Video Pengamplasan Lantai Kayu jati

Proses kedua setelah Memasang Lantai Kayu selesai, dilanjutkan dengan pengampelasan gunanya untuk meratakan Lantai Kayu yang sudah terpasang hingga benar-benar rata.

Pengampelasan ini harus menggunakan mesin Khusus untuk Parket dan dikerjakan oleh Profesional, tidak bisa menggunakan Mesin amplas model getar karena tidak akan kuat untuk meratakan parket, Juga tidak boleh menggunakan mesin serut karena hasilnya akan merusak Kayu.
Kali ini Rajawali Parquet mendapatkan permintaan untuk mengganti Lantai Kayu untuk GOR C-TRA ARENA yang berlokasi di Jalan Cikutra Bandung yang sebagiannya sudah amblas dikarenakan lapisan Ply wood bagian bawah parket sebagiannya sudah lapuk kerana usia yang sudah hampir 8 tahun.
Luas pemasangan Lantai kayu GOR C-Tra arena ini menghabiskan sekitar 560 meter persegi. Sedangkan luas Lapangan basket-nya menggunakan ukuran Standar Internasional adalah 427,5meter persegi yakni panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter.

GOR C-Tra arena merupakan tempat sarana olahraga yang berada di sebelah timur pusat Kota Bandung, tepatnya sebelah Timur Taman Makan Pahlawan Cikutra.
GOR C-Tra Arena merupakan GOR yang memiliki taraf Internasional, di dalam GOR ini terdapat beberapa fasilitas olahraga yang multifungsi.

GOR ini sering dipakai untuk olahraga Liga Basket Nasional dan Liga Voli Nasional, bahkan sering juga di pakai untuk pertandingan Karate se-Indonesia. Para Event Organizer tak ayal sering menggunakan GOR ini sebagai tempat pertunjukan musik dengan menampilkan artis-artis ternama di Indonesia.

Manfaat Pada Proses Pengamplasan Lantai Kayu

Pada mulanya proses pengamplasan kayu dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas amplas. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir mesin amplas yang tentunya dapat mempermudah dan mempercepat proses pengamplasan kayu. Lantas, apa tujuan dari pengamplasan lantai kayu…???

Untuk Menghaluskan Permukaan Lantai Kayu

Manfaat Pada Proses Pengamplasan Lantai Kayu - untuk menghaluskan

Sebelum diberi cat atau coating, tentu saja permukaan lantai kayunya harus benar-benar halus dan bersih. Ya, hal itu bertujuan agar cat-nya bisa melekat dengan sempurna pada permukaan lantai kayu.

Dengan begitu, tidak ada banya cat yang terbuang secara percuma. Bahkan, proses pengamplasan juga bisa membantu dalam menghaluskan cat untuk mendapatkan tampilan yang lebih bersih, lembut, dan elegan

Dapat Menghapus Noda Nat Lantai

Manfaat Pada Proses Pengamplasan Lantai Kayu - untuk menghapus noda nat lantai

Selain dapat menghaluskan permukaan lantai, proses pengampalasan bertujuan untuk membersihkan noda nat pada lantai kayu. Setelah permukaan lantai kayu terbebas dari berbagai kotoran, tentu saja hal itu dapat memudahkan saat proses coating atau pengecatan.

Tips dan Teknik Menggunakan Mesin Amplas Untuk Lantai Kayu

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa setiap pengerjaan itu membutuhkan trik dan teknik agar hasilnya bisa sempurna. Begitu juga dalam pengerjaan amplas pada lantai kayu yang diperlukan trik dan teknik. Adapun mengenai beragam trik dan teknik pengamplasan lantai kayu seperti dibawah ini:

1. Mengamplas Bagian Pinggir Lantai Kayu

Apabila anda menggunakan drum sander, maka bagian pinggir lantai yang berbatasan dengan dinding tidak bisa dijangkau. Oleh karena itu, anda membutuhkan mesin amplas seperti hand sander yang berbentuk persegi.

Dalam hal ini anda harus menggunakan bagian ujung hand sander untuk menjangkau bagian sisi yang sulit. Selain itu, pastikan pula semua bagiannya sudah teramplas dengan rata.

2. Mengikis Cat Pada Sudut

Sebenarnya bagian sudut lantai juga memang tidak bisa di ampas. Maka dari itu, anda harus mengikisnya dengan menggunakan pisau scrape secara perlahan tanpa menggores permukaan lantai kayu.

Disamping itu, pastikan juga pisa scraper yang digunakan benar-benar tajam agar bisa mengangkat cat secara maksimal.

3. Jangan Lupakan Grit Amplas

Selama proses pengamplasan, maka anda jangan pernah melewatkan satu nomor pun dari kertas amplas karena hasil finishingnya tidak akan halus. Dengan kata lain, anda harus menggunakan kertas amplas secara berurutan secara terbalik, yakni mulai dari angka besar ke angka kecil.

4. Bersihkan Sebelum dan Setelah Mengamplas Kembali

Diantara pergantian kertas amplas, maka anda harus menghilangkan debu amplasnya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena debu yang dibiarkan pada permukaan lantai kayu dapt menciptakan goresan kasar. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, goresan pada permukaan lantai kayunya juga bisa cukup dalam lho!

5. Cek Lagi Lantai Kayu yang Sudah Diamplas

Mungkin anda sudah selesai mengamplas dengan semua pergantian kertas amplas tersebut dalam waktu yang cukup lama. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa masih ada sebagian area lantai kayu yang belum benar-benar halus.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengecek kembali antai kayu yang sudah diamplas untuk memastikan permukaannya secara keseluruhan telah halus. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan lampu agar bisa memeriksa kondisi lantai kayu dengan jelas.

Apabila terdapat bagian-bagian lantai kayu yang belum halus, maka gunakan mesin buffing untuk menghaluskan permukaan lantai tersebut.

Nah, seperti itulah beberapa trik dan teknik dalam mengamplas lantai kayu menggunakan mesin amplas.  

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top