmer. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai marmer dapat menciptakan kilauan bening yang akan mempertegas mewah dan elegan.

Lantai Marmer
foto@Mustika Land

Pada umumnya, lantai marmer tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan, serta menawarkan harga yang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya.

Pasalnya, mengingat ketersediaan bahan baku batu marmer yang memang cukup terbatas. Tak hanya menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama.

Namun, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar. Jadi, lantai marmer memerlukan perawatan ekstra karena sifatnya yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

Itu dia deretan material lantai terbaik yang direkomendasikan untuk carport.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan salah satu jenis material lantai tersebut?

Scroll to Top