3 Jenis Kayu Unggulan Untuk Plafon Kayu Lambersering

Plafon Kayu Lambersering – Dalam memilih plafon arsistik untuk rumah, lambersering merupakan daftar utama yang tidak boleh anda lewatkan. Dengan kesan natural dan sejuk yang menjadi unggulannya, tidak heran bila menjadikannya urutan pertama untuk di pertimbangkan.

Ukuran Plafon kayu lembersering yang beragam pula bisa menjadi keunggulannya tersendiri, sebab tidak banyak jenis plafon yang bisa digunakan sangat pleksible seperti plafon kayu lambersering ini. Lambersering adalah produk plafon kayu minimalis yang terbuat dari papan-papan kayu memanjang. Umumnya, ukurannnya 1 x 9 x 100 cm up, tergantung jenis kayu yang digunakan.

Alasan Menggunakan Plafon Kayu

kelebihan plafon kayu

Alasan utama menggunakan Plafon kayu adalah hunian dapat terlihat arsistik dan natural. Plafon kayu dapat digunakan untuk keperluan interior dan eksterior. Namun, beberapa dari produk ini memang tidak tahan terhadap rayap dan kondisi cuaca yang dapat menyebabkannya membengkok atau rusak. Itu sebabnya saat memasang papan plafon kayu, sebaiknya ada ruang untuk tempat muai susut kayu, terutama bagian eksterior yang sering terkena sinar matahari dan hujan.

Namun anda tidak perlu khawatir, produk yang kami tawarkan ini menggunakan jenis kayu-kayu terbaik dikelasnya. Yang mana dapat menahan dari serangan rayap. Perlu anda ketahui bahwa bentuk serta bobot dari plafon kayu yang baik haruslah tipis, keras dan juga ringan. Karena, bobot ringan ini merupakan syarat utama bagi kami untuk membuat plafon kayu, alasannya tentu untuk keamanan dan keselamatan dari penghuni rumah tersebut.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Kayu Untuk Plafon Kayu

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Plafon Kayu

Lumberceiling atau lambersering alias plafon kayu adalah salah satu produk kayu solid yang semakin hari semakin banyak peminat nya. Tak bisa dipungkiri karena plafon kayu memiliki sentuhan khas pada sebuah hunian, kesan elegan dan kasual menjadikan nilai plus yang sangat tinggi. Tapi sebelum anda memasang plafon kayu lambersering pada hunian anda, ada baiknya untuk memahami dan membaca beberapa tips memilih plafon kayu agar nanti dikemudian hari, plafon kayu yang anda pasang akan kuat dan awet.

1. Pilih Produk Kayu Lambersering Yang Ringan

Kayu yang ringan? Bukannya kayu solid yang baik itu harus kuat dan berat? Pertanyaan ini mungkin sempat terbesit di benak anda, namun kayu yang bagus tidak selalu harus berat. Namun sangat benar jika kayu yang baik itu harus kuat agar kuat dan tahan lama. Kayu yang digunakan pada produk lambersering ini harus ringan, hal tersebut bukan tanpa alasan, karena kayu yang ringan memberikan dampak yang baik yaitu akan sangat rapat menempel di plafon hunian anda. Dengan kerapatan yang baik, tentu anda tak perlu lagi khawatir dengan resiko terkelupasnya lambersering ini dan membahayakan para penghuni rumah.

2. Pilih Produk Kayu Yang Bisa Dibelah Dengan Sangat Tipis

Tips kedua ini mungkin masih bersangkutan pada tips pertama, yaitu dengan pemilihan kayu yang dapat dibelah tipis. Tujuan nya yaitu untuk mempengaruhi berat dari produk lambersering tersebut. Karena dengan plafon kayu yang dibelah sangat tipis menjadikan bobot dari kayu tersebut menjadi seringan mungkin.

3. Pilih Jenis Kayu Untuk Lambersering Dengan Tingkat Kuat Yang Baik

Pada tips ketiga inilah hal utama yang harus sangat anda perhatikan. Kayu yang bagus yaitu kayu yang kuat, karena tentu anda membutuhkan plafon kayu yang tahan lama hingga bertahun-tahun. Maka dari itu tak sembarang jenis kayu bisa dijadikan plafon, ada beberapa kayu yang sudah terkenal kuat serta ringan yang bisa dijadikan plafon, yaitu kayu keruing, kayu ulin dan juga kayu kemua. Setiap jenis kayu memiliki tiga tingkatan yang perlu diperhatikan, yaitu tingkat kuat, tingkat keras dan tingkat awet. Kayu-kayu tersebut memiliki tingkat kuat yang sangat baik, namun pasti berbeda dalam tingkat keras dan awet nya.

