Vinyl vs Parket membahas kelebihan dan kekurangan keduanya

jika kita mengulas lantai vinyl maka kita tidak bisa lepas dari yang namanya lantai parket. yah, kedua lantai tersebut siring sekali dibanding-bandingkan. ini mungkin karena lantai vinyl merupakan alternatif yang sering sekali dipilih jika seseorang berencana memasang lantai motif kayu dengan harga yang lebih terjangkau. tentu jika dibandingkan dengan lantai parket

saat ini penerapan lantai motif kayu menjadi satu hal yang sering diterapkan pada hunian. parket merupakan salah satu lantai bermotif kayu yang paling banyak dipilih. Ini mungkin karena memang parket merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari 100% kayu asli sehingga kesan natural yang disuguhkan oleh lantai kayu parket lebih menonjol dan terlihat asri dibandingkan dengan lantai vinyl.

pemasangan Lantai Kayu Parket
lantai kayu parket terpasang di hunian

lantai kayu parket umumnya terbuat dari kayu-kayu yang berkualitas tinggi, tidak mudah berubah bentuk serta memiliki tingkat keawetan yang sangat baik, seperti kayu jati, kayu Merbau, kayu sonokeling, kayu sungkai, kayu bengkirai, kayu Ulin dan jenis kayu berkualitas lainnya. jenis-jenis kayu ini memang sudah teruji kuat dan tahan lama untuk diterapkan sebagai lantai kayu.

 

lantai vinyl untuk rumah
lantai vinyl untuk rumah

sementara itu, lantai vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari bahan dasar PVC (Polyvinyl chloride), sehingga lantai vinyl ini elastis serta tahan terhadap kelembaban dan panas matahari. tidak seperti parket yang menggantungkan motifnya berdasarkan kayu yang digunakan, ketika anda memilih lantai vinyl anda bebas memilih motif kayu apa yang nantinya diterapkan untuk lantai hunian adan, dengan harga lantai vinyl yang sama tentu.

hanya saja, lantai vinyl kurang nyaman digunakan, baik untuk sebatas dijadikan bahan injakan, atau digunakan untuk istirahat. selain dari pada itu, lantai vinyl juga kurang baik bagi kesehatan, karena terbuat dari bahan PVC, apalagi bagi anda yang sensitif terhadap bahan tersebut, karena bahan vinyl adalah PVC yang dapat melepaskan volatile organic compounds (VOC)

Oleh sebab itu, kami tidak menyarankan anda untuk memasang lantai vinyl di tempat-tempat istirahat seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Jikapun anda berencana memasang lantai vinyl sebaiknya gunakan lantai vinyl di ruangan-ruangan yang tidak digunakan untuk istirahat dan berkumpul seperti di dapur, di ruangan tamu dan lain-lain.

4 dari 5 orang lebih memilih lantai parket dibanding dengan lantai vinyl, alasan mereka menggunakan lantai vinyl bukan lantai kayu parket adalah karena lantai vinyl lebih murah, harganya lebih terjangkau, lebih cepat pemasangannya, serta lebih awet, plus banyaknya pilihan motif yang disuguhkan penyedia lantai vinyl itu sendiri.

adapun jika disuruh pilih mana yang lebih baik tentu mereka lebih memilih parket karena lebih natural, lebih nyaman, lebih sehat serta lebih terkesan mewah dibanding dengan lantai vinyl

Macam-macam model Lantai kayu terpasang

lalu anda mau pilih yang mana?

baik lantai vinyl ataupun lantai parket, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing tergantung dimana sudut pandang anda melihatnya. yang jelas adalah seluruh lantai vinyl sudah pasti lebih murah dibandingkan lantai parket dan lantai parket tentu lebih mewah dibandingkan lantai vinyl.

tentu itu merupakan pertimbangan tersendiri ketika memilih motif kayu sebagai penutup lantai.

Kami, selaku perusahaan yang bergerak dibidang berbagai jenis olahan kayu tentu menyediakan jenis parket yang sangat lengkap, dari mulai kayu Jati, kayu merbau, kayu bengkirai dan lain-lain…

: harga lantai kayu

selain menyediakan lantai parket, kami juga menyediakan lantai vinyl motif kayu sebagai alternatif atau sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan lantai mana yang paling cocok untuk digunakan di hunian anda.

untuk info lebih lengkap, anda bisa langsung menghubungi marketing kami di Nomor 082144448887 (Nur Wahid)

Demikian ulasan mengenai parket dan vinyl anda mau pilih yang mana? semoga bisa bermanfaat dan menambah bahan inspirasi dalam mewujudkan hunian yang elegan.