Karakteristik dan Pemanfaatan Kayu Padauk

Sebenarnya nama kayu padauk memang masih terasa asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ada banyak sekali istilah untuk penyebutan nama kayu padauk tersebut. Berbeda daerah, tentu saja akan berbeda pula penyebutan namanya.

Namun, pada umumya kayu padauk lebih populer dengan nama kayu sonokembang atau kayu angsana. Adapun mengenai berbagai penyebutan nama kayu padauk yang berdasarkan daerahnya seperti berikut:

  • Nama kayu padauk di Aceh : kayu sana
  • Nama kayu padauk di Sumatera Utara : kayu hasona
  • Nama kayu padauk di Sumatera Barat : kayu langsano
  • Nama kayu padauk di Jakarta : kayu babaksana / angsana
  • Nama kayu padauk di Pulau Jawa : kayu sanakembang / sonokembang
  • Nama kayu padauk di NTT : kayu ai na
  • Nama kayu padauk di Ambon : kayu lalan
  • Nama kayu padauk di Halmahera : kayu ligua
  • Nama kayu padauk di Maluku : kayu linggua

Penyebaran Pohon Kayu Padauk

Penyebaran Pohon Kayu Padauk

Pada dasarnya, pohon padauk merupakan salah satu spesies pohon yang dapat beradaptasi pada lingkungan hutan hujan tropis. Adapun mengenai penyebarannya mulai dari Myanmar, Indonesia, kawasan Asia Tenggara lainnya, Pasifik Barat, Cina Selatan, Kepulauan Solomon, dan Ryukyu.

Untuk keberadaannya di Indonesia, pohon padauk ini tumbuh subur di kawasan hutan dengan ketinggian 500 mdpl. Seperti hutan belantara Jawa Tengah, Jawa Timur, hutan Kalimantan, hingga kawasan Indonesia Timur.

Proses budi daya pohon padauk dilakukan secara alami, yaitu dengan penyebaran bibitnya berupa biji. Sedangkan sebaran buatannya menggunakan stek cabang maupun ranting. Seiring dengan berjalannya waktu, kini pohon padauk juga tersebar ke berbagai belahan negara, seperti Jepang, Hawaii, Amerika Tengah, Taiwan, India, Sri Lanka, dan Afrika.

Baca Juga : Mengulas Seluk-beluk Kayu Walnut

Ciri Khas Pohon Padauk

ciri khas Pohon Kayu Padauk

Menurut kabar yang beredar, pohon padauk ini dapat tumbuh dengan ukuran besar yang memiliki tajuk lebat meyerupai kubah. Bukan hanya itu, ia juga mempunyai cabang-cabang merunduk yang mengarah ke bawah tanah. Adapun mengenai ciri khas lainnya seperti berikut :

  • Ukuran tinggi pohon padauk bisa mencapai 40 meter dengan gemang sampai 3,5 meter
  • Bagian batangnya teradapat alur dan berboggol dengan akar papan atau banir
  • Kulit kayunya berwarna abu-abu kecoklatan, memecah seperti sisik halus dan mengeluarkan getah bening berwarna merah saat disobek atau disayat
  • Daun padauk memiliki sifat majemuk dan menyirip gasal, sedangkan ukuran panjangnya berkisar 12 – 13 cm
  • Tampilan bunganya berkelamin ganda dengan warna kuning, serta memiliki aroma harum yang khas
  • Sedangkan wujud buahnya berbentuk