Karakteristik Kayu Bengkirai, Unik dan Beda dari Jenis Lainnya

mengenal kayu bengkirai kekurangan kelebihannya

Karakteristik kayu bengkirai beserta kegunaannya – bagi sebagian orang mungkin belum terlalu mengenal Bengkirai.

Bengkirai atau Yellow Balau ini memang tidak bisa ditemukan di semua daerah. Pulau Kalimantan lah yang tercatat sebagai pemasok jenis kayu tersebut. Meski begitu, bengkirai tidak kalah populer dari jati.

Balau orang-orang menyebutnya, terbilang sebagai jenis kayu yang multifungsi serta memiliki kekuatan cukup tinggi.

Meski begitu, jenis ini pun juga masuk dalam favorit para tukang mengingat proses pengolahannya cukup mudah. Balau ini bisa diukir, diserut, dipotong, dipahat dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Sebagai salah satu jenis hasil alam khas Kalimantan, karakteristik kayu bengkirai memang terbilang unik. Hal ini dikarenakan beberapa kelebihan yang dimiliki sehingga membuatnya kian populer. Banyak orang pun kini menggunakannya untuk segala macam kebutuhan.

Maka dari itu, tidak heran jika Balau memiliki banyak peminat yang membuat permintaan tiap tahunnya tinggi.

Dan tidak kalah istimewa, Balau juga menjadi produk andalan yang diekspor hingga ke luar negeri. Baik dalam bentuk kayu asli, atau sudah diolah menjadi berbagai perabot atau properti. Tentu ini juga menjadi salah satu faktor nilai kayu bengkirai sangat tinggi hingga banyak orang mulai memburunya untuk kepentingan khususnya properti.

Mengenal Karakteristik Kayu Bengkirai Khas Kalimantan

warna dan corak kayu bengkirai

Pertumbuhan Pohon Bengkirai

Yellow Balau atau bengkirai ini memiliki nama latin Shorea laevis dan dikenal sebagai kayu komersil yang bisa ditemukan di kawasan hutan hujan tropis. Umumnya balau ditemukan di kawasan perbukitan dengan ketinggian minimal 600 mdpl. Jenis ini diketahui bisa tumbuh hingga mencapai 50 meter. Dengan diameter mencapai lebih dari 100 cm.

Warna dan serat Bengkirai

Untuk mengenalnya lebih dalam, Kamu bisa melihat dari karakteristik kayu bengkirai. Mulai dari serat warna pada kayu yang begitu sangat terlihat jelas. Khususnya di bagian teras biasanya berwarna kuning sementara gubal lebih terlihat muda. Sedangkan dilihat dari teksturnya, balau cenderung beragam. Mulai dari halus hingga sedikit kasar

Berat kayu Bengkirai / Yellow Balau

Untuk kekerasan jangan ditanyakan lagi, Balau sangat keras apalagi ditambah bobot kayu yang cukup berat. Diketahui berat bengkirai rata-rata mencapai 0,91. Lebih besar dibandingkan jati yang hanya memiliki berat sekitar 0,7. Maka dari itu, tidak mengherankan jika balau kini lebih diminati untuk pembuatan furniture atau segala perabot di dunia pertukangan.

Selain itu, apabila dilihat dari daya retak bengkirai ini juga cenderung beragam. Ada yang tingkat keretakan rendah hingga tinggi. Semua tergantung umur Balau yang dipilih. Karakteristik kayu bengkirai yang unggul inilah membuatnya semakin populer untuk segala kebutuhan kamu dengan kekuatan super tinggi.

baca juga : jenis lantai kayu murah

Keunggulan pada Kayu Bengkirai

tips memilih kayu bengkirai

Balau memang pesonanya tidak bisa disepelekan. Ini karena dipengaruhi oleh berbagai faktor yang membuatnya unggul. Setidaknya ada beberapa faktor yang dianggap sebagai keunggulan jenis kayu tersebut.