4. Pilih Jenis Plafon kayu yang memiliki Fitur Pengunci

Fitur pengunci pada plafon kayu ini sangat bermanfaat untuk membuat plafon kayu lebih stabil dan kuat. Untungnya, semua produk lambersering yang kami jual sudah menyediakan fitur pengunci T&G di bagian sampingnya. Anda nanti hanya tinggal memilih jenis kayu terbaik yang memiliki warna sesuai dengan konsep hunian yang anda idamkan.

5. Jangan tergiur dengan harga plafon kayu yang murah

Saat ini sudah tersedia banyak jenis plafon kayu dengan harga beragam. Apalagi dengan hadirnya ragam plafon kayu sintetis di pasaran dengan harga yang lebih murah membuat kita berfikir ulang untuk menggunakan plafon kayu lambersering dari kayu solid. Akan tetapi banyak keunggulan yang dimiliki oleh plafon kayu lambersering yang tidak dimiliki oleh jenis plafon lain.

Informasi mengenai kekurangan kelebihan dari plafon kayu lambersering bisa di lihat di bawah.

5 Jenis Kayu Unggulan Untuk Plafon Kayu Lambersering

Produk Plafon Kayu Lambersering

Setelah membahas tips memilih plafon kayu yang baik, mari kita bahas tentang produk plafon yang biasanya digunakan sebagian besar orang. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pada artikel kali ini kami akan memberikan 3 rekomendasi jenis kayu yang bagus untuk plafon kayu yaitu kayu ulin, kayu keruing dan kayu kemua. Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak karakteristik kayu-kayu tersebut:

1. lambersering Keruing Sebagai Plafon Kayu Terlaris

Plafon kayu lambersering keruing

Keruing merupakan salah satu jenis kayu andalan yang seringkali dijadikan plafon kayu. Karena, kayu keruing memenuhi kedua kriteria kayu untuk plafon kayu yaitu kuat dan juga ringan, terlebih lagi kayu keruing ini bisa dibelah dengan sangat tipis. Seringkali dijadikan favorit para konsumen karena harga yang dimiliki oleh kayu keruing ini terbilang tidak terlalu mahal.

Untuk tingkat kekuatan nya, kayu keruing tak perlu diragukan lagi, namun jika berbicara tentang tingkat keawetan nya, kayu keruing ini berada pada tingkat awet kelas III yang mana merupakan tingkat awet medium. Untuk tingkat keras, kayu keruing berada 1 tingkat dibawah kayu jati. Jadi dapat disimpulkan kayu keruing adalah solusi yang pas bagi anda yang menginginkan plafon kayu yang kuat, ringan, dan juga harga yang terjangkau.

Untuk contoh pemasangan lambersering kayu keruing bisa lihat disini.

2. Lambersering Ulin Yang Tanggguh & Paling Berkualitas

Jenis Kayu yang Best of the Best, itulah ungkapan yang pas untuk jenis kayu Ulin. Kenapa? karena kayu ulin memiliki tingkat kuat, tingkat keras dan tingkat awet di kelas I, yang merupakan tingkat terbaik pada jenis kayu. Kayu yang berasal dari kalimantan ini merupakan kayu terbaik nomor satu di Indonesia dan masuk ke jajaran kayu keras Dunia, hebat bukan?

Namun sebenarnya, kayu ulin ini seringkali lebih dijadikan sebagai lantai kayu outdoor karena karakteristik kayu tersebut yang tahan terhadap cuaca dan kuat jika langsung bersentuhan dengan air. Tentu saja segala kelebihan yang dimiliki kayu ulin ini memiliki harga yang tidak murah, tapi jika dipikirkan kembali, kualias kayu ini berbanding lurus dengan harga yang mahal.

Selengkapnya : Ini dia 3 produk Kayu Ulin Untuk hiasan Interior & Eksterior Hunian anda

3. Plafon Kayu Kumea Yang Nggak Kalah Berkualitas

Yang ketiga adalah kayu Kumea, kayu yang memiliki tingkat kuat kelas II dan tingkat awet kelas menengah. Dari segi kualitas, kayu kumea ini mirip seperti kayu Keruing, namun hal yang cukup berbeda terlihat dari warna yang dimiliki Kemua. Warna coklat muda kemerahan yang dimiliki kemua ini lebih mirip kayu Merbau, yang mana hal tersebut merupakan nilai plus dari kayu Kumea. Warna coklat muda kemerahan akan sangat indah jika sudah terpasang baik sebagai lantai ataupun plafon kayu rumah anda.

