Mempercantik Balkon Dengan Lantai Kayu

Mempercantik Balkon Dengan Lantai Kayu
Mempercantik Balkon Dengan Lantai Kayu

Balkon merupakan ruangan yang bagus untuk menciptakan titik fokus yang dramatis pada bagian luar rumah anda. Biasanya dikaitkan dengan lantai tingkat atas, teras yang lebih kecil ini dapat menawarkan ruang untuk duduk serta makan dan melihat pemandangan lingkungan sekitar rumah anda.

Balkon juga merupakan istilah yang berasal dari bahasa latin. “Balcone” yang artinya jendela besar. Saat ini, balkon adalah platform yang ditinggikan yang memanjang dari dinding sebuah bangunan. Balkon juga dapat menjadi sebuah transisi ke salah satu ruangan rumah dan juga dapat menghubungkan dua ruang atau lebih.

Balkon sering digunakan sebagai ekstensi untuk ruang tamu dalam ruangan. Banyak orang menyimpan tanaman pot di balkon, mengubahnya menjadi taman kecil, tambahan yang bagus untuk apartemen atau rumah anda. Tetapi jika balkon terhubung ke dapur misalnya, maka itu juga dapat digunakan untuk penyimpanan atau untuk menyimpan peralatan besar seperti mesin cuci dan mesin pencuci piring.

Seperti yang telah kami sebutkan, balkon selalu terhubung ke setidaknya satu ruangan di rumah atau apartemen. Biasanya ini merupakan perpanjangan dari ruang tamu tetapi ada juga kasus ketika balkon terhubung ke kamar tidur atau dapur. Maka dari itu material lantai balkon juga menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan atau diabaikan begitu saja.

Lantai balkon sering kali merupakan area rumah yang paling diabaikan; penting untuk memilih lantai ini dengan hati-hati sehingga ada transisi yang mulus antara di dalam dan di luar ruangan. Selain itu, lantai tidak hanya harus mampu menahan elemen cuaca eksternal tetapi juga menambah daya tarik estetika balkon, memiliki stabilitas yang baik dan sifat anti slip yang menjamin keamanan.

Pada ulasan kali ini, kita akan membahas tentang jenis lantai untuk balkon yang memiliki berbagai kelebihan, yaitu lantai kayu solid. Ketahanan serta keawetan yang dimiliki lantai kayu solid memang tak perlu diperdebatkan lagi. Selain itu, tentu hal estetika juga menjadi nilai lebih saat menggunakan lantai kayu. Jika anda penasaran, mari kita bahas lebih lanjut mengapa anda harus menggunakan lantai kayu pada balkon anda:

Alasan Menggunakan Lantai Kayu Untuk Balkon

alasan menggunakan lantai kayu untuk balkon
alasan menggunakan lantai kayu untuk balkon

Seperti yang telah disinggungkan sebelumnya, kekuatan dari lantai kayu sangatlah baik, karena biasanya jenis kayu yang digunakan lantai kayu untuk outdoor atau biasa disebut Decking ini berbeda dengan yang digunakan untuk lantai kayu indoor seperti parket atau flooring.

Lantas apa saja keuntungan lainnya yang didapatkan jika menggunakan lantai kayu pada balkon rumah anda? berikut adalah kelebihan lainnya :

kelebihan dan kekurangan lantai kayu
kelebihan dan kekurangan lantai kayu

Kelebihan Lantai Kayu

  • Lantai kayu sangat tahan air.
  • Kayu terasa indah tanpa alas kaki.
  • Dapat dengan mudah dipasang di lantai yang ada.
  • Lantai kayu terlihat bagus di balkon rumah modern dan tradisional.
  • Menjadikan nilai jual rumah lebih tinggi.

