Perbandingan Lantai Granit Motif Kayu & Lantai kayu Asli

Lantai Granit Motif Kayu & Lantai Kayu – Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa lantai merupakan elemen yang paling penting dalam dunia konstruksi. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peranan lantai yang dapat meningkatkan rasa nyaman untuk pijakan kaki.

Tak hanya sekedar meningkatkan kenyamanan, tentu saja pengunaan lantai juga akan meningkatkan nilai estetika. Dari sekian banyaknya jenis material lantai yang ada, secara kebetulan pada ulasan kali ini akan membahas sepuar perbandingan Lantai Granit Motif Kayu & Lantai Kayu. Maka dari itu simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.  

Mengenal Lantai Granit Motif Kayu & Lantai Kayu

Lantai Granit Motif Kayu

Sesuai dengan namanya, yang mana lantai granit ini terbuat dari bahan batu granit. Menurut kabar yang beredar, batu granit itu sendiri merupakan batuan alami dari magma yang sudah mendingin dan berada di bawah tekanan ekstrim selama bertahun-tahun.

keunggulan Perbandingan Lantai Granit Motif Kayu

Lantai granit ini boleh dibilang sebagai salah satu material bangunan tertua di dunia, karena penggunaannya memang sudah dilakukan sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Lantai granit cocok diaplikasikan pada semua jenis bangunan, mulai dari rumah, gedung, perkantoran, perhotelan, dan lain sebagainya.  

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini lantai granit menghadirkan beragam motif yang bervariasi termasuk motif kayu.

Lantai Kayu

Lantai kayu juga merupakan salah satu material alami yang bahan dasarnya terbuat dari kayu solid (kayu asli). Pada proses pembuatannya, kayu yang masih berupa batangan akan dipotong lalu diolah sedemikian rupa hingga bentuknya menyerupai lempengan-lempengan.

lantai kayu solid

Tak hanya digunakan untuk kebutuhan interior, bahkan lantai kayu juga kerap diaplikasikan untuk kebutuhan outdoor. Disamping tampilannya yang begitu indah, lantai kayu pun memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat mumpuni.

Dengan demikian, maka tak heran jika lantai kayu sering diaplikasikan pada hunian kelas menengah ke atas maupun bangunan-bangunan komersil lainnya. Namun, tidak semua jenis kayu cocok dijadikan bahan baku untuk pembuatan lantai kayu.

Pasalnya, jenis kayu yang digunakan harus memenuhi kriteria dan standarisasi untuk produk lantai kayu. Adapun mengenai beberapa jenis kayu yang kerap dijadikan bahan baku pada produk lantai kayu, seperti kayu jati, merbau, bengkirai, ulin, keruing, sonokeling, dan sebagainya.

Baca Juga : Inilah Perbandingan Lantai Kayu dan Keramik yang Harus Kamu Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Pada Lantai Granit Motif Kayu & Lantai Kayu

keunggulan dan kekurangan lantai granit motif kayu & lantai kayu Asli

Kelebihan Lantai Granit Motif Kayu

Keunggulan pertama dari lantai granit motif kayu, yakni menyuguhkan tampilan seperti kayu asli. Dengan menggunakan granit motif kayu, pastinya rumah anda akan tampak lebih mewah, elegan, eksotik, dan natural.

Bukan hanya indah, bahkan granit motif kayu juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim maupun serangan rayap. Bahkan yang lebih menariknya lagi, biaya perawatan pada granit motif kayu ini tergolong cukup hemat lho.

Ketika ada kerusakan pada area tertentu, anda hanya tinggal memperbaiki granit motif kayu di area tersebut saja. Adapun mengenai keunggulan berikutnya dari granit motif kayu, yakni ramah terhadap lingkungan.

Kekurangan Lantai Granit Motif Kayu

Lantai Granit motif kayu mempunyai tekstur dengan pori-pori yang lebih besar, sehingga hal tersebut akan membuat permukaannya mudah menyerap noda cairan. Alhasil, noda-noda yang sudah masuk kedalam pori-pori akan sulit untuk dibersihkan.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara tertentu dalam membersihkan lantai granit motif kayu. Guna menjaga tampilan dan kualitasnya, anda bisa memberi lapisan berupa karpet di atas permukaan lantai granit motif kayu.

