inilah perbedaan lantai kayu dan keramik

Lantai, interior sebuah bangunan yang seolah masih kurang penting bagi sebagian besar orang. Namun tahukah anda betapa besarnya dampak yang dihasilkan pada sebuah bangunan ataupun rumah hanya dari lantai ini? Contohnya saja jika menggunakan lantai dari marmer, vinyl ataupun kayu, bangunan atau hunian tersebut pastinya akan terasa lebih menawan dan tentunya elegan bukan?

Itulah salah satu dampak positif dari penggunaan jenis lantai pada sebuah hunian, lantas apakah lantai biasa atau lantai keramik tidak baik untuk rumah? tentu saja tidak, penggunaan jenis lantai itu tergantung pada pemilik rumah masing-masing. Apapun bahan yang digunakan, tentu pemilik telah memikirkannya terlebih dahulu dan juga menginginkan yang terbaik untuk rumahnya.

Nah, dalam pembahasan kali ini kami akan mengulas sedikit lebih dalam tentang perbandingan lantai kayu vs keramik, dengan tujuan agar anda lebih paham akan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis lantai paling populer saat ini. Tanpa berlama-lama mari kita simak dibawah ini;

inilah perbedaan lantai kayu dan keramik

Mengenal Lantai Kayu dan Keramik

Berikut ini merupakan karakteristik dari masing-masing lantai yang sedang populer,

Karakteristik Lantai Kayu

karakteristik lantai kayu
karakteristik lantai kayu

Lantai yang terbuat dari 100% kayu asli sedang tren saat ini. Bukan karena tampilan nya saja yang membuat rumah elegan, namun juga karena kenyamanan nya yang menjadikan jenis lantai ini populer. Namun tak sembarang jenis kayu yang dapat digunakan untuk bahan lantai. Contoh kayu yang dapat dijadikan lantai kayu yaitu:

  • Kayu Jati
  • Kayu Merbau
  • Kayu Bengkirai
  • Kayu Ulin
  • Kayu Keruing

Itulah kayu yang seringkali dijadikan lantai kayu, alasan menggunakan kayu-kayu tersebut karena mereka memiliki 3 tingkat kelas yang dibutuhkan dalam pembuatan lantai kayu, yaitu tingkat keras, tingkat awet, dan tingkat kuat. Ketiga hal tersebut merupakan syarat utama dalam pembuatan lantai kayu agar kualitas dari lantai kayu itu sendiri tetap terjaga. Lantai kayu sendiri sangat empuk saat dipijak, membuatnya menjadi lantai yang cocok bagi anak-anak ataupun lansia, mengurangi resiko cedera saat terjatuh. Lantai kayu juga dapat membuat ruangan sejuk saat hari yang panas dan juga dapat mengeluarkan energi hangat di malam hari.

Untuk lebih jelasnya anda bisa membacanya di Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Karakteristik Lantai Keramik

karakteristik lantai keramik
karakteristik lantai keramik

Lantai keramik merupakan bahan bangunan yang paling seringkali digunakan dibelahan dunia manapun. Karena memang tak dapat dipungkiri, kegunaan keramik ini sangat mudah dan juga terjangkau dibandingkan jenis lantai lainnya. Terlebih lagi, memang tidak memerlukan tenaga ahli khusus untuk memasangkan nya. Mungkin kedua hal tersebut menjadikan lantai keramik sebagai pilihan nomor satu bagi para pemilik rumah.

Namun, dari sekian banyak kegunaan dan kemudahan yang ditawarkan, nampaknya jenis lantai satu ini tidak selalu cocok untuk sluruh jenis bangunan. Jadi, sebelum anda menggunakan keramik, ada baiknya untuk memikirkannya terlebih dahulu tentang jenis lantai apa yang cocok untuk diaplikasikan pada rumah anda.

Perbandingan Lantai Kayu dan Keramik

perbandingan lantai kayu dan keramik
perbandingan lantai kayu dan keramik

Kini anda sudah mengetahui tentang karakteristik dari masing-masing lantai tersebut, inilah saatnya membandingkan keduanya. Karena memang inilah inti dari pembahasan kali ini, untuk membandingkan jenis lantai mana yang lebih baik untuk anda, berikut informasinya;

Segi Keindahan

perbandingan tampilan lantai kayu vs keramik
perbandingan tampilan lantai kayu vs keramik

Untuk pertama, keindahan dari tampilan merupakan hal sakral yang tidak dapat kita lewati. Karena memang pada dasarnya penampilan dari sebuah pijakan rumah ini sangat menunjang pada keseluruhan bangunan. Jika dibandingkan ;

Lantai Kayu memiliki tampilan yang jauh lebih menawan dan tentunya sangat artistik dibandingkan dengan lantai keramik yang terlihat monoton dan sedikit membosankan dikarenakan sehari-hari kita sangat sering melihatnya. Namun, jika anda tetap bersikeras menggunakan lantai keramik untuk hunian anda, anda dapat menggunakan lantai keramik yang memiliki corak. Hal ini dapat menyiasati tampilan lantai keramik yang membosankan.

