karakteristik lantai spc

SPC yang merupakan kepanjangan dari Stone Plastic Composite adalah pilihan jenis lantai yang kini semakin populer karena berhasil memberikan tampilan lantai yang modis, dengan harga yang terjangkau dan pemasangan yang praktis. Lantai dengan campuran komposit batu dengan plastik ini adalah lantai versi upgrade dari vinyl biasa. Adapun perbedaan utama dari lantai SPC dengan lantai vinyl biasa adalah lantai SPC memiliki lapisan yang lebih kuat di dalamnya.

Apa Itu Lantai SPC?

apa itu lantai spc?

Lantai SPC terbuat dari material dasar yang merupakan kombinasi dari batu kapur alami, polivinil klorida, dan juga stabilisator. Lantai SPC ini terbukti bisa menjadi lantai yang stabil di segala permukaan dan bisa dijadikan lantai untuk kebutuhan ruang apa saja. Yang menariknya, lapisan inti yang membuat lantai SPC kuat berada di lapisan dalam lantai sehingga tidak kelihatan dari luar.

Baca Juga : Material Lantai Alternatif Pengganti Keramik

Lantai SPC terdiri dari lapisan-lapisan yang membuatnya kuat. Berikut ini uraian dari lapisan-lapisan yang terdapat di lantai SPC.

Lapisan Lantai SPC

lapisan lantai spc
  1. Wear Layer, adalah lapisan yang berada di bagian atas lantai. Lapisan ini transparan dan bisa memberikan ketahanan terhadap goresan atau juga noda di atasnya. Karena lapisan ini jugalah, lantai bisa mudah dibersihkan dan membuatnya tidak memerlukan perawatan khusus, cukup disapu dan dipel saja.
  2. Lapisan Vinyl, yang merupakan lapisan yang memberikan tampilan luar. Lapisan ini memiliki dekorasi untuk setiap lembar lantai, memiliki warna, pola, dan juga tekstur yang bisa disesuaikan.
  3. Lapisan SPC, adalah lapisan yang berada di dalam lantai (core), yang juga adalah inti yang padat serta kedap air. Lapisan ini terbuat dari bubuk batu kapur alami, polivinil klorida, dan juga stabilisator, yang membuat lantai ini kaku dan stabil dipasang.
  4.  Lapisan Underpad, adalah lapisan yang umumnya terdiri dari busa IXPE atau EVA. Lapisan ini yang memberikan bantalan suara serta insulasi sehingga bisa membuat ruangan kedap suara.

Kini lantai SPC semakin populer dalam penggunaannya untuk lantai. Lantai SPC banyak digunakan untuk bangunan rumah pribadi, kantor, studio, hingga di gedung-gedung besar lainnya. Lantai SPC dipilih karena memenuhi fungsi sebagai lantai, memiliki harga yang murah dan membuat hemat budget, serta memiliki banyak kelebihan lainnya. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini adalah keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh lantai SPC yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilihnya sebagai alas rumahmu.

Baca Juga : Harga Lantai Vinyl Terbaru

Apa Saja Keunggulan Lantai SPC?

keunggulan lantai spc
  • Memiliki ketahanan terhadap air

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lantai SPC ini memiliki ketahanan terhadap air. Bahkan lantai SPC diklaim memiliki ketahanan air 100%. Dibandingkan dengan lantai kayu alternatif lain seperti lantai LVT atau WPC yang tidak memiliki ketahanan terhadap air karena tahan airnya hanya 15 menit, lantai SPC lebih tahan terhadap air. Karena hal inilah lantai SPC bisa dijadikan material lantai untuk dapur sekalipun.

  • Memiliki ketahanan terhadap api

Jika kamu ingin membuat ruang perapian di dalam rumah, lantai SPC aman untuk dijadikan material lantainya. Kamu bisa mempertimbangkan menggunakan lantai SPC karena lantai SPC terbuat dari komposit polimer batu yang merupakan salah satu bahan terbaik dalam menahan api.

  • Pemasangannya yang mudah

Lantai SPC memiliki cara pemasangan yang mudah. Lantai jenis ini bisa kamu gunakan di berbagai jenis subfloor yang ada. Untuk pengaplikasiannya, kamu tidak memerlukan lem yang rumit atau membahayakan, karena lantai sudah didesain dengan semudah mungkin untuk dipasang.

  • Memiliki harga yang terjangkau

Lantai SPC memang lebih mahal jika dibandingkan dengan lantai vinyl biasa lainnya. Hal ini sebanding dengan kualitas dan material yang lantai SPC gunakan. Namun, lantai SPC memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis material lantai lainnya, seperti kayu solid atau marmer. Untuk kamu yang ingin berhemat budget namun tetap ingin tampil gaya, kamu bisa menggunakan lantai SPC. Lantai SPC bisa kamu pasang sendiri sehingga bisa menghemat biaya tukang atau tenaga kerja.

lantai spc
  • Memberikan tampilan dengan motif yang beragam

Jika kamu menyukai lantai kayu solid, namun bingung karena tidak sesuai dengan budget, lantai SPC bisa jadi alternatif pilihan. Lantai SPC bisa memberikanmu tampilan kayu yang lebih alami daripada lantai vinyl biasa lainnya.

  • Lantai SPC lebih nyaman untuk kaki

Lantai SPC memiliki lapisan bawah yang tebal dan juga stabil sehingga membuat papannya empuk sehingga bantalannya empuk. Bahkan semakin tebal papan yang kamu pilih, maka kakimu semakin nyaman rasanya ketika menginjaknya. Lapisan bawah yang padat, tebal, dan stabil ini juga membuat suara pijakan di atasnya lebih tenang, sehingga tidak bising.

  • Perawatannya mudah

Lantai SPC terbuat dari material yang kuat, sehingga dalam pemakaiannya, lantai SPC bisa tahan terhadap noda, benturan, goresan, dan ketahanan terhadap keausan. Lantai SPC bisa jadi alternatif yang tepat untuk pemilik rumah yang sibuk karena pemakaiannya tahan lama dan juga mudah dibersihkan. Untuk perawatan dan pemeliharaannya sendiri cukup dengan menyapunya atau menggunakan penyedot debu secara teratur, dan juga mengepelnya sesekali.

Demikianlah pembahasan kita tentang lantai SPC (Stone Plastic Composite), semoga dapat menambah wawasan anda serta inspirasi untuk memperindah hunian kesayangan anda. SPC merupakan alternatif bagi anda yang menginginkan tampilan eksklusif dari lantai kayu namun dengan harga yang terjangkau. Namun, jika anda menginginkan kualitas yang paling terbaik, ada baiknya anda mempertimbangkan lantai kayu asli atau lantai kayu solid, seperti parket, flooring ataupun decking. Karena pada dasarnya lantai kayu asli memiliki sifat asli dari kayu yang kuat dan tahan lama.

Artikel Terkait : Harga Lantai Kayu Asli Terbaru 2021

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang lantai sintetis (spc,vinyl,laminate) ataupun lantai kayu solid, bisa menghubungi kontak staff marketing kami berikut ini;

Scroll to Top