Itulah beberapa kelebihan lain dari menggunakan lantai kayu, namun rasanya tidak lengkap jika hanya sekedar menjelaskan kelebihan saja. Maka dari itu, anda juga harus mengetahui kekurangan menggunakan lantai kayu berikut ini;

Kekurangan Lantai Kayu

  • Kayu beresiko untuk diserang rayap.
  • Kayu berkualitas baik adalah pilihan lantai yang sangat mahal untuk balkon anda.
  • Lantai kayu membutuhkan perawatan rutin. Penting untuk menyegel kayu secara teratur agar tetap dalam kondisi baik.
  • Kayu memiliki kecenderungan untuk mengembang dan mengerut saat terkena kondisi cuaca eksternal, jadi pastikan Anda hanya menggunakan kayu terbaik.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa klik : Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu 

Tapi perlu diingat serangan rayap ini tergantung pada jenis kayu yang digunakan, salah satu jenis kayu yang tahan terhadap serangan rayap adalah kayu Ulin khas kalimantan. Jenis kayu ini memanglah kualitas terbaik dibandingan kayu lainnya, namun tentu kualitas yang baik juga memiliki harga yang tak murah. Apa saja jenis kayu lainnya untuk Decking atau lantai kayu outdoor? mari kita simak berikut ini;

Jenis Lantai Kayu Terbaik Untuk Balkon

jenis lantai kayu terbaik untuk balkon
jenis lantai kayu terbaik untuk balkon

Pada kali ini kita akan membahas 3 jenis produk lantai kayu terbaik yang bisa anda pasangkan pada balkon rumah kesayangan anda. Yaitu lantai kayu parket Jati (khusus indoor dengan balkon yang memiliki penutup), Decking outdoor Ulin dan Decking outdoor kayu Bengkirai.

Lantai Kayu Parket Jati Indoor

lantai kayu parket jati indoor
lantai kayu parket jati indoor

Jenis produk lantai ini kami ingatkan sekali lagi khusus untuk balkon yang memiliki atap penutup. Bukan tanpa alasan, namun jenis lantai kayu ini memiliki ketahanan yang berbeda dengan Decking Outdoor. Untuk jenis kayu, yaitu Jati yang tak perlu lagi diragukan untuk kualitas yang ia miliki. Jika balkon anda memiliki atap penutup, lantai kayu parket jati indoor ini adalah pilihan yang sangat tepat. Tampilan yang dimiliki oleh parket jati ini yaitu berwarna coklat 100% untuk grade A, coklat 80% untuk grade B dan dominan putih untuk grade C. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang grade lantai kayu jati anda bisa klik Disini. 

Baca Juga : Alasan Kayu Jati dan Kayu Merbau Sangat Populer

Decking Outdoor Kayu Ulin

decking outdoor kayu ulin
decking outdoor kayu ulin

Nah inilah produk terbaik untuk lantai kayu outdoor atau decking yang sangat diminati konsumen. Kayu Ulin yang memiliki kampung halaman di Kalimantan ini memiliki tingkat kuat,keras serta awet pada kelas I. Yang mengartikan bahwa dengan tingkat seperti itu kayu Ulin merupakan jenis kayu terbaik untuk decking, terlebih lagi kayu Ulin masuk ke daftar kayu keras tingkat Dunia. Mencengangkan bukan? Tampilan dari kayu ulin sendiri berwarna coklat kekuningan, namun jika anda tidak menyukai dengan tampilan yang dimiliki, anda bisa mengakalinya pada proses finishing nanti. Kayu ulin ini memang memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan decking lainnya, namun dengan segudang kelebihan yang kayu ini miliki, rasanya sah-sah saja untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk kenikmatan dan keawetan jangka waktu yang panjang.

Anda bisa melihat salah satu contoh proyek yang menggunakan decking ulin Disini.

Decking Outdoor Kayu Bengkirai

decking outdoor kayu bengkirai
decking outdoor kayu bengkirai

Yang terakhir adalah decking kayu Bengkirai, sama seperti kayu ulin, Bengkirai atau lebih dikenal dengan Yellow Balau juga berasal dari pulau Kalimantan. Produk ini merupakan solusi bagi anda yang memiliki budget tidak terlalu tinggi tetapi ingin memakai lantai kayu untuk Balkon yang anda miliki karena Decking Bengkirai ini memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau dibandingkan Decking Ulin. Tampilan decking bengkirai ini coklat cerah kekuningan, akan membuat balkon anda terasa sejuk dan natural.

Baca lebih lengkap tentang kayu Bengkirai di : Karakteristik Kayu Bengkirai Yang Unik

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Lantai Kayu untuk Balkon yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang berencana untuk memperindah serta memberi kesan nyaman pada rumah kesayangan anda. Jika ada pertanyaan atau informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi marketing kami yang tertera di Homepage, atau Chat via Whatsapp dibawah ini:

0811-224-419 (Wawan S)

Be the first to comment

Leave a Reply