Keunggulan ini pun juga tidak lepas dari karakteristik kayu bengkirai sehingga ini wajib untuk Kamu ketahui apalagi jika ingin memanfaatkannya demi berbagai keperluan.

1  Kayu Bengkirai Mudah di olah

Salah satu keunggulannya adalah proses pengolahan yang cukup mudah. Balau diminati banyak orang karena pengolahannya yang bisa dilakukan dengan cepat. Ditambah jenis ini juga bisa diolah menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan. Mulai dari diukir, dipahat, hingga mudah dipotong. Inilah salah satu alasan para pengrajin lebih menyukai kayu ini.

2 Memiliki Tingkat keras dan kuat yang tinggi

Selain itu, tingkat durabilitas tinggi menjadi keunggulan selanjutnya dari bengkirai. Beberapa ahli pun mengungkapkan jika bengkirai memiliki tingkat kekuatan kelas 1 hingga 2 bahkan setara dengan jati. Karakteristik kayu bengkirai yang kuat tentu bisa menjadi alternatif manakala jati tidak bisa Kamu dapatkan. Apalagi bengkirai sangat cocok untuk keperluan eksterior rumah.

3 Bengkirai memiliki Warna yang khas

Masih berkaitan dengan eksterior rumah, Balau nyatanya juga menjadi pilihan utama untuk hunian tema estetik atau klasik. Warna kayu yang kuning sedikit coklat ternyata menawarkan sisi keindahan cukup menawan. Sangat cocok untuk hunian Kamu yang mengedepankan sisi keindahannya. Pun juga rumah akan jauh lebih nyaman ketika dihuni.

4 Harga kayu Bengkirai cukup ekonomis

Tidak kalah menarik, harga kayu ekonomis menjadi keunggulan tersendiri ketika menggunakannya. Di beberapa produsen, Balau dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000 per batangnya. Namun, apabila ingin membeli jumlah banyak maka disesuaikan dengan ukuran dan bentuk. Untuk yang sudah diolah dibandrol dengan harga sekitar Rp 10- 13 juta rupiah.

adapun untuk Decking kayu Bengkirai, harganya sekitar Rp. 390.000 untuk kelas standar yaitu dengan alur anti slip pada satu sisinya

Kekurangan kayu Bengkirai

kekurangan kayu bengkirai

Kayu Bengkirai merupakan jenis kayu yang hampir tidak memiliki kekurangan yang cukup signifikan. Akan tetapi bukan tanpa kekurangan.

Salah satu kekurangan kayu bengkirai adalah memiliki resiko retak. Penyebabnya adalah karena kayu bengkirai memiliki tingkat keras tinggi namun tingkat awet menengah.

Namun, untuk tingkat keras tinggi dan harga yang terbilang cukup terjangkau karena di bawah kayu Jati membuat kayu bengkirai ini tetap dapat diandalkan.

baca  juga : 3 Produk kayu Ulin untuk hiasan interior dan eksterior hunian

Pemanfaatan kayu Bengkirai yang Bervariasi

Kayu Bengkirai memang kurang cukup populer bila dibandingkan dengan kayu Jati. Makanya jaman dulu kayu bengkirai lebih banyak di eksport dan di manfaatkan oleh orang-orang asing.

Sayang sekali

padahal, dari segi kualitas tidak berbeda jauh dengan kayu Jati.

Sekarang ini kayu Bengkirai terkenal di dunia pertukangan, pemanfaatan Balau sebenarnya sangat banyak tergantung kebutuhan. Karakteristik kayu bengkirai begitu khas dan cenderung kuat membuatnya digunakan untuk segala kebutuhan.

manfaat kayu bengkirai

Di antaranya adalah di dalam industri mebel. Alasan mendasar digunakan jenis ini adalah warnanya khas disertai tekstur hingga tingkat kekuatan kayu sangat tinggi.

1 Pemanfaatan kayu Bengkirai sebagai kontruksi

Selain itu, Balau juga sering dimanfaatkan sebagai rangka konstruksi bangunan berat. Seperti halnya jembatan, rel kereta api, bak truk, atap rumah, dan masih banyak lainnya.