4. Lumber Ceilling Bengkirai Hadir Untuk Konsep Desain Minimalis

Kayu Bengkirai/Yellow Balau ini memang dikenal dengan warnanya yang cerah dan terkesan mewah. Untuk segi kualitas, kayu bengkirai ini tidak kalah dengan 3 jenis kayu yang sebelumnya kita ulas. Bahkan untuk produk kami yang lain yaitu lantai kayu outdoor, kayu bengkirai ini merupakan produk terlarisnya. Dengan tingkat keras dan kuat yang bagus membuat kayu bengkirai ini layak untuk anda pertimbangkan sebagai jenis kayu untuk plafon dan dinding.

Selengkapnya : Karakteristik Kayu Bengkirai, Unik dan Beda dari Jenis Lainnya

Contoh Produk Plafon Kayu

5. Kayu Agathis Yang Ringan Dan Paling Cerah

Jika anda mengingkan plafon dengan jenis kayu paling cerah untuk hunian, plafon kayu agathis bisa dipilih. Warnanya yang lebih cerah dari bengkirai memang menjadikan kelebihan dari kayu agathis ini. Tidak hanya memiliki warna cerah, kayu agathis juga memiliki bobot yang ringan yang menjadi syarat kayu terbaik untuk plafon lambersering.

Sayangnya, keterbasaran produk serta kualitasnya yang tidak sebaik jenis kayu sebelumnya membuat kayu ini tidak banyak diminati. Bagi anda yang berminan memasang jenis plafon kayu agathis, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan tim kami.

6. Apakah Kayu Jati tidak bisa dijadikan Plafon lambersering ?

Kayu Jati tidak banyak dijadikan plafon karena tidak banyak kayu jati yang dapat memiliki panjang 390 cm lurus. Sedangkan kayu untuk plafon rata-rata memiliki panjang antara 100 sampai 390 cm per pcs. Alasan lain yang membuat kayu Jati ini tidak banyak digunakan sebagai plafon adalah terlalu banyaknya permintaan kayu Jati untuk parket.

Dengan desain yang indah, pemandangan visual yang kasual membuatnya terlalu sayang jika digunakan di area-area yang tidak terlalu banyak terlihat seperti plafon. Kayu Jati lebih banyak dimanfaatkan sebagai parket dan furniture rumah.

Harga Plafon Kayu Lambersering Per Meter

Mungkin kini anda sudah menemukan jenis kayu yang cocok untuk rumah anda, nah untuk lebih lanjutnya kami juga menyertakan harga plafon kayu lambersering agar lebih jelas, berikut adalah harga plafon kayu di Rajawali Parquet:

Jenis LamberseringHarga Per meterUkuran plafon kayu
Lambersering Kayu KeruingRp. 260.000 /m²1 x 9 x 80 cm up
Lambersering Kayu UlinRp, 380.000 /m² 1.1 x 8 x 80 cm up
Lambersering Kayu KumeaRp. 295.000 /m² 1 x 7 x 40 cm up
Lambersering Kayu BengkiraiRp. 360.000 /m² 1.2 x 9 x 120 cm up
Lambersering Kayu AgathisRp. 190.000 /m² 1 x 9 x 100 cm up

Note : Harga dan ukuran plafon kayu diatas mungkin saja sudah berubah, meskipun tidak berbeda jauh. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung menghubungi Tim Marketing Rajawali Parquet

Harga Pasang Plafon kayu

Pemasangan produk kayu baik itu lantai kayu, decking kayu, papan tangga, pagar kayu dan plafon kayu lambersering membutuhkan tenaga ahli khusus, karena jika dipasang sembarangan akan berdampak pada keawetan kayu tersebut. Maka kami juga menyediakan jasa pemasangan dengan harga sebagai berikut:

Harga Pasang Lambersering
Jenis pemasanganHarga /m²
Pemasangan diatas PlafonRp. 200.000
Pemasangan disamping dindingRp. 180.000
Pemasangan profilRp. 50.000
Pembuatan lubang lampuRp. 50.000

Note : Harga pemasangan lambersering di plafon dan dinding memiliki harga berbeda karena pemasangan diatas plafon lebih sulit dibandingkan pemasangan di bagian dinding.