Kendati lantai granit motif kayu kokoh dan kuat, namun proses perawatannya terbilang cukup sulit. Ketika lantai granit mengalai goresan, maka anda harus memoleskan permukaan yang rusak tersebut.

Pada umumnya, bahan olesan tersebut bisa kita jumpai di toko-toko bangunan. Selain proses perawatan yang cukup sulit, terdapat kekurangan lainnya dari granit motif kayu yang harus anda ketahui. Ya, kekurangan tersebut adalah harganya yang sangat mahal.

Itu sebabnya, mengapa penggunaan lantai granit motif kayu kebanyakan dijumpai pada hunian kalangan menengah ke atas.

Kelebihan Lantai Kayu

Kelebihan pertama dari lantai kayu, yaitu dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Hal itu bisa kita lihat pada tingkat keindahan warna dan pola seratnya yang begitu serasi, sehingga akan menghadirkan nuansa natural, elegan, mewah, dan nyaman.

keunggulan lantai kayu
Salah satu contoh hasil pemasangan lantai kayu solid jati oleh PT Rajawali Parquet

Apalagi untuk jenis lantai kayu jati, yang mana ia memiliki kualitas mumpuni pada setiap komponennya, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat keawetan, hingga tingkat keindahan warna dan pola seratnya.

Keunggulan pada lantai kayu juga berlaku untuk proses perawatan. Pasalnya, lantai kayu bisa dengan mudah bersihkan melalui alat-alat sederhana, seperti sapu, kain kering, atau mesin penyedot debu (vacuum cleaner).

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai kayu mampu bertahan hingga 10 tahun lebih. Terutama jika diberi perawatan yang khusus, dimana daya tahan lantai kayu bisa mencapai 20 tahun lebih lho.

Bukan hanya itu, penggunaan lantai kayu pun dinilai memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, lantai kayu mempunyai kemampuan yang dapat mengeluarkan ion-ion negative sehingga udara segar di dalam ruangan akan senantiasa terjaga.  

Baca Juga : Mengulas Tuntas Lantai Kayu Laminated

Kekurangan Lantai Kayu

Terdapat beberapa kekurangan dari lantai kayu yang harus diketahui. Ya, salah satunya membutuhkan perawatan khusus. Sekuat apapun jenis kayunya, tetap saja ia membutuhkan perhatian ekstra agar terhindar dari berbagai permasalahan.

Apabila tidak diberi perawatan khusus, maka jangan harap penggunaan lantai kayu ini akan bertahan lama. Disamping membutuhkan perawatan ekstra, harga lantai kayu juga tergolong cukup mahal jika dibandingkan dengan keramik.

Perbandingan Lantai Granit Motif Kayu & Lantai Kayu

Perbandingan Dari Segi Motif

Perbandingan Dari Segi Motif

Jika dilihat dengan sekilas, mungkin lantai granit motif kayu ini terlihat seperti lantai kayu asli. Kendati demikian, motif kayu pada lantai granit motif kayu tersebut tentunya tidak seindah dan senatural lantai kayu asli.

Lain halnya dengan lantai kayu asli yang motif kayunya itu tampak lebih menonjol sehingga terkesan natural. Nah, hal tersebutlah yang menjadi pembeda antara lantai kayu asli dengan lantai granit motif kayu.

Perbandingan Tingkat Kekuatan

Sebenarnya kedua jenis lantai tersebut sama-sama kokoh dan kuat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu dan lantai granit motif kayu memiliki daya tahan yang mampu mencapai lebih dari 10 tahun.

Adapun tingkat kekuatan pada kedua lantai ini akan ditentukan oleh cara perawatannya. Ya jelas demikian, sebab kedua material lantai tersebut sama-sama membutuhkan perawatan yang khusus.  

Perbandingan Harga

Untuk urusan harga, pada dasarnya baik lantai granit motif kayu maupun lantai kayu sama-sama menawarkan harga mahal. Namun, harga lantai kayu lebih mahal dari lantai granit. Pasalnya, proses pemasangan lantai kayu memang lebih rumit sehingga dapat memakan banyak waktu dan biaya operasional.

Artikel Terkait : List Harga Lantai Kayu & Biaya Pasang 2021

Nah, seperti itulah perbandingan antara lantai granit motif kayu dan lantai kayu, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Scroll to Top