Seberapa Pentingkah Plint Dalam Pemasangan Lantai Kayu...

Plint lantai kayu – Berbicara soal salah satu jenis material penutup lantai yang memiliki nilai estetika tinggi, tentu saja pikiran kita akan langsung tertuju pada parket kayu bukan?

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai parket kayu memang dapat mempertegas kesan yang lebih mewah, elegan, dan natural. Dengan demikian, maka tak heran jika parket kayu selalu diidentikan dengan material lantai kalangan menengah ke atas.

Akan tetapi, masih banyak dari konsumen yang belum tahu tentang keberadaan plint. Lantas, apa peran plint dalam pemasangan lantai kayu..???

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai plint beserta fungsinya, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Fungsi Plint Dalam Pemasangan Lantai Kayu

Sebenarnya pada setiap pemasangan lantai itu membutuhkan plint yang sesuai dengan materialnya. Begitu pun dalam pemasangan lantai kayu, sehingga plint yang digunakan haruslah berbahan kayu juga. Ya, hal itu bertujuan agar tampilan plint dan lantai kayunya tampak lebih serasi.

Pada umumnya, plint digunakan untuk melindungi dinding dari gesekkan saat proses pemasangan lantai kayu. Bukan hanya itu, keberadaan plint tersebut juga berfungsi untuk menjaga dinding agar tetap bersih dari debu maupun kotoran yang berkumpul di setiap sudut pertemuan dinding dan lantai.

Selain difungsikan sebagai pelindung area dinding, keberadaan plint ini juga kerap diaplikasikan pada anak tangga atau tepatnya di sudut anak tangga.

Akan tetapi, tidak semua plint kayu yang tersedia dipasaran memiliki kualitas bagus lho. Lantas, jenis plint kayu seperti apakah yang memiliki kualitas bagus…???

Jenis Plint yang Dapat Digunakan

Plint Kayu Merbau

plint kayu terbaik - plin merbau

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kayu merbau merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik di dunia. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kategori kelas I dan kelas II.

Dengan demikian, maka tak heran jika merbau sangat ideal digunakan sebagai plint kayu untuk pemasangan lantai kayu. Adapun mengenai ciri khas dari decking merbau adalah tampilannya yang berwarna merah kecoklatan, dan memiliki pola serat berbentuk tegak lurus.

Tak hanya tampilannya yang indah, plint dari kayu merbau juga memiliki karakteristik yang tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tingkat pemuaian dan penyusutan pada kayu merbau ini tergolong rendah lho.

Baca Juga : Harga Flooring Kayu Merbau

Plint Kayu Jati

plint kayu terbaik - plin jati

Selain kayu merbau, kayu jati juga kerap digunakan sebagai plint untuk pemasangan lantai kayu. Pada bagian terasnya, kayu jati ini tampil dengan warna emas gelap sedangkan bagian gubalnya mengusung warna krem atau bahkan putih kecoklatan.

Dalam industry perkayuan, tingkat keawetan kayu jati ini termasuk kedalam kategori kelas I. Itu sebabnya mengapa kayu jati tahan terhadap serangan rayap, tidak mudah mengalami pelapukan, hingga tahan terhadap perubahan cuaca.

Namun perlu diingat, bahwa tidak semua tipe kayu jati menawarkan kualitas yang sama. Pasalnya kayu jati akan dibedakan lagi kedalam beberapa kelas berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C.

Sesuai dengan urutan kelasnya, dimana jati grade A memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang grade B dan grade C. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu jati grade A dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Baca Selengkapnya : Plint Skirting Kayu Jati

Mengenal Material Plint Lainnya

Selain plint kayu, masih ada lagi beberapa material lainnya yang juga kerap digunakan untuk plint. Adapun mengenai beberapa material plint lainnya yang akan dibahas seperti dibawah ini.

1. Plint Plastik

mengenal material plint lainnya - plint plastik

Plint plastik memiliki tekstur yang lebih elastis. Fungsinya pun tidak berbeda jauh dengan plint kayu tadi, yang mana plint plastik ini berguna untuk melindungi area dinding dan anak tangga.

Saat akan diaplikasikan untuk anak tangga, biasanya plint plastik yang digunakan harus memiliki tekstur kasar. Hal itu bertujuan untuk menghindari anak tangga dari gesekkan, serta membuat permukaan tanggannya menjadi tidak licin saat dipijak.

Tentu saja penggunaan plint plastik pada anak tangga merupakan pilihan paling tepat untuk mengurangi risiko terpeleset. Ya, terlebih bagi anda yang memiliki anak kecil atau lansia. Plint plastik menghadirkan beragam varian warna yang tentunya dapat anda pilih sesuai dengan konsep ruangan.

2. Plint Aluminium

mengenal material plint lainnya - plint aluminium

Ternyata penggunaan plint pada lantai juga dapat melindungi dinding bagian bawahnya agar tidak mudah keropos lho. Dengan begitu, tentunya dinding ruangan memiliki jangka pemakaian yang lebih lama.

Alhasil, anda pun tidak perlu mengkhawatirkan untuk mengganti atau merenovasi karena dinding bawahnya tidak akan mengami keropos.

3. Plint PVC

mengenal material plint lainnya - plint pvc

Sebenarnya tekstur pada plint PVC ini tidak berbeda jauh dengan jenis plint plastik. Namun, plint PVC memiliki tingkat kekuatan yang jauh lebih baik ketimbang plint plastik. Istilah PVC itu sendiri merupakan singkatan dari poly vinyl chloride, dimana ia adalah material thermoplastic yang mempunyai sifat elastis dan fleksibel.

Baca Juga : Daftar Harga Lantai Vinyl Motif Kayu Terbaru

Dengan menggunakan plint PVC, tentu saja akan membuat setiap sudut dinding di ruangan rumah anda akan tampak terlihat simetris. Bukan hanya itu, bahkan penggunaan plint PVC juga dapat meningkatkan nilai etstetika di dalam ruangan.

4. Plint MDF

mengenal material plint lainnya - plint mdf

Jenis material plint terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Plint MDF. Pemasangan Plint MDF ini dapat memudahkan proses pengacian pada sudut dinding. Lantas, apa yang dimaksud dengan proses pengacian..???

Perlu anda ketahui, acian tersebut merupakan proses finishing yang dilakukan setelah proses plesteran. Acian ini biasanya akan dilakukan untuk menutupi pori-pori di plesteran dinding.

Nah, itulah beberapa jenis material plint selain kayu yang dapat anda gunakan untuk area dinding dan anak tangga.

Scroll to Top