Review Macam Ukuran Lantai Keramik

Ukuran Keramik Lantai – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keramik merupakan salah satu material yang kerap digunakan sebagai alas lantai. Disamping harganya yang relative terjangkau, lantai keramik juga menghadirkan desain serta ukuran yang bervariasi.

Tentu saja hal itu dapat memudahkan anda untuk memilih lantai keramik yang sesuai dengan kebutuhan dan konsep rumah. Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa lantai keramik dan lantai porselen adalah jenis yang sama.

lantai keramik & lantai porselen

Padahal, antara lantai keramik dengan lantai porselen memiliki perbedaan lho. Dari segi kepadatan, mungkin lantai keramik ini lebih rendah ketimbang lantai porselen. Begitu juga dengan daya tahan lantai keramik yang tidak sekuat lantai porselen.

Itu sebabnya, mengapa harga lantai porselen agak lebih mahal dari harga lantai keramik. Meski demikian, lantai keramik mempunyai daya penyerapan yang lebih tinggi dari lantai porselen.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai berbagai macam ukuran lantai keramik, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Standar Ukuran Lantai Keramik

Pada dasarnya, setiap tipe lantai keramik memiliki spesifikasi dan juga ukuran yang berbeda-beda. Bukan hanya itu, bahkan pada masing-masing tipe keramik pun memiliki ketebalan yang berbeda.

Ukuran Dimensi Lantai Keramik

  • Ukuran kecil : 20 x 20 cm
  • Ukuran standar : 30 x 30 cm
  • Ukuran sedang : 40 x 40 cm
  • Ukuran besar : 45 x 45 cm
  • Ukuran ekstra besar : 50 x 50 cm

Ukuran Ketebalan Lantai Keramik

  • Untuk keramik ukuran kecil : 7 mm
  • Untuk keramik ukuran standar : 11 mm
  • Untuk keramik ukuran sedang : 12 mm
  • Untuk keramik ukuran besar : 13 mm
  • Untuk keramik ukuran ekstra besar : 14 mm

Daftar Harga Lantai Keramik Terbaru

Sebenarnya harga keramik akan dibedakan dari ukurannya. Ya, semakin besar ukuran lantai keramik tersebut, maka akan semakin mahal pula harganya. Tak hanya dari segi ukuran, bahkan harga lantai keramik juga akan dibedakan berdasarkan tipenya. Adapun mengenai daftar harga lantai keramik yang terbarunya seperti berikut :

Tipe & Ukuran Lantai KeramikIsi / dusHarga
Keramik Golongan A 20 x 20 cmm2 (25 pcs)Rp 87.000
Keramik Golongan B 20 x 20 cm m2 (25 pcs)Rp 90.000
Keramik Golongan B 30 x 30 cm m2 (11 pcs)RP 87.000
Keramik Golongan C 30 x 30 cm m2 (11 pcs)Rp 91.000
Keramik Golongan A 40 x 40 cm m2 (6 pcs)Rp 90.000
Keramik Golongan B 40 x 40 cm m2 (6 pcs)Rp 105.000
Keramik Golongan B 45 x 45 cm m2 (5 pcs)Rp 113.000
Keramik Golongan A 50 x 50 cm m2 (4 pcs)Rp 123.000

Baca Juga : Daftar Harga Lantai Kayu Terbaru

Berbagai Pilihan Motif Lantai Keramik

1. Keramik Motif Polos

Berbagai Pilihan Motif Lantai Keramik - motif polos

Motif keramik yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, jenis keramik motif polos selalu diproduksi dalam jumlah yang banyak serta menawarkan harga relative murah.

Pada umumnya, keramik biasa ini hadir kedalam beberapa ukuran mulai dari 30 – 80 cm persegi, hingga bentuk persegi panjang yang berukuran 30 x 15 cm. Keramik tersebut tidak sulit untuk kita jumpai dipasaran, karena sudah tersedia di semua toko-toko bangunan.

2. Keramik Motif Kayu

Berbagai Pilihan Motif Lantai Keramik - motif kayu

Ini dia salah satu motif keramik yang memang paling banyak diminati oleh konsumen. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai keramik dengan motif kayu ini dapat mempertegas nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural. Adapun mengenai beragam keramik motif kayu yang tersedia, seperti motif kayu jati, kayu bengkirai, merbau, dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya : Inilah Perbandingan Lantai Kayu Dengan Lantai Keramik

3. Keramik Motif Terazzo

Berbagai Pilihan Motif Lantai Keramik - motif terazzo

Untuk anda yang menyukai rumah bernuansa etnik dan klasik, maka keramik motif teraso ini merupakan pilihan yang paling tepat. Karakter utama pada keramik teraso mengusung motif yang menyerupai pecahan batu.

Sedangkan materialnya terbuat dari bahan limbah marmer yang diolah kembali, sehingga dapat dijadikan alternative untuk lantai yang menyuguhkan tampilan memukau. Adapun mengenai berbagai jenis motif yang tersedia, mulai dari serpihan batu alam, serpihan kaca, dan serpihan kerang laut.

Keramik teraso pada umumnya berukuran 20 x 20 cm hingga 60 x 60 cm, yang sering diapliaksikan pada bangunan berupa restoran, cafe, villa, dan lain sebagainya.

4. Keramik Motif Mozaik

Berbagai Pilihan Motif Lantai Keramik - motif mozaik

Indah, unik, dan eksotik, itulah kesan-kesan yang tergambar pada lantai keramik dengan motif mozaik. Tak hanya diaplikasikan sebagai lantai, bahkan keramik motif mozaik juga kerap diaplikasikan sebagai dinding kamar mandi untuk menghadirkan nuansa yang lebih berbeda.

5. Keramik Motif Hexagon

Berbagai Pilihan Motif Lantai Keramik - motif hexagon

Keramik motif hexagon juga tidak kalah cantiknya dengan keramik motif mozaik. Pada umumnya, motif keramik yang satu ini sering diaplikasikan pada rumah-rumah tipe minimalis. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai keramik motif hexagon dapat membuat suasana di dalam rumah tampak lebih hidup dan tidak monoton.

Baca Juga : Daftar Harga Vinyl Lantai Motif Kayu Terbaru

6. Keramik Motif Porselen

Berbagai Pilihan Motif Lantai Keramik - motif porselen

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa harga lantai porselen itu jauh lebih mahal dari harga lantai keramik. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah hadir lantai keramik yang mengusung motif porselen lho.

Meskipun daya tahannya tidak sebagus lantai porselen yang asli, namun setidaknya tampilan motif pada keramik yang satu ini sudah menyerupai lantai porselen.

Adapun mengenai berbagai keunggulan dan kekurangan dari lantai keramik yang harus anda ketahui seperti berikut :

Keunggulan Lantai Keramik

  • Harga yang relatif lebih murah dibanding material lantai lainnya
  • Mudah dijumpai dipasaran
  • Tersedia berbagai motif dan ukuran
  • Kuat dan tahan lama
  • Tidak membutuhkan perawatan yang khusus

Kekurangan Lantai Keramik

  • Memiliki tekstur keras
  • Licin saat terkena air, sehingga bisa meningkatkan risiko terpeleset
  • Permukaan lantai akan terasa dingin di musim hujan, yang tentunya kurang bagus bagi penderita penyakit rematik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai informasi ukuran dan daftar harga lantai keramik terbaru, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.

Scroll to Top