Mengenal Kayu Kamper, Inilah Karakteristik dan Manfaatnya

karakteristik kayu kamper 2

kayu kamper – Satu di antara banyaknya jenis kayu yang ada di Indonesia adalah kayu kamper. Penggunaan kayu untuk membuat berbagai kebutuhan seperti furniture, konstruksi rumah, jembatang, dan sebagainya telah dikenal sejak lama.

Sebagai negara tropis yang sangat kaya akan tanaman, Indonesia mempunyai banyak sekali macam kayu dengan ciri khasnya masing-masing.

Ketika membicarakan tentang perkayuan, orang awam mungkin akan memikirkan jati atau mahoni. Padahal ragam material dari pohon tersebut ada begitu banyak dan bervariasi

seperti manglid, keruing, bengkirai, sonokeling, merbau, ulin, kamper, serta masih banya lagi.

Karakteristiknya juga berbeda antara satu dengan lainnya. Baik dari warna, kekuatan, keawetan, dan sebagainya.

Pada pembahasan kali ini kami akan menyajikan beberapa jenis informasi yang mengenai informasi dari sebuah kayu kamper.

Material ini memiliki banyak kelebihan sehingga sering direkomendasikan untuk pembuatan furniture hingga atap plafon rumah. Salah satu ciri khas yang terdapat pada jenis kayu ini adalah terkesan sangat identik dengan sebuah aroma khas dari kampernya.

Seperti namanya, kayu ini memiliki bau seperti kamper alias kapur barus.

Material ini memang kalah populer ketimbang jati dan mahoni. Tetapi bicara soal kualitas Anda tidak perlu meragukannya. Beberapa barang yang bisa dibuat menggunakan kamper antara lain kursi tamu, meja, dipan tempat tidur, sofa, dan sebagainya.

Untuk mengetahui kamper lebih jauh, pelajari hal-hal berikut ini, ya.

Karakteristik Kamper yang Membedakan dari Kayu lain

pohon kayu kamper

Kayu jenis kamper juga memiliki beberapa karakteristik yang harus dipahami. Di bawah ini adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kayu jenis kamper yang perlu diketahui.

1) Karakteristik Warna

Kayu kamper memiliki warna yang kemerahan. Jika Anda perhatikan, warna kemerahan pada material ini tampak menyerupai kayu mahoni. Akan tetapi warna kemerahan yang terdapat pada kamper lebih muda.

Di samping itu permukaannya juga terlihat mengkilap karena termasuk dalam jenis kayu kilau medium. Sifat ini membuat kamper memiliki peminat tersendiri.

2) Aman dari Serangan Rayap

Bahan material ini sering disebut-sebut sebagai kayu anti rayap. Hal ini karena kamper memang terbukti lebih aman dari serangan rayap dibandingkan jenis bahan lainnya. Jadi Anda tidak harus menyemprotkan cairan anti rayap dalam jumlah banyak.

Pemakaian kamper yang terhindar dari serangan rayap akan membuat furniture Anda tetap awet.

3) Memiliki Aroma yang Khas

Salah satu karakteristik utama pada kamper yang tidak dimiliki oleh kayu lain adalah aromanya. Material ini memiliki wangi seperti kamper sehingga dinamakan kayu kamper. Baunya yang beraroma khas membuat serangga seperti rayap enggan mendekati furniture atau benda dari material tersebut.

4) Memiliki Tekstur Agak Kasar

Saat diraba, permukaan bahan ini terasa sedikit kasar. Sehingga proses untuk menghaluskan bahan ini memerlukan usaha tersendiri. Ciri lain yang juga perlu diperhatikan adalah serat kayunya. Kamper memiliki serat berbentuk pola lurus yang dominan ataupun bergelombang. Arah serat tersebut sebenarnya menambah nilai estetika tersendiri.

5) Banyak Tumbuh di Kalimantan

Material ini berasal dari pohon kamper yang banyak tumbuh di hutan tropis Kalimantan. Pohonnya memiliki ketinggian yang dapat mencapai 20 sampai 30 meter. Sedangkan diameter batangnya berukuran antara 60 hingga 120 cm. Wilayah yang dikenal menghasilkan kamper berkualitas tinggi adalah Samarinda karena seratnya lebih halus dibanding hasil daerah lain.

baca juga : Ilmu merawat lantai kayu yang benar

Kelebihan Kayu Kamper untuk Berbagai Kebutuhan

kelebihan dan kekurangan kayu kamper

Selain karakteristik di atas, kayu jenis kamper juga memiliki beberapa kelebihan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kayu jenis kamper.

1)Sangat Kuat

Material alam ini tidak hanya memiliki aroma harus yang khas. Dilihat dari sisi kekuatannya, kamper termasuk dalam golong kelas kuat I. Ini artinya kekuatan bahan tersebut tidak bisa dipandang remeh. Bahkan banyak yang menyebut bahwa kualitas kayu ini tidak beda jauh dengan jati dari aspek kekuatan.

