Mengulas Tuntas Lantai Kayu Laminated

Kayu menjadi salah satu jenis material yang sudah jadi favorit untuk dijadikan lantai hunian atau bangunan lainnya. Menggunakan lantai kayu sudah banyak dibuktikan mampu memberikan kesan yang natural, mewah, namun tetap hangat. Lantai kayu ada macam-macam jenisnya, salah satunya adalah lantai kayu laminated. Lantai kayu laminated memiliki karakteristiknya sendiri, berbeda dengan lantai kayu solid.

Berikut ini adalah macam-macam lantai kayu selain lantai kayu laminated yang populer digunakan.

Lantai Kayu Solid

Lantai kayu solid adalah jenis lantai kayu yang pembuatannya menggunakan kayu asli tanpa tambahan atau campuran bahan lain. Lantai kayu solid menggunakan jenis kayu yang kuat dan keras, seperti kayu jati, bengkirai, ulin, merbau, sonokeling, keruing, dan jenis kayu yang kuat dan keras lainnya. Lantai kayu solid memiliki keawetan yang luar biasa serta memiliki corak yang natural dari alam, tidk heran jika lantai kayu solid memiliki harga yang cukup mahal.

Lantai Vinyl Motif Kayu

Lantai kayu vinyl ini bukanlah terbuat dari kayu asli karena jenis lantai ini bukan terbuat dari kayu dan memiliki banyak motif lainnya selain kayu, seperti motif besi, keramik, dan lain-lain. Lantai vinyl ini dimasukkan ke kategori lantai kayu karena memiliki persamaan dengan lantai kayu laminated. Namun perbedaannya pada bahan dasarnya dimana lantai vinyl tidak menggunakan bahan dasar kayu sama sekali.

Vinyl memiliki beberapa kelebihan yakni mudah dibersihkan, bisa anti air, bisa memilih motif lain selain kayu, dan elastis sehingga permukaan lantainya tidak terlalu keras. Namun kekurangannya yaitu materialnya yang kurang baik untuk kesehatan karena bahan dasarnya terbuat dari bahan kimia, memiliki permukaan yang jika rusak akan sulit untuk diperbaiki, dan keawetannya kurang baik karena bahannya tidak kuat.

Artikel Terkait : Daftar Harga Lantai Vinyl Motif Kayu Terbaru

Lantai Kayu Laminate

Lantai kayu laminated terbuat dari serbuk kayu dengan kualitas terbaik. Bahan dasar lantai kayu laminated ini juga disebut dengan High Density Fiberboard (HDF) yang merupakan jenis serbuk kayu dengan kerapatan paling tinggi diantara jenis serbuk kayu lainnya. Lantai kayu laminated juga terdiri dari beberapa lapisan, yang jika dimulai dari bawah ke atas, berikut ini lapisan-lapisannya:

  • Counter layer, yang merupakan lapisan yang sangat kuat dan jadi lapisan yang bersentuhan langsung dengan permukaan lantai
  • High Density Fiberboard (HDF), yang merupakan lapisan utama dari lantai kayu laminated dan merupakan lapisan paling tebal
  • Decor laminated, yang merupakan lapisan dengan motif dari lantai kayu, motifnya ada motif oak, ebony, jati, atau juga jenis kayu lainnya
  • Overlay, yang merupakan lapisan anti gores dan juga lapisan yang menambah keindahan lantai kayu laminated

Saat dipasangkan, lantai kayu laminated menggunakan Double Click System yang membuat pemasangannya lebih cepat. Dengan sistem ini, lantai kayu laminated akan otomatis terpasang dengan kuat dengan mengklik bagian lidah penguncinya. Adanya sistem ini juga jadi kelebihan lantai kayu laminated tersendiri dibandingkan dengan lantai kayu lainnya seperti lantai kayu solid atau lantai kayu engineering. Penasaran? mari kita bahas lebih dalam tentang produk satu ini.

Selengkapnya tentang : Perbedaan Parket Kayu Solid, Flooring dan Laminate

Kelebihan Lantai Kayu Laminate

Hangat dan nyaman

Hampir sama dengan lantai kayu solid, lantai kayu laminated juga memiliki karakteristik yang nyaman dan enak digunakan untuk jalan kaki. Lantainya hangat dan membuat kaki tidak dingin. Lantai kayu laminated juga bisa digunakan untuk lantai rebahan saking tidak membuat kulit kita dingin. Lantai kayu laminated masih termasuk ke dalam jenis lantai kayu sehingga bisa memberikan rasa hangat layaknya lantai kayu solid yang asli terbuat dari kayu.

Pemasangannya cepat dan mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lantai kayu laminated memiliki sistem double click untuk pemasangannya. Dengan adanya sistem ini, pemasangan lantai kayu laminated menjadi lebih cepat dalam waktu kurang dari satu hari. Hal ini jugalah yang jadi keunggulan lantai kayu laminated daripada jenis lantai kayu lainnya. Karena pemasangannya yang cepat, tidak heran jika lantai kayu laminated banyak dipasang di area yang digunakan oleh banyak publik seperti terminal, perkantoran, gedung bertingkat, dan jenis bangunan lainnya yang memerlukan pemasangan yang cepat.

Pemasangan lantainya tidak permanen

Lantainya yang tidak permanen atau bisa dilepas atau bisa dipasang kembali ini menjadi kelebihan yang dimiliki lantai kayu laminated. Lantai kayu laminated memiliki pengunci yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Jika kamu mau melepasnya, kamu bisa membuka pengunci lantai kayu laminated, dan memasangkannya kembali jika ingin menggunakan lantai kayu laminated lagi. Lantai kayu laminated cocok digunakan di permukaan panggung yang tidak permanen.

Harganya lebih terjangkau

Dari segi harga, lantai kayu laminated ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lantai kayu lainnya, misalnya lantai kayu solid. Karena harganya yang lebih terjangkau ini, banyak orang yang memilih lantai kayu laminated sebagai lantai hunian atau bangunan karena bisa menghemat budget tanpa menghilangkan fungsi dan nilai estetik dari sebuah lantai.

Dibalik kelebihannya, lantai kayu laminated juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah:

Kekurangan Lantai Kayu Laminated

Memiliki corak kayu yang standar dan sama

Lantai kayu laminated memiliki banyak pilihan corak dan motif, namun jika kamu membeli jenis lantai kayu ini, kamu akan menemukan motif lembaran lantai kayu laminated yang sama, karena memang sesuai dengan motif yang dibuat di pabrik. Hal ini berbeda dengan lantai kayu solid yang terbuat dari kayu asli tanpa campuran bahan lainnya. Karena keasliannya ini, setiap lembaran lantai kayu solid akan memiliki corak yang berbeda-beda, sehingga lantai akan terlihat lebih natural.

Ketahanannya tidak sebaik lantai kayu solid

Lantai kayu laminated memiliki ketahanan yang tidak sekuat lantai kayu solid. Lantai kayu laminated tidak cocok bagi kamu yang menginginkan lantai kayu yang bisa bertahan dalam waktu yang lama sampai puluhan tahun. Lantai kayu laminated ini adalah buatan pabrik dengan pemasangan yang cepat. Selain itu lantai kayu laminated bisa gampang rusak jika tidak dirawat secara rajin dan rutin.

Tidak bisa difinishing ulang

Lantai kayu laminated tidak bisa diberi finishing ulang, yang merupakan proses pemberian cairan pelapis kembali jika warna lantai kayu sudah mulai memudar. Hal ini hanya bisa dilakukan pada jenis lantai kayu solid. Untuk lantai kayu laminated sendiri tidak bisa karena pelindung dari jenis lantai ini sudah dibuat oleh pabrik.

Permukaannya mudah tergores

Jika kamu menggunakan lantai kayu laminated, hindarilan menggeser furnitur di atasnya karena hal ini akan merusak lantai kayu laminated karena jenis lantai kayu ini sangat mudah menerima goresan. Agar goresan dan kerusakan ini bisa diminimalisir, kamu bisa menggunakan bungkusan yang terbuat dari karet di bagian kaki-kaki furnitur. Jika sudah tergores, lantai kayu laminated ini tidak bisa diperbaiki. Jika kamu ingin membuat lantai kayu laminated terlihat baik seperti semula, kamu harus mengganti lantai kayu laminated tersebut.

Mengandung VOC

Lantai kayu laminated ini memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) yang merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan terlepas ke udara. Senyawa organik ini kurang baik efeknya untuk kesehatan, terlebih bagi kamu yang memiiliki kekebalan tubuh yang rendah dan sensitif krena dapat mengakibatkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.

Demikianlah pembahasan kita tentang lantai kayu laminate yang sedang hits ini. Bagaimana tanggapan pribadi anda? apakah anda memerlukan lantai kayu yang murah? atau anda lebih mementingkan kualitas? Jika anda lebih membutuhkan atau menginginkan kualitas yang luar biasa baik, saya sarankan untuk lebih memilih lantai kayu solid dibandingkan lantai kayu laminate.

Baca juga : Harga Lantai Kayu Solid Terbaru 2021

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk, harga dan biaya pasang, Anda bisa menghubungi kontak staff kami berikut ini :

Call / Whatsapp
0811-224-419
Wawan S.

Add a Comment