lantai terbaik untuk lapangan olahrga indoor

Pada dasarnya, dalam setiap dunia konstruksi itu harus mempertimbangkan berbagai hal. Begitu pun dalam pembangunan sarana lapangan olahraga, dimana ada banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan. Ya, mulai dari material bangunan, desain bangunan, hingga kebutuhan interior dan exterior.

Berbicara soal kebutuhan interior, tentu saja lantai menjadi salah satu elemen yang memiliki peranan paling penting. Keberadaan lantai pastinya dapat menunjang tingkat kenyamanan dan keamanan bagi para atlet yang bertanding. Bukan hanya itu, bahkan keberadaan lantai tersebut juga dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan olahraga itu sendiri.

Akan tetapi, tidak semua jenis lantai itu cocok diaplikasikan untuk lapangan olahraga lho. Dengan kata lain, hanya ada beberapa jenis lantai saja yang kriterianya dinilai cocok untuk penggunaan lapangan olahraga. Salah satunya berupa lantai kayu solid atau yang biasa disebut dengan parket solid.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai lantai kayu solid tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Lantai Kayu Solid Terbaik Untuk Lapangan Olahraga

lantai terbaik untuk lapangan olaharga indoor

Apa yang dimaksud dengan lantai kayu solid..??? Perlu diketahui, lantai kayu solid ini merupakan material lantai berbahan kayu asli tanpa campuran bahan lain. Mengingat materialnya yang terbuat dari kayu asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan produk lantai kayu solid ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tak hanya unggul dari segi kekuatan, bahkan lantai kayu solid juga unggul dari segi tampilannya yang begitu indah dan eksotik. Itu sebabnya, mengapa lantai kayu solid banyak diaplikasikan untuk lapangan olahraga indoor yang bertaraf internasional.

Dari sekian banyaknya jenis lantai kayu solid yang tersedia dipasaran, terdapat dua jenis yang paling banyak diminati. Ya, dua jenis lantai kayu solid tersebut adalah jati dan merbau.

Lantai Kayu Solid Jati

lantai kayu solid jati

Jika ditanya soal jenis kayu yang berkualitas tinggi, tentu saja kayu jati ini merupakan jawabannya. Kualitas kayu jati dinilai dari beberapa aspek, mulai dari tingkat kekerasan, kekuatan, kepadatan, keawetan, serta keindahan pola dan warnanya.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika semua produk property dan furniture yang berbahan kayu jati selalu dibanderol dengan harga mahal. Meski mahal, namun lantai kayu solid jati menyuguhkan kualitas yang tidak bisa diimbangi oleh jenis lantai kayu solid lainnya lho.

Lantai kayu solid jati kerap diaplikasikan untuk berbagai jenis lapangan indoor, seperti lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, dan sebagainya. Dari segi tekstur, lantai kayu solid jati tampak terasa kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset.

Akan tetapi, tidak semua tipe lantai kayu jati menawarkan kualitas dan harga yang sama. Pasalnya, produk parket solid jati juga akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya, yaitu grade A, grade, dan grade C.

Lantai Kayu Solid Merbau

lantai kayu solid merbau

Selain parket solid jati, parket solid merbau juga merupakan salah satu produk parket solid yang sering dipilih untuk pemasangan lantai lapangan olahraga indoor. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat karakteristik parket solid merbau yang sudah memenuhi standarisasi untuk kebutuhan lapangan olahraga indoor bertaraf internasional.

Dari segi harga, bahkan parket solid merbau ini lebih murah dibanding parket solid jati. Meski lebih murah, bukan berarti juga bahwa kualitas dari lantai kayu solid merbau ini bisa dianggap remeh. Bagaimana tidak? sebab kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan yang termasuk kedalam kelas I dan kelas II.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, bahkan parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Lantai Kayu Sintetis, Alternatif Terbaik Pengganti Lantai Kayu Solid

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa pemerintah mulai membatasi penjualan semua jenis kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ketersediaan kayu yang semakin hari sudah semakin menipis. Alhasil, produk lantai kayu solid cukup sulit untuk kita temui dipasaran.

Jika pun ada, harga lantai kayu solid tersebut sudah pasti akan mahal dikarenakan bahan bakunya yang mulai langka. Maka dari itu, hadirlah produk lantai kayu sintetis yang menjadi alternatif terbaik sebagai pengganti lantai kayu solid. Meski tidak sekuat lantai kayu solid, namun lantai kayu sintetis ini sudah terbukti cukup kuat sehingga ideal digunakan untuk kebutuhan lapangan olaharaga indoor.

Adapun mengenai beberapa jenis lantai kayu sintetis yang kerap digunakan pada lapangan olahraga indoor, seperti lantai vinyl, lantai laminated, dan lantai SPC.

 

 

 


 
You might also like:

baca juga : Detail ukuran lantai Lapangan basket

Tinggalkan Komentar

Keranjang Belanja
Scroll to Top