2) Tingkat Keawetan Kelas II

Di samping kekuatannya, Anda juga perlu seberapa bagus level keawetan sebuah material. Kayu ini termasuk dalam jajaran kelas awet II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ini bisa diandalkan dalam waktu relatif lama. Meski begitu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara perawatan yang tepat agar keawetannya bisa bertambah lama.

3) Tahan terhadap Rayap

Salah satu kelebihan yang sangat menguntungkan saat menggunakan kayu kamper adalah tahan terhadap rayap. Rayap merupakan salah satu musuh terbesar perabotan dari material kayu. Rayap memakan perabotan tersebut sehingga bagian dalamnya keropos. Jika dibiarkan terus-menerus perabotan tersebut akan lapuk dan hancur. Tetapi dengan kayu ini permasalahan tersebut bisa dihindari.

4) Memiliki Serat yang Indah

Kelebihan lain pada material ini terletak pada sifat seratnya. Serat yang ada pada kamper memiliki pola lurus sehingga dapat menambahkan estetika tersendiri pada perabotan Anda. Jadi pengerjaannya tidak harus dengan finishing yang berlebihan atau terlalu detail. Karena tampilan naturalnya sudah memperlihatkan keindahan.

baca juga : Flooring kayu merbau, Karakteristik, jenis & inspirasi pemasangannya

Kekurangan Kayu Kamper yang Harus Diperhatikan

Selain beberapa kelebihan di atas, kayu jenis kamper juga memiliki sedikit kekurangan yang perlu diperhatikan. Di bawah ini adalah sedikit kekurangan yang dimiliki oleh kayu jenis kamper.

1)Mudah Mengalami Penyusutan atau Berubah Bentuk

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tetapi material kamper juga tidak lepas dari beberapa kekurangan. Salah satunya yaitu mudah mengalami perubahan bentuk tepatnya penyusutan. Perubahan bentuk bisa terjadi jika perabot terkena air dengan cukup intens. Jadi penggunaan bahan ini kurang tepat untuk furniture outdoor seperti kursi taman.

2) Proses Penghalusan Lama

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, material ini memiliki tekstur yang agak kasar sehingga memerlukan waktu cukup lama dalam proses penghalusannya. Pengerjaan pada bahan ini harus hati-hati dan mengaplikasikan teknik pengamplasan yang tepat. Hal ini dilakukan dan juga bertujuan untuk bisa mendapatkan suatu hasil yang sesuai dengan suatu keinginan.

3) Aromanya Bisa Menimbulkan Alergi

Karakteristik aroma yang kuat pada bahan ini seperti pisau bermata dua. Di satu sisi bau khasnya yang seperti kamper bisa mencegah ancama rayap atau serangga lainnya. Namun di sisi lain aroma wangi pada kayu kamper tersebut juga dapat menyebabkan alergi pernapasan. Bahkan bagi orang yang sensitif bisa menyebabkan kulit iritasi.

4) Perlu Proses Tambahan untuk Pengawetan

Untuk memperoleh hasil yang lebih baik sebaiknya dilakukan beberapa treatment. Metode yang dapat diterapkan misalnya menaburkan bahan pengawet berbentuk bubuk, merendam, vakum tekan, pencelupan, kemudian metode pengolesan menggunakan kuas khusus. Treatment-treatment tersebut bertujuan agar perabot Anda lebih awet lagi.

baca juga : info penjual lantai kayu padang dan sekitarnya

Manfaat Kayu Kamper yang bisa Digunakan

manfaat kayu kamperSelain sedikit kekurangan yang terdapat pada kayu jenis kamper di atas, namun kayu jenis kamper ini juga memiliki beberapa manfaat.

1) kayu kamper untuk Furniture Rumah

Kegunaan material ini sangat baik untuk pembuatan furniture di rumah maupun kantor, restoran, dan sebagainya. Jenis furniturenya antara lain kursi tamu, meja makan, coffee table, dipan untuk tempat tidur, dan furniture lain.

Namun kayu ini sebaiknya hanya dipakai untuk penggunaan indoor saja karena resistensi terhadap air kurang baik.

2) kayu kamper untuk Konstruksi Bangunan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, material ini termasuk dalam kayu kelas kuat I. Tidak mengherankan kalau pemanfaatannya juga untuk keperluan konstruksi bangunan misalnya atap plafon atau tiang.

Apalagi resistensinya terhadap ancaman rayap sangat bagus. Jadi pemilik tidak perlu khawatir akan kekuatannya.

Yang perlu ditekankan yaitu material ini tidak cocok untuk penggunaan outdoor.

Risiko terkena air di kala musim penghujan tinggi. Hal ini dikhawatirkan bisa mengurangi kualitas perabot. Belum lagi potensinya yang bisa menyusut. Maka sebaiknya untuk perabot dalam ruangan saja.

Kayu telah menjadi material yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Material ini memiliki keunggulan tersendiri dari segi kekuatan maupun keindahannya. Tetapi memilih perabot berbahan kayu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Agar tidak bingung, kayu kamper bisa menjadi alternatif pilihan yang bagus.

Be the first to comment

Leave a Reply