2. Pemanfaatan kayu Bengkirai sebagai hiasan dinding

Untuk Kamu yang menginginkan dinding kayu kuat, maka bengkirai juga bisa menjadi solusi tepat. Dindingmu selain kuat juga akan mengeluarkan kesan estetik ketika dilihat.

3. Pemanfaatan kayu bengkirai untuk kerajinan

Layaknya hasil alam lainnya yang sejenis, Balau juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan kerajinan. Berbagai kerajinan bernilai tinggi pun bisa dihasilkan mulai dari patung hingga berbagai pernak-pernik atau hiasan rumah yang begitu mempesona. Karakteristik kayu bengkirai yang indah menjadi alasan dipilihnya sebagai bahan baku kerajinan.

4. Pemanfaatan kayu bengkirai untuk lantai outdoor

decking kayu bengkirai

lantai kayu outdoor atau Decking memerlukan jenis kayu berkualitas. Salah satu jenis kayu tersebut adalah Bengkirai.

Sebagai salah satu penjualan lantai kayu terbesar di Indonesia, kami Rajawali Parquet mengakui bahwa Decking kayu Bengkirai merupakan decking terlaris di pasaran.

Perlu di akui bahwa kayu bengkirai memang tidak sebaik kayu Ulin dan kami masih merekomendasikan penggunaan Decking kayu Ulin untuk di pasang di area Outdoor.

Akan tetapi, dengan Budget yang tidak terlalu besar, anda sudah dapat memasang decking kayu dengan kualitas oke menggunakan kayu Bengkirai.

baca selengkapnya : harga lantai kayu Outdoor / Decking untuk luar ruangan

Memanfaatkan kayu berbagai jenis termasuk bengkirai memang tidak boleh sembarangan. Apabila Kamu ingin memanfaatkannya maka disarankan untuk melakukan berbagai proses pengawetan.

Proses ini bertujuan guna memperpanjang masa pakai hingga membuat kayu semakin awet meski digunakan dalam jangka waktu lama. Pun juga disertai perawatan tepat agar pemakaiannya maksimal.

Tips Memilih Kayu Bengkirai Kualitas Terbaik

 

kelebihan kayu bengkirai yellow balau

Balau dengan jumlah produksi melimpah memang menjadi berkah tersendiri baik untuk pengguna maupun pengrajin.

Sebelum memanfaatkannya tentu Kamu dituntut untuk bisa memilih mana bengkirai kualitas terbaik atau bukan. Maka dari itu, Perlu kiranya Kamu mengetahui cara mudahnya agar tak salah pilih.

Selain melihat dari karakteristik kayu bengkirai, Kamu juga perlu memastikan keasliannya. Ini tidak lain bertujuan agar Kamu terhindar dari segala bentuk penipuan.

Meski harganya relatif murah, namun ternyata banyak oknum yang menjual produk palsu dengan kondisi sangat mirip. Pastikan Kamu cermat juga membelinya di tempat terpercaya agar terhindar dari penipuan.

Tips selanjutnya adalah pilihlah kayu dengan usia tua dan kondisi kering. Tujuannya tentu saja untuk menghindari risiko bentuk kayu melengkung sehingga akan sulit ketika mengolahnya.

Selain itu, kayu terlalu basah rawan untuk memuai yang berakibat ukurannya mudah berubah. Dan jelas ini berakibat buruk terhadap struktur bangunan dimana bahannya menggunakan bengkirai.

Bukan itu saja, ketika Kamu membeli pastikan tidak memiliki mata. Hal ini dikarenakan kayu bermata rawan rapuh dan kualitasnya cenderung rendah. Pada intinya pilih jenis dengan kondisi baik jauh dari segala kerusakan. Segala kelebihan yang didapat tentu tidak lepas dari bagaimana Kamu memilih serta melihat dari karakteristik kayu bengkirai tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply