langkah langkah memasang decking atau lantai kayu outdoor yang benar by Rajawali Parquet Indonesia

pemasangan decking kayu
pemasangan decking kayu

cara memasang lantai kayu outdoor / Decking yang baik dan benar РTidak hanya area dalam ruangan yang bisa menerapkan lantai kayu, penerapan lantai kayu di area luar ruangan atau outdoor juga bisa anda lakukan. meskipun dari segi metode dan juga desain lantai kayu outdoor ini berbeda dengan penerapan lantai kayu dalam ruangan.

Pada kesempatan kali ini Rajawali parquet akan sedikit membagikan langkah-langkah memasang lantai kayu outdoor atau decking kayu yang biasanya kami lakukan sebagai gambaran bagaimana cara kami bekerja dan juga sebagai bahan wawasan untuk rekan semua.

Sebelum memasang lantai kayu outdoor ini, tentu kita membutuhkan bahan-bahan yang dibutuhkan, coba cek di : harga lantai kayu outdoor / decking untuk luar ruangan per meter untuk melihat produk decking yang kami sediakan.

contoh pemasangan decking kayu Ulin

Pada umumnya, Decking kayu memiliki ukuran Tebal 1,9 cm, lebar 9 cm dan panjang Random tergantung kebutuhan dan jenis kayu yang digunakan. Untuk mendapatkan panjang decking lebih dari 4 meter kita membutuhkan jenis kayu Merbau, Bengkirai, rengas, keruing atau Ulin.

Sedangkan untuk kayu Jati hanya dapat mencapai panjang maksimal 3 meter, itu juga menjadi alasan kenapa kayu jati ini tidak kami sediakan untuk kebutuhan outdoor.

Memasang Decking kayu ini haruslah dilakukan oleh seorang Profesional yang sudah berpengalaman, Meskipun banyak tukang kayu yang mengaku bisa memasang decking tetapi apakah bisa memasang decking kayu ini dengan baik dan benar ?

Pemasangan Decking ini haruslah dilakukan dengan cara yang tepat agar memberikan hasil yang baik, menjaga kualitas kayu serta dapat berumur panjang.

cara memasang lantai kayu area luar ruangan

Langkah pertama : Perhatikan dan atur keadaan permukaan yang akan ditutupi decking kayu

Dalam memasang Decking ini, memperhatikan bagian alas atau permukaan yang akan ditutupi lantai kayu sangatlah penting. Umumnya, permukaan yang akan ditutupi decking kayu/ lantai kayu outdoor ini haruslah rata dan diberikan saluran air, yang berfungsi agar air tidak menggenang di area bawah decking kayu.

Ada dua cara pembuatan saluran air, perhatikan gambar :

pemasangan decking kayu 1 saluran air
saluran air cara pertama

cara pertama ini dilakukan dengan mengorek permukaan plesteran seukuran 1 inch yang dibentakan disetiap jarak 5 cm sebelum kemudian dipasang bantalan kayu dan kemudian decking kayu.

pemasangan decking kayu 2 saluran air
pemasangan saluran air cara kedua

Cara kedua adalah dengan membuat coran berbentuk dadu dengan ukuran 10 cm dan tinggi 4- 5 cm yang dipasang setiap jarak 50 cm dengan fungsi sebagai penopang bantalan kayu yang kemudian dipasang decking kayu. Cara kedua ini biasanya yang sering kami gunakan untuk memasang Decking.

Langkah kedua : Penerapan Bantalan kayu

pemasangan decking kayu 3 bantalan kayu
penerapan bantalan

Bantalan kayu berfungsi sebagai tempat menyusun material Decking diatasnya. Bantalan kayu ini bisa dibuat dari jenis kayu berukuran kaso atau dari meterial decking kayu itu sendiri. Namun kami lebih sering menggunakan material decking sebagai bantalan untuk menyetarakan kualitas decking dan bantalan tersebut.

bantalan ini dipasang diatas coran dadu yang telah dibuat sebelumnya, hingga memenuhi area yang akan dipasang decking. pemasangan bantalan ini bisa menggunakan fischer sekrup pada bagian coran dadu tadi.

Langkah ketiga : Pemasangan Material Decking

Setelah pemasangan bantalan dilakukan pada semua area yang akan dipasang Decking, selanjutnya adalah memasangkan Decking kayu. Decking kayu ini dipasang secara zig zag yang setiap sambungnya harus tepat diatas bantalan kayu agar terlihat lurus dan rapih.

pemasangan decking kayu
pemberian jarak

Dikarenakan kayu ini merupakan sebuah material yang dapat memuai dan mengerucut sesuai dengan kondisi cuaca, maka dari itu diperlukan ruang agar kayu dapat bergerak dan tidak saling dorong antara satu dengan yang lainnya

maka dari itu diperlukan jarak minimal 3 sampai 5 mm yang berfungsi untuk memberikan kestabilan pada kayu. selain itu juga jarak kayu ini berfungsi sebagai saluran air agar tidak tergenang pada permukaan decking.

Langkah ke empat : Proses Finishing Kayu

pemasangan decking kayu 9
Finishing kayu

proses Finishing pada kayu ini berfungsi untuk melindungi kayu dari sinar matahari secara langsung, membuat kayu tidak mudah keropos serta membuat tampilan decking menjadi lebih elegan.

mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan saat ini, semoga bermanfaat. bagi anda yang ingin membeli lantai kayu untuk kebutuhan luar ruangan, bisa langsung mengunjungi showroom kami atau dengan menghubungi marketing kami.

Be the first to comment

Leave a Reply