Decking Adalah ? Menjawab Semua Pertanyaan Tentangnya

Mengenal apa itu Decking
Rate this post

Mengenal Decking kayu – Istilah Decking akan sering kita dengar saat akan membangun sebuah area outdoor. Misalnya kolam renang, pagar atau teras rumah. Namun apakah anda sudah tahu apa yang di maksud dengan Decking itu sendiri ?

Apa itu Decking ?

Decking adalah Tipe lantai yang umumnya digunakan di area outdoor. Berbeda dari jenis lantai biasanya, decking memiliki ciri khas pembangunanya yang lebih di tinggikan antara permukaannya.

Hal ini dimaksudkan sebagai area mengalirnya air dan tidak tergenang di area lantai decking. Teknik pembuatan lantai menggunakan metode decking ini sangat bermanfaat untuk area-area yang sering terkena air dan hujan, semisal :

  • Area samping kolam renang
  • Teras hunian
  • Jembatan
  • Balkon, dan
  • Rooftop hunian.

Dengan metode pemasangan lantai Decking, dapat bermanfaat mengurangi licin dan mengurangi endapan air yang akan berdampak pada estetika hunian, serta resiko menjadi sarang nyamuk.

Umumnya, Decking dibuat dari kayu baik itu kayu solid atau campuran.

Decking kayu Solid

Decking kayu solid merupakan jenis Decking yang terbuat dari kayu utuh seperti kayu Ulin, kayu Bengkirai, kayu Merbau dan kayu kempas. Keempat jenis kayu ini digunakan karena kayu-kayu ini memiliki daya tahan terhadap cuaca yang terbilang cukup tinggi.

Memang disarankan untuk decking kayu, sebaiknya menggunakan kayu yang mampu bertahan pada perubahan cuaca, memiliki tingkat keras yang tinggi agar tidak mudah muai susut dan memiliki ketahanan terhadap serangan rayap maupun jamur.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai decking kayu bisa di simak di sini : Harga decking kayu

Penggunaan Decking kayu untuk area outdoor di nilai mampu meningkatkan keindahan suatu hunian dengan warna khas dari kayu alami yang unik.

Meskipun demikian, material kayu memiliki harga yang cukup tinggi. Oleh karenanya hadirlah sebuah decking yang mirip kayu namun terbuat dari bahan lain.

Decking kayu Sintetis

Decking kayu sintetis yang saat ini paling dikenal pasar adalah Decking WPC. WPC merupakan singkatan dari Wood plastic composite. Yang merupakan sebuah bahan yang terbuat dari campuran biji plastik dan serbuk kayu.

Decking WPC ini merupakan jenis decking yang bisa pengganti kayu solid. Karena terbuat dari bahan campuran plastik yang diolah agar mampu bertahan pada perubahan cuaca, membuat decking WPC ini memiliki tingkat durabilitas yang tinggi dan menyerupai decking kayu asli.

Dan karena bahan plastik ini juga membuat decking WPC tidak disukai rayap dan jamur sehingga akan lebih aman dari resiko gangguan makhluk hidup.

Hanya saja, dari segi warna, decking WPC ini memiliki warna yang monoton, tidak alami seperti kayu asli sehingga jika dinilai secara estetika tidak begitu bagus dibandingkan decking kayu solid.

Selain itu, lama-kelamaan, pada decking WPC warna permukaan akan terus memudar seiring waktu.

Selengkapnya : Material WPC Digunakan Untuk Apa Saja? Yuk, Kita Cari Tahu

Metode Pemasangan Decking

Pemasangan lantai decking berbeda dari lantai untuk indoor. Sebagaimana definisi tadi, decking kayu memiliki area tempat mengalirnya air, maka dalam pembuatan decking kayu, harus menghadirkan yang namanya bantalan sebagai peninggi antara permukaan dan material decking yang digunakan.

bantalan decking ini umumnya terbuat dari material kayu kaso atau material decking itu sendiri. Namun ada juga yang menggunakan beton.

Dalam pembuatannya, permukaan lantai dasar dibuat lebih miring sedikit, agar air dapat mengalir.

Informasi lebih lengkapnya bia di lihat : Langkah Memasang Decking / Lantai Kayu Outdoor Yang Benar

Decking kayu umumnya digunakan untuk area Out Door (diluar ruangan) yang areanya sering terkena hujan dan Matahari, seperti di taman, samping kolam renang, atau juga untuk dermaga.

Karena decking ini memang untuk digunakan di luar ruangan yang sering terkena sinar Matahari dan Hujan, untuk itu bahan kayu untuk Decking haruslah menggunakan kayu yang keras ( Hard Wood) yang memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca.

Maka dibuatlah bahan kayu untuk decking ini dari beberapa jenis kayu antara Lain:

  • Kayu Bengkirai,
  • Kayu Ulin, 
  • Kayu Merbau

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top