Berbagai Pemanfaatan Pohon Kayu Keruing

Pohon kayu keruing – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa hutan merupakan ekosistem yang memiliki peran penting terhadap keberlangsungan hidup seluruh makhluk dibumi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena hutan menjadi rumah bagi berbagai macam jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat.

Dari sekian banyaknya jenis tumbuhan yang ada di Indonesia, pohon keruing pun menjadi salah satu jenis tumbuhan yang terkenal dengan segudang manfaatnya. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar pohon kayu keruing, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pertumbuhan Pohon Kayu Keruing

Pohon keruing tumbuh dengan ukuran yang begitu menjulang tinggi dan besar, yang mana batang pohonnya kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan industri perkayuan. Itu artinya, kualitas kayu yang satu ini tak hanya terkenal di dalam negeri saja, melainkan sudah tersohor hingga ke berbagai belahan negara. Sehingga tak heran, jika harga jual kayu keruing dipasaran cukup fantastis.

Pertumbuhan Pohon Kayu Keruing

Penyebaran pohon kayu keruing di Indonesia bisa kita temui mulai dari Pulau Jawa, Lombok, Sumbawa, Bali, Sumatera, hingga Pulau Kalimantan. Adapun mengenai keberadaan pohon kayu keruing yang ada di beberapa kawasan Asia lainnya seperti Myanmar, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, Filipina, hingga Cina.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Kayu Amara

Pohon keruing itu sendiri umumnya tumbuh subur di hutan primer yang mempunyai sifat musim perbungaan raya, sehingga ia kerap berbunga dan berbuah dalam jumlah banyak pada musim tertentu. Adapun mengenai karakteristik dari pohon kayu keruing seperti berikut:

  • Ukuran pohonnya tinggi besar dan mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 65 meter
  • Batang pohonnya berbentuk lurus, bulat giling dan gemanya berukuran sekitar 150 cm – 260 cm
  • Batang dan ranting pohonnya akan mengeluarkan resin saat disayat
  • Ranting pohonnya memiliki rambut bertekstur halus dan kasar
  • Daun pohon keruing menyirip lurus dan tampak berurat di bagian bawahnya
  • Pohon keruing berdaun tunggal dengan ukuran besar, serta memiliki 5 kelopak
  • Buah dari pohon keruing terbungkus oleh kelopak dan berukuran besar, yang dinamai buah geluk.

Lantas, Pohon kayu Keruing dimanfaatkan untuk apa saja?

Pemanfaatan Pohon Kayu keruing

1. Dijadikan Plafon & Decking (Lantai Kayu Outdoor)

Dijadikan Plafon & Decking (Lantai Kayu Outdoor)

Plafon merupakan salah satu elemen hunian yang diaplikasikan sebagai material penutup langit-langit. Selain berfungsi untuk memperindah tampilan rumah, keberadaan plafon juga berfungsi sebagai pengatur suhu didalam ruangan yang masuk melalui atap.

Ada banyak sekali jenis-jenis plafon kayu yang tersedia dipasaran, dan salah satunya adalah plafon kayu keruing. Pastinya penggunaan plafon kayu keruing dapat menghadirkan nuansa yang lebih berbeda dengan plafon triplek maupun gypsum. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat plafon kayu keruing menonjolkan kesan mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian.

Dijadikan Plafon & Decking (Lantai Kayu Outdoor)

Tak hanya dijadikan produk plafon, kayu keruing pun kerap dijadikan bahan baku untuk pembuatan wood decking alias lantai kayu outdoor. Dibalik karakteristiknya yang tahan terhadap serangan rayap, ternyata kayu keruing juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tingkat pemuaian dan penyusutan pada decking kayu keruing tergolong cukup rendah.

Nah, karena keunggulan itulah yang menjadikan kayu keruing sangat ideal dijadikan bahan baku pembuatan lantai kayu outdoor. Sesuai dengan namanya, decking kayu keruing ini biasa ditempatkan di area-area outdoor, seperti Taman, Halaman, Rooftop, Pinggiran kolam renang dan lain sebagainya.

Untuk kelengkapan informasi seputar produk Decking berbahan kayu, silahkan klik tautan yang ada di : Decking Kayu Keruing

2. Dijadikan Bahan Konstruksi

Dijadikan Bahan Konstruksi

Kayu keruing tak hanya terkenal dengan tingkat keindahannya saja, melainkan juga tingkat ketahanan dan kekuatannya yang sangat mumpuni. Sehingga tak heran jika kayu keruing kerap diandalkan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi, seperti kaso, reng, kusen, bantalan rel kereta api, hingga industry perkapalan.

3. Dijadikan Pewarna Pada industry Keramik

Dijadikan Pewarna Pada industry Keramik

Menurut informasi yang didapat, kayu keruing akan dilubangi dan dibakar secara berkala agar menghasilkan resin dengan warna sempurna. Nah, resin tersebutlah yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan cat untuk mewarnai keramik.

Artikel Serupa : Review Macam Ukuran keramik lantai

4. Dijadikan Bahan Varnish (Pernis)

Selain menghasilkan resin, ternyata kayu keruing juga dapat menghasilkan minyak yang biasanya digunakan untuk membuat bahan varnish alias pernis. Lantas, apa yang dimaksud dengan pernis? Pernis itu sendiri merupakan bahan finishing yang dapat membuat tampilan furniture berbahan kayu menjadi lebih mengkilap.

Dijadikan Bahan Varnish (Pernis)

Namun, masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa antara pernis dan plitur itu adalah jenis finishing yang sama. Padahal, diantara keduanya memiliki perbedaan tersendiri lho.

Baca Selengkapnya : Ternyata Ini Perbedaan Antara Pernis Kayu dan Plitur

5. Dijadikan Bahan Baku Pembuatan Kertas

Pemanfaatan berikutnya dari pohon kayu keruing yang akan dibahas, yakni dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan kertas. Pada proses pembuatannya, kayu keruing akan dikupas lalu akan diolah hingga teksturnya menjadi seperti bubur.

Dijadikan Bahan Baku Pembuatan Kertas

Setelah teksturnya menyerupai bubur, selanjutnya ia akan diolah lagi sampai menjadi berbagai jenis kertas seperti box, kardus, dan lain sebagainya.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar pohon kayu keruing, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

Scroll to Top