Plus Minus Menggunakan Plafon kayu Lambersering

Tahapan berikutnya yang bisa menjadi tambahan wawasan dalam memilih plafon kayu untuk hunian adalah memperhatikan kekurangan dan kelebihan dari plafon kayu lambersering ini. Berikut uraiannya :

Kelebihan penggunaan Lambersering

pemasangan plafon kayu

Visual yang Natural

Untuk poin ini tidak perlu kami jabarkan lebih jauh lagi, karena dengan menggunakan material kayu sudah otomatis akan menambahkan kesan natural pada hunian.

Akustik alami

Kayu sudah lama dikenal sebagai peredam suara alami yang baik, dengan menggunakan bahan kayu pula dapat memperkuat kapasitas penyerapan dan pengendalian gema akustik.

Penjaga suhu ruangan

Tidak hanya mampu meredam suara, penggunaan plafon kayu juga ternyata dapat menstabilkan suhu ruangan. Hal ini disebabkan oleh sipat kontras pada kayu tersebut, dimana kayu akan terasa hangat ketika udara sedang dingin dan akan sejuk bila udara sedang panas.

Cocok digunakan di hunian apa saja

Baik digunakan pada hunian klasik atau modern, penggunaan plafon kayu ini cocok-cocok saja. Menggunakan plafon kayu di hunian mewah tidak akan mengurangi kesan mewah, bahkan menambah kesan elegan.

Kekurangan penggunaan Lumber ceiling

Kurang tahan api

Sudah bukan rahasia lagi jika material kayu memang merupakan material yang sangat disukai api. Maka dari itu, sebelum menggunakan plafon kayu, pertimbangkan bagian kekurangan satu ini.

Cukup sulit di pasang

Pemasangan semua jenis plafon memang sangat sulit. Apalagi menggunakan plafon kayu. Kenapa? Karena kayu ini memiliki sipat muai susut nantinya, sehingga bila tidak dipasang secara benar sesuai aturan, kemungkinan plafon kayu melengkung bisa saja terjadi.

Harga Plafon kayu cukup mahal

Sebetulnya, harga plafon kayu ini tergantung juga dari jenis kayu yang digunakan. karena masih-masing jenis kayu memiliki harga lambersering yang berbeda-beda. Namun jika ditambah dengan biaya pasangnya, memang harga plafon kayu ini cukup mahal jika dibandingkan dengan harga plafon lainnya.

Inspirasi Pemasangan Plafon kayu Lambersering

Pemasangan Plafon Kayu Minimalis

plafon kayu minimalis

Gambar diatas adalah pengerjaan pemasangan plafon kayu yang telah kami kerjakan di sebuah kediaman daerah Jakarta Utara. Gaya dan tujuan dari pemasangan seperti ini merupakan permintaan client yang menginginkan tampilan hunian minimalis.

Pemasangan Plafon Kayu Dengan Kombinasi

plafon kayu kombinasi

Yang satu ini memang sedikit unik dan berbeda dengan yang lainnya. Selain menggunakan plafon kayu, hunian yang berlokasi di daerah Bali ini menggunakan plafon gipsum. Wah, ide yang patut dicoba ya jika hasilnya menarik seperti ini. Kombinasi yang sempurna dan juga menawan.

Pemasangan Lambersering Untuk Dinding

plafon kayu untuk dinding

Jangan salah, produk Lambersering yang kami miliki ini bisa juga untuk diaplikasikan pada dinding rumah anda. Jelas ini dapat menambah kesan sejuk nan alami pada hunian kesayangan anda. Ini merupakan solusi bagi anda yang bosan dengan dinding biasa dengan cat yang membosakan. Patut dicoba!

Terima kasih telah menyimak pembahasan ini. Pembahasan yang cukup penting untuk anda baca bila mana ingin membeli plafon kayu lambersering pada hunian.

2 komentar untuk “Mau Beli Plafon Kayu Lambersering Untuk Rumah, Perhatikan 5 Hal ini!”

  1. Pingback: Inilah 3 Jenis Lantai Kayu Tempel Yang Sangat Efektif | | Rajawali Parquet

  2. Pingback: Kenali Jenis-jenis Plafon Untuk Hunian Rumah | | Rajawali Parquet

Tinggalkan Komentar

Keranjang Belanja
Scroll to Top