alasan kayu jati dan merbau sangat populer

Kayu seolah sudah menjadi bahan dasar atau bahan utama dalam pembuatan sebuah rumah. Bukan tanpa alasan, karena kayu merupakan bahan alam yang sudah sangat teruji akan kualitas dan ketahanannya. Terlebih lagi, unsur kayu dalam sebuah hunian merupakan daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Mengapa bisa saya katakan seperti itu? Mari kita ambil contoh dari beberapa desain hunian atau cafe yang sering disebut ‘estetik’.

Setiap bangunan tersebut pasti memilki setidaknya 20-50% unsur kayu, baik itu terletak pada furtniture, dinding, lantai ataupun plafon yang terbuat dari kayu asli. Hal ini menandakan bahwa kayu memang sangat berguna dalam interior sebuah bangunan.

Namun, tak sembarang jenis kayu yang bisa dijadikan bahan dasar interior rumah. Maka dari itu pada pembahasan kali ini saya akan berfokus pada dua jenis kayu yang sering dijadikan interior rumah pada umumnya, yaitu si kayu terkenal Jati, dan si kayu indah Merbau.

Kedua jenis kayu tersebut sudah menjadi favorit bagi Sebagian besar orang, alasannya karena tentu saja ketahanan dan kekerasan kayu tersebut sangat terjamin. Lantas? Apa yang membedakan kedua jenis kayu tersebut? Mari kita bahas satu persatu;

perbedaan-kayu-jati-dan-merbau
perbedaan-kayu-jati-dan-merbau
  • Segi Kualitas

    Pada dasarnya, kualitas kayu merbau dan jati tidak berbeda terlalu jauh, hanya saja produk lantai kayu jati memiliki 3 grade, yaitu Grade A,B dan C. Yang mana hal inilah merupakan perbedaan yang signifikan, kayu merbau jika dibandingkan dengan grade A yaitu grade paling baik, memang tidak berbeda jauh. Namun jika dibandignkan dengan grade B atau C, disinilah perbedaan kualitas sangat terasa.

  • Segi Tampilan

    Penampilan dari kedua jenis kayu ini berbeda jauh. Kayu jati yang memiliki warna dominan kuning kecoklatan, sedangkan kayu merbau yang memiliki warna merah kecoklatan. Namun hal ini tergantung pada preferensi konsumen, jika anda menyukai konsep rumah yang gelap dan elegan, pilihlah kayu merbau. Sebaliknya jika anda menginginkan rumah yang fresh dan cerah, kayu jati adalah jawabannya.

  • Segi Harga

    Nah, pada faktor inilah para calon pelanggan akan sangat membandingkan dan berfikir Kembali kayu apa yang hendak dipasangkan pada hunian nya. Karena memang pada segi harga, kayu merbau bisa dibilang lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu jati grade A. Disinilah grade B dan C memiliki peran penting karena harga kedua grade ini lebih terjangkau dibandingkan dengan grade A. Untuk informasi lebih lengkapnya anda bisa membacanya di Harga Lantai Kayu Terbaru.

Nah kini anda sudah mengetahui perbedaan dari kayu jati dan kayu merbau dari ketiga faktor tersebut, sekarang mari kita bahas masing masing kelebihan dan kekurangan dari lantai kayu jati dan lantai kayu merbau;

Kayu Jati

kelebihan kayu jati
kelebihan kayu jati

Kelebihan Lantai Kayu Jati

  • Serat yang dimiliki kayu jati ini sangat unik dan tidak seragam, yang artiya akan lebih artistik saat sudah dipasangkan.
  • Tingkat keras dan awet yang sangat tinggi membuat kayu jati sangat tahan terhadap kelapukan, meski tetap memiliki resiko terkena serangan rayap karena kayu asli.
  • Memiliki varian 3 warna karena setiap grade memiliki warna yang berbeda.
  • Memiliki senyawa anti rayap dan jamur menjadikan kayu jati akan sangat awet.

Kekurangan Lantai Kayu Jati

  • Memiliki bagian gundal yang besar sehingga sangat jelas terlihat
  • Harga yang relatif cukup tinggi dibandingkan jenis kayu lainnya.

Baca Juga : Perbedaan Kualitas Kayu Jati

Kayu Merbau

kelebihan kayu merbau
kelebihan kayu merbau

Kelebihan Lantai Kayu Merbau

  • Warna yang dimiliki kayu merbau ini sangat unik yaitu merah kecoklatan, yang menjadikan kayu ini sangat laris manis.
  • Serat unik adalah kelebihan lainnya dari segi tampilan kayu merbau.
  • Kayu merbau memiliki efek Kesehatan pada manusia karena mengandung ion negative yang baik untuk tubuh.
  • Harga yang terjangkau adalah hal utama dalam kayu merbau.

Kekurangan Lantai Kayu Merbau

  • Kayu merbau memiliki pori-pori yang besar, namun hal ini bisa diaptasi dengan berkonsultasi pada pemasang lantai kayu anda.
  • Ketahanan pada air begitu rendah.
  • Karena memiliki tingkat keras yang tinggi, menjadikan biaya pemasangan kayu merbau lebih mahal daripada jenis kayu yang lainnya.

Baca Juga : Harga dan Karakteristik Kayu Merbau

kayu jati dan merbau
kayu jati dan merbau

Bagaimana? Sudahkah anda memilih lantai kayu yang cocok untuk selera serta dompet anda? Jika anda bertanya tentang pendapat pribadi, saya akan lebih memilih lantai kayu jati karena kualitas nya yang sudah terbukti, jika anda ingin warna yang gelap, maka anda bisa request finish yang gelap pada jasa pemasang lantai kayu tersebut. Apapun pilihan anda nantinya saya hara panda akan puas dan sesuai dengan ekspetasi, terimakasih telah membaca artikel ini, sampa jumpa di lain waktu!

 

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top