Segi Keawetan

perbandingan keawetan lantai kayu vs keramik
perbandingan keawetan lantai kayu vs keramik

Hal keawetan juga tak kalah pentingnya dalam memilih jenis lantai untuk digunakan pada hunian kesayangan anda. Jika dipikirkan kembali, memang rasanya lantai keramik sangat awet karena keras dan bukan bahan alam yang bisa lapuk seperti lantai kayu. Namun tahukah anda bahwa jika salah satu lantai keramik rusak atau retak bahkan pecah, bisa sangat merepotkan untuk menggantinya.

Disinilah lantai kayu memperlihatkan keunggulannya, dengan perawatan yang baik dan benar, lantai kayu dapat bertahan hingga 20 tahun. Terlebih lagi, jika lantai kayu sudah terlihat kusam, anda bisa melakukan finishing ulang agar terlihat seperti baru kembali. Hebat bukan?

Segi Perawatan

perbandingan perawatan lantai kayu vs keramik
perbandingan perawatan lantai kayu vs keramik

Untuk hal perawatan, mungkin keduanya bisa dibilang gampang gampang susah. Yang mana ini kembali kepada pemilik sebagai penanggung jawab atas perawatan seluruh rumah tersebut. Baik lantai keramik maupun lantai kayu tentu haruslah dibersihkan secara basah dan juga kering. Maksudnya, secara basah yaitu dengan mengepel lantai tersebut, namun untuk cairan pembersih yang digunakan berbeda. Pembersihan secara kering yaitu dengan cara menyapu atau juga dengan menggunakan penyedot debu.

Mengapa perawatan adalah hal penting? Mudah saja jawabannya, yaitu karena perawatan yang benar akan berdampak pada umur lantai tersebut seperti yang telah kita bahas sebelumnya. Terlebih lagi, hal ini juga berpengaruh terhadap penampilan lantai itu sendiri.

Baca Juga : Ilmu Merawat Lantai Kayu Yang Benar

Segi Harga

harga lantai kayu vs keramik
harga lantai kayu vs keramik

Sampailah kita pada perbandingan terakhir, yang mana perbandingan harga adalah hal yang sangat penting bagi calon pembeli. Tidak dapat dipungkiri harga menjadi faktor utama dalam hal bahan bangunan, karena fokus dalam membangun sebuah rumah bukan hanya lantai saja. Itulah mengapa lantai keramik seringkali digunakan dalam rumah yang sering kita jumpai sehari-hari. Karena jujur saja lantai kayu solid memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan lantai keramik.

Untuk mengetahui harga lantai kayu, anda bisa klik Harga Lantai Kayu dan Biaya Pasang 2021

Namun jika dipikirkan kembali, dengan semua kenyamanan dan keindahan yang ditawarkan lantai kayu, rasanya sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Terlebih lagi dari segi keawetan, lantai kayu sangat menguntungkan dan bisa menjadi investasi bagi sebuah rumah, karena harga sebuah rumah tentu akan melambung ketika lantai yang digunakan adalah lantai kayu.

Tapi jika budget anda tidak terlalu besar dan tetap ingin memiliki rumah dengan lantai kayu yang indah, anda bisa menggunakan lantai kayu murah yang bisa anda temukan di: 6 Jenis Lantai Kayu Murah Stock Terbatas

Mana Yang Lebih Baik, Keramik atau Lantai Kayu?

kesimpulan lantai kayu vs keramik
kesimpulan lantai kayu vs keramik

Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu lantai kayu memiliki kelebihan yang sangat banyak dibandingkan dengan keramik. Fakta tersebut tidak termasuk harga yang ditawarkan, karena jelas saja keramik memiliki harga yang jauh lebih terjangkau tidak diragukan lagi. Jadi, disinilah anda diberikan pilihan apakah budget anda sesuai dengan lantai kayu atau lantai keramik, dan dapatkah anda merawat lantai kayu dengan benar? Hal tersebut lah yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum melangkah lebih lanjut. Semoga ulasan kali ini berguna untuk anda, Terimakasih telah membaca.

Tinggalkan Komentar

Keranjang Belanja
Scroll to Top