Mengenal Lisplang & Fungsinya

Fungsi lisplang – Setiap orang pastinya akan melakukan berbagai cara untuk memperindah tampilan rumahnya, baik dari segi interior maupun exterior. Hal tersebut tentunya tak lepas dari ketersediaan material dipasaran yang sangat bervariasi.

Sehingga membuat kita semakin lebih leluasa lagi dalam memilih jenis material yang sesuai dengan kebutuhan dan konsep rumah. Namun, tak sedikit juga masyarakat yang masih belum familiar dengan sebuah material bernama lisplang.

Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan membahas seluk beluk seputar lisplang. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Pengertian Lisplang: Manfaat Hingga Jenis-jenisnya

Lisplang merupakan salah satu jenis material konstruksi yang kerap digunakan sebagai papan pelapis untuk menutupi area atas bangunan. Dengan kata lain, keberadaan Lisplang berfungsi untuk menciptakan rigid yang berasal dari susunan kaso kayu.

Mengenal Lisplang & Fungsinya

Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat kayu kaso hanya diberi paku berukuran kecil saja sebagai media perekatnya. Itu artinya, ada kemungkinan besar posisi susunan kayu kaso tersebut akan bergeser. Berkat kehadiran Lisplang, maka posisi kayu kaso menjadi stabil dan tidak mudah bergeser.

Tak cuma itu, bahkan penggunaan Lisplang juga berperan sebagai pelindung bagian tepi atap dari efek panas matahari dan guyuran air hujan. Alhasil, area atap rumah akan terhindar dari berbagai masalah kerusakan.

Selain sebagai pelindung, tentu saja penggunaan Lisplang ini dapat memperindah tampilan bangunan rumah. Namun, hal itu tergantung pada jenis Lisplang yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis Lisplang memiliki ciri khas tersendiri.

5 Jenis Material Lisplang

1. Lisplang Bahan Kayu Polos

Sebenarnya Lisplang Kayu Polos ini merupakan jenis lisplang tertua di Indonesia. Hal itu pun terbukti, yang mana Lisplang Kayu Polos kerap diaplikasikan pada bangunan-bangunan tradisional di daerah Jawa dan Bali.

Lisplang Bahan Kayu Polos

Dari segi materialnya, Lisplang Kayu Polos ini terbuat dari papan kayu yang ukuran besarnya mencapai 20 cm dengan ketebalan 2 cm hingga 3 cm. Sedangkan untuk bobotnya, ia memiliki tekstur yang lebih ringan namun masih tetap kuat.

Keunggulan dari Lisplang Kayu Polos yang tidak dimiliki oleh jenis lisplang lainnya, yakni model bentuknya yang dapat diukir sesuai kebutuhan kedalam beberapa varian secara sekaligus. Nah, karena keunggulannya itulah yang membuat Lisplang Kayu Polos selalu menjadi andalan untuk mempercantik tampilan rumah-rumah bergaya tradisional.

Meski demikian, jenis Lisplang Kayu Polos ini bisa juga diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya modern lho. Adapun mengenai beberapa jenis kayu terbaik yang sering dijadikan bahan baku untuk Lisplang Kayu Polos seperti Kayu jati, Kayu merbau, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait : Apa yang Membuat Kayu Jati dan Merbau Sangat Populer?

2. Lisplang Bahan Kayu Bermotif

Untuk kamu yang ingin membuat rumah dengan atap imas bergaya tradisional, maka Lisplang Kayu Motif ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnya, Lisplang Kayu Motif sangat kental dengan nuansa etnik dan natural. 

Lisplang Bahan Kayu Bermotif

Dengan menggunakan Lisplang Kayu Motif, tentu saja tampilan rumahmu akan tampak lebih natural, elegan, dan mewah. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, sebaiknya kamu memilih sentra pengrajin yang benar-benar memiliki track record bagus.

Atau, bila perlu kamu tunjukkan motif yang diinginkan agar mendapatkan corak yang sesuai dengan konsep rumah. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan motif beserta pola ukirannya sehingga bisa serasi dengan fasad rumahmu.

Baca juga : Perbandingan Lantai Granit Motif Kayu Vs Lantai Kayu Asli

3. Lisplang Bahan Metal

Lisplang Metal ini menjadi alternatif terbaik sebagai pengganti lispang yang berbahan kayu. Ya, sebab produk lisplang ini menawarkan harga yang lebih murah dibanding lisplang kayu.

Lisplang Bahan Metal

Mengenai materialnya, Lisplang Metal ini terbuat dari campuran bahan aluminium, galvanis, dan alumezine. Meski menawarkan harga yang lebih murah, ternyata kualitas yang dimilikinya tidaklah murahan.

Adapun mengenai beragam ukuran tebal Lisplang Metal yang tersedia dipasaran, mulai dari 0,6 cm hingga 0,9 cm. Beralih ke tampilan fisiknya, Lisplang Metal ini cenderung terkesan minimalis sehingga ideal diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya modern.

4. Lisplang Bahan GRC

Jenis material lisplang berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Lisplang GRC. Soal karakterisiknya, Lisplang GRC ini memiliki bobot yang lebih ringan, tahan terhadap perubahan cuaca, serta cukup kokoh.

Lisplang Bahan GRC

Dari segi harga, Lisplang GRC memang relatif terjangkau sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan. Itu sebabnya, mengapa tak sulit bagi kita untuk menjumpai Lisplang GRC di pasaran. Biasanya Lisplang GRC tampil kedalam dua motif berbeda, yakni motif polos warna abu atau putih dan motif kayu.

Untuk mendapatkan kesan yang lebih natural dan mewah, sebaiknya kamu pilih Lisplang GRC yang memiliki motif kayu. Lain halnya dengan Lisplang GRC motif polos yang terkesan simple, sehingga hanya cocok diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis saja.

Artikel Serupa : Ingin Gunakan Plafon GRC? Ketahui dulu Keunggulan dan Kekurangannya

5. Lisplang Bahan Beton

Berbicara soal material lisplang yang memiliki tingkat kekuatan mumpuni, maka lisplang beton ini merupakan pilihan paling tepat. Lisplang Beton  terbuat dari campuran semen, pasir, dan material lainnya yang dijamin kuat serta kokoh.

Lisplang Bahan Beton

Bentuk Lisplang Beton ini tampak lebih rapi dan presisi, karena proses pembuatannya menggunakan alat cetak khusus. Dari segi kekuatan dan keawetan, tentu saja Lisplang Beton ini jauh lebih baik ketimbang lisplang kayu maupun lisplang metal.

Hal itu terbukti, yang mana Lisplang Beton tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, anti korosi, tidak mengalami pemuaian-penyusutan, dan tidak mengalami pelapukan. Sehingga tak heran jika harga Lisplang Beton ini lebih mahal dibanding jenis-jenis lisplang diatas tadi.

Namun untuk tingkat keindahannya, Lisplang Beton memang tidak terlalu istimewa karena tampilannya yang terkesan monoton.Tak cuma itu, model Lisplang Beton juga tidak terlalu banyak pilihan. Pada umumnya, Lisplang Beton sering diaplikasikan pada perumahan mewah, rumah bertingkat, atau rumah atap yang berbentuk datar.

Nah, setelah mengetahui fungsi dan jenis-jenisnya, apakah kamu juga berminat untuk menggunakan lisplang..???

Scroll to Top