Ilmu Merawat Lantai kayu yang benar

Ilmu merawat lantai kayu parket

Cara merawat lantai kayu – Tidak lengkap rasanya bila kita membahas produk-produk lantai kayu, kemudian tips memilih, kelebihan kekurangan dan cara memasang tapi kita tidak membahas bagaimana merawat lantai kayu.

Bagi anda yang sudah bekerja sama dengan kami dalam pemasangan lantai kayu, kami ucapkan terimakasih atas kepercayaannya. Selanjutnya, agar lantai kayu tersebut dapat awet bagaimana? disini kita perlu Prosedur bagaimana merawat lantai kayu.

Nah, pada kesempatan kali yuk kita ulas mengenai cara merawat lantai kayu agar lantai kayu tersebut lebih awet dan terlihat kekinclongannya selalu.

baca juga : cara pasang lantai kayu parket solid

Penyebab Lantai kayu cepat Rusak

hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatahui penyebab-penyebab lantai kayu bisa cepat rusak. Agar nantinya anda bisa menghindari penyebab ini.

Tergores benda tajam

Benda-benda tajam yang bisa menggores dan merusak lantai kayu salah satunya adalah penggunaan alas kaki, apalagi alas kaki yang memiliki permukaan yang keras. Penggunaan alas kaki pada lantai kayu juga tidak di sarankan karena akan menghilangkan nilai pada lantai kayu yaitu memberikan kenyamanan pada kaki.

cara merawat lantai kayu parket

Selain alas kaki, goresan-goresan pada lantai dapat di sebabkan oleh furniture. Furnitur seperti Meja, kursi dan lain-lain sangat berpotensi menggores lantai kayu sehingga disarankan untuk memberikan karet pada kaki-kaki furnitur agar dapat melindungi lantai kayu dari goresan.

Terkena air

Bila lantai parket sering terkena air apalagi tumpahan air, bisa menyebabkan lantai parket terkelupas dari permukaan atau sekurang-kurangnya bakal melengkung. Meskipun tenaga pasang sudah melakukan beberapa perlindungan parket agar lebih awet namun jika kita tidak bisa menjaga lantai dengan baik tetap saja beresiko menyebabkan lantai cepat rusak.

lalu bagaimana dengan lantai luar ruangan, bukankah bakal sering terkena air ?

Untuk lantai kayu luar ruangan yang ditempatkan di tepi kolam renang memiliki cara pasang yang berbeda, dimana pemasangan lantai kayu ini menggunakan skrup bukan menggunakan lem seperti lantai parket di dalam ruangan.

Perlu di garis bawahi yang menyebabkan lantai kayu terangkat bila sering terkena air bukan disebabkan kayu parket yang jelek namun karena lem kayu yang akan berkurang daya rekatnya bila terkena air.

Jenis Produk tidak berkualitas

Produk yang tidak berkualitas juga bisa menyebabkan lantai tidak awet. Misalnya menggunakan jenis kayu solid yang memiliki tingkat awet dan kuat rendah tentu tidak akan membuat lantai kayu bertahan bertahun-tahun.

Sebaiknya gunakan jenis lantai kayu yang sudah terjamin kualitasnya seperti lantai kayu Ulin, Jati dan merbau atau untuk yang lebih murah ada lantai kayu keruing, bengkirai, sonokeling, rengas, kempas dan Sungkai, dimana jenis-jenis lantai kayu ini memiliki tingkat keras menengah ke atas.

jenis produk berkualitas

Selain jenis kayu, Dalam memilih Produk lantai kayu anda juga harus memperhatikan bagaimana proses produksi kayu tersebut. apakah melalui tahap oven atau tidak, karena bagian ini juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan keawetan dari Produk.

baca selengkapnya : Tips memilih lantai kayu yang pas dengan selera anda

Bagaimana cara merawat lantai kayu ?

setelah ketiga penyebab lantai kayu mudah rusak dapat diatasi dengan tidak langsung anda sudah melakukan metode perawatan lantai kayu.

Pemeliharaan rutin

Sedikit berbeda dengan merawat lantai keramik, cara merawat lantai kayu ini harus lebih hati-hati. Jangan gunakan pel yang basah, usahakan setelah pel di basahi keringkan sampai hanya sedikit terasa basah (jangan terlalu basah) karena di khawatirkan bila terlalu basah, air akan menyerap pada lantai dan bisa mengurangi umur lantai kayu.

