Tata Cara Memasang Lantai Kayu

Tata Cara Pemasangan Lantai Kayu Parket

 

Ada beberapa cara dalam pemasangan lantai kayu Parquet, tergantung jenis parket apa yang akan dipasang. Parket solid ukuran standar, parket solid ukuran besar (Flooring),Parket Laminate, Parket Engineer Atau decking.


Macam-macam jenis Parket tersebut di atas, memiliki tata cara pemasangan yang berbeda-beda yang tentunya di sesuaikan dengan bahan dasar dari masing-masing parket tersebut. di antaranya:

  • Pemasangan Parket Kayu Solid Unfinish
  • Pemasangan Parket Flooring Unfinish
  • Pemasangan Parket Laminate.
  • Pemasangan Decking Kayu
Pemasangan Parket Kayu Solid Unfinish ini bisa di lakukan di atas Plesteran yang sudah di Aci halus, atau bila perlu bisa juga di tutupi dengan multiplek minimal 15 mm.
Selanjutnya permukaan lantai yang hendak di pasang Parket, di lumuri lem kayu secukupnya. Kemudian di susunlah Parket satu persatu.

Setelah pemasangan selesai, meju ke tahap berikutnya yaitu pengampelasan dengan menggunakan mesin khusus untuk meratakan permukaan Parket..
Tahap selanjutnya yaitu finishing yang pengerjaannya bisa di lakukan dengan spray, atau bisa juga dengan Roll khusus.
Dua cara tersebut di atas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  •  Di lakukan di atas Acian, sering kali terdapat beberapa bagian parket yang ngembal tidak menapak ke dasar lantai yang dikarenakan permukaan Plester Acian tidak rata.
  • Di pasang di atas multiplek lebih lebih menempel secara keseluruhan permukaan Parket, karena dasarnya sendiri sudah di ratakan dengan multiplek tersebut. Hanya dalam segi kekuatan, multiplek akan segera lapuk dalam kurun waktu lima tahun

Be the first to comment

Leave a Reply