Begini Cara Alami yang Ampuh Untuk Membasmi Kutu Kayu

Cara membasmi kutu kayu – Berbicara soal musuh kayu, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada rayap bukan? Ya, hewan mungil yang satu ini memang menjadi momok menakutkan bagi semua jenis kayu.

Bahkan, jenis kayu yang diklaim anti rayap sekalipun tidak akan bisa lepas dari serangan rayap tersebut. Selain rayap, ternyata masih ada lagi jenis serangga kecil lainnya yang juga menjadi musuh menakutkan bagi kayu lho!

Adapun mengenai serangga pemakan kayu lainnya yang dimaksud adalah “kutu kayu”. Namun, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa kutu kayu ini adalah rayap. Padahal, antara kutu kayu dan rayap merupakan dua jenis hewan yang berbeda.

Apa Itu Kutu Kayu?

mengenal kutu kayu

Biasanya kutu kayu banyak dijumpai di area-area dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Meski dinamai kutu kayu, namun serangga ini tidak selalu hinggap pada semua material yang berbahan kayu maupun di area lembab.

Kutu kayu pun bisa kita temui pada tumpukan sampah, di bawah bebatuan, tumpukan sampah daun, hingga gorong-gorong. Kutu kayu dalam bahasa ilmiahnya bernama Krustasea atau Isopoda, dimana ia memiliki ciri fisik berbeda dengan rayap.

Baca juga : Kayu Meranti, Jenis Kayu yang Paling Dibenci Rayap!

Kutu kayu tampil dengan rangka luar berukuran panjang seperti kecoa, dan memiliki tekstur keras dengan 14 anggota badan bersendi yang tampak terlihat tersusun rapih. Pergerakan kutu kayu juga sangatlah lambat, serta lebih aktif dimalam hari ketimbang di siang hari.

Saat disentuh dengan tangan manusia, maka kutu kayu ini akan menggulungkan badan dengan bentuk bulat seperti bola. Ya, hal itu bertujuan untuk melindungi diri karena bagian punggungnya memiliki tekstur keras.

Karakteristik Kutu Kayu

Pada dasarnya, kawanan kutu kayu ini bisa hidup normal di area outdoor. Namun, kebanyakan dari mereka memang lebih menyukai hidup di area ruangan rumah yang memiliki tingkat kelembaban tinggi. Itu sebabnya, mengapa kutu kayu selalu bersemayam di furniture berbahan kayu.

Ketika mereka sudah memilih kayu sebagai sarangnya, secara otomatis keberadaannya bisa mengancam kualitas dari kayu itu sendiri. Seperti halnya rayap, kutu kayu juga kerap membuat kayu menjadi keropos dan berlubang.

Nah, setelah mengetahui seluk-beluk kutu kayu, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai cara alami untuk membasmi kutu kayu.

3 Tips Alami yang Efektif Membasmi Kutu Kayu

1. Pastikan Tidak Ada Celah di Rumah

Tips Alami yang Efektif Membasmi Kutu Kayu - pastikan tidak ada celah

Cara alami pertama yang dapat anda lakukan untuk membasmi kutu kayu, yakni pastikan tidak ada celah di area rumah. Jika di rumah anda terdapat ventilasi, maka lapisi dengan kawat saringan berukuran kecil agar tidak mengganggu sirkulasi udara sekaligus untuk mencegah masuknya kawanan kutu kayu.

Disamping itu, pastikan juga pada bagian bawah jendela maupun pintu tidak celah agar kutu kayu tidak masuk melalui area tersebut.

Baca Juga : Ilmu Merawat Lantai Kayu yang Benar

2. Menjaga Kebersihan Rumah

Tips Alami yang Efektif Membasmi Kutu Kayu - menjaga kebersihan rumah

Selain factor suhu ruangan, ternyata tingkat kebersihan juga menjadi salah satu factor yang dapat mengundang kawanan kutu kayu lho. Ya, rumah yang jarang dibersihkan tentunya menjadi kesukaan kutu kayu.

Apalagi didukung dengan kondisi ruangan yang lembab, sehingga akan membuat kutu kayu semakin betah dan berkembang biak secara cepat. Oleh karena itu, anda harus selalu memperhatikan tingkat kebersihan dalam rumah.

Bersihkan semua sampah-sampah yang tampak berserakan. Apabila banyak benda atau perabotan yang tidak terpakai, segera pindahkan ke area gudang agar tidak dijadikan tempat bersarang bagi koloni kutu kayu.

3. Menjaga Tingkat Kelembaban Dalam Ruangan

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kutu kayu itu lebih suka hidup di area-area dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Sehingga tak heran jika kutu kayu akan memilih material kayu sebagai tempat berlindung.

Mengingat akan hal itu, penting bagi anda untuk senantiasa menjaga tingkat kelembaban udara pada setiap ruangan rumah. Adapun mengenai berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kelembaban ruangan seperti di bawah ini:

Pastikan Ada Pencahayaan Alami

Tips Alami yang Efektif Membasmi Kutu Kayu - pastikan ada pencahayaan alami

Pencahayaan alami memiliki peranan yang penting dalam membasmi kawanan kutu kayu. Pasalnya, pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan. Bahkan, kehadiran pencahayaan alami juga tentunya sangat membantu dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah.

Akan tetapi, kamar tidur yang terlalu banyak terpapar sinar matahari dianggap tidak bagus karena dapat mengganggu istirahat. Maka dari itu, anda harus mengatur pencahayaan alami secukup yang sesuai dengan kebutuhan kamar. Untuk faktor pencahayaan buatan seperti lampu, sebaiknya anda menggunakan jenis lampu yang terang tapi lembut.

Artikel Menarik Lainnya : Mengenal Karakteistik Kayu Kamper

Menggunakan Dehumidifier

Tips Alami yang Efektif Membasmi Kutu Kayu - menggunakan dehumidifier

Selain pencahayaan alami, penting juga bagi anda untuk menggunakan dehumidifier guna menjaga tingkat kelembaban dalam ruangan rumah. Namun, terdapat satu kekurangan dari dehumidifier yang harus anda ketahui.

Untuk bisa mendapatkan alat yang satu ini, maka anda harus merogoh kantong yang cukup dalam lho. Pasalnya, produk dehumidifier dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Ya, terlebih untuk dehumidifier dengan merk-merk ternama, bisa dipastikan harga yang ditawarkannya sangatlah mahal.

Kendati demikian, fungsi dari dehumidifier ini benar-benar sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban dalam ruangan rumah. Mengenai fungsinya, dehumidifier bertugas untuk menyerap kelembaban yang nantinya akan dirubah menjadi udara sejuk.

Menggunakan Silica Gel

Tips Alami yang Efektif Membasmi Kutu Kayu - menggunakan silica gel

Apabila budget anda tidak bisa menjangkau harga dehumidifier, maka penggunaan silica gel ini merupakan alternatif terbaiknya. Ya, jelas demikian, sebab harga silica gel ini jauh lebih murah ketimbang dehumidifier.

Meski menawarkan harga yang lebih murah, namun fungsi dari silica gel ini hampir mirip dengan alat dehumidifier. Silica gel sudah terbukti cukup efektif dalam menjaga tingkat kelembaban sebuah ruangan.

Nah, seperti itulah beberapa tips simple yang dapat anda lakukan untuk membasmi kutu kayu secara alami.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya…???

Scroll to Top