Pemeliharaan rutin yang harus anda perhatikan juga adalah pada saat sinar matahari masuk ke rumah. Sebisa mungkin hindari sinar matahari secar langsung pada lantai karena bisa menyebabkan lantai kayu cepat kusam. Solusinya bisa dengan menutup jendela dengan gordeng bila sinar matahari sedang terik-teriknya.

cara merawat lantai kayu

Pemeliharaan bulanan

Pemeliharaan satu bulan sekali ini dapat anda isi dengan melakukan penyedotan debu menggunakan vacuum clanner agar debu-dedu yang mengendap di berbagai tempat yang sulit di jangkau satu dan pel seperti di bawah kolang rusi dan meja bisa dibawa.

Pemeliharaan tahunan

Agar lantai kayu dapat terjaga kekinclongannya, anda perlu melakukan proses recoating atau finsihing ulang tiap dua tahun sekali atau sampai lantai kayu sudah dirasa kusam. Proses coating ulang ini bisa mengembalikan kekinclongan dari lantai kayu sehingga lantai kayu bisa terlihat mengkilap kembali.

baca juga : harga lantai vinyl motif kayu

bagaimana jika lantai kayu sudah terlanjur rusak ?

Kerusakan apa yang terjadi pada lantai kayu anda ? apakah hanya kotor dan terkena noda membandel?

Ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk membersihkan noda membandel pada lantai kayu.

1) ada Baking soda. baking Soda adalah bahan yang sangat ampuh untuk menghilangkan noda pada lantai kayu terutama noda karena minyak.

cara pemakaianya :

  • Bisa langsung mentabur baking soda pada lantai yang terdapat noda
  • setelah di diamkan sebentar silahkan lap dengan lap kering

2) Air lemon. Air lemon bisa juga digunakan sebagai pembersih lantai bila terkena noda.

cara pemakaiannya :

  • campurkan air panas dan air perasan lemon
  • silahkan lapkan cairan tersebut ke bagian lantai yang terdapat noda membandel
  • biarkan lantai mengering dengan sendirinya.

cara merawat lantai kayu

Bagaiamana jika lantai yang rusak ?

Ada beberapa sebab lantai kayu menjadi rusak, ketiga faktor yang sebelumnya saya sebutkan diatas menjadi penyebab utama yaitu Tergores, terkena air dan Produk tidak berkualitas.

mengatasi lantai kayu sudah tergores

Jika lantai kayu sudah terlanjur mendapat goresan ada beberapa tahap yang bisa lakukan, yaitu melakukan dempul kayu pada bagian yang tergores kemudian bisa ditambah dengan wood Polish sebagai pelindung kayu dari goresan dan juga untuk menjaga kualitas dari lantai kayu.

Jika lantai kayu sudah terlanjur mengalami kerusakan karena goresan yang sangat parah, sobat bisa mengganti sebagian parket dengan yang baru. Agar mendapatkan ukuran dan juga corak yang hampir sama, sebaiknya anda membeli lantai kayu pada penjual lantai kayu sebelumnya.

Misalnya anda sudah berlangganan bersama kami, maka jika terjadi kerusakan dan ingin mengganti sebagai lantai kayu atau melakukan proses recoating maka akan lebih baik jika kami juga yang melakukannya.

cara merawat lantai kayu

Mengetasi lantai kayu melengkung karena sering terkena air

Sebetulnya jika lantai kayu hanya beberapa terkena air tidak jadi masalah. Yang menjadi masalah adalah bila lantai kayu terkena air terus menerus. Maka hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengatasi sebab air bisa membasi lantai terlebih dahulu. Apakah terjadi karena ada keran atau genteng bocor? Silahkan perbaiki dulu. Atau karena terlanjut sering menggunakan pel yang terlalu basah? Sebaiknya jangan di ulangi.

Jika lantai kayu sudah terlanjur melengkung, tidak ada jalan lain selain mengganti lantai kayu tersebut dengan yang lebih lurus. Sarannya sama dengan sebelumnya yaitu melakukan pasang ulang.

Apakah kami perlu menjawab soal mengasati lantai kayu tidak berkualitas ?

“Kami rasa anda sudah tahu jawabannya”

Jika anda berniat ingin membeli lantai kayu, langsung saja hubungi marketing kami.

nomor yang sudah disediakan dibawah.

Semoga informasi mengenai cara merawat lantai kayu dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menggunakan lantai kayu lebih awet. Terimakasih

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Jual lantai parket kayu kota Kupang Nusa Tenggara Timur
  2. 5 Rekomendasi Lantai Untuk Ruang Tamu | | Rajawali Parquet
  3. Mengenal karakteristik kayu kamper | Rajawali Parquet

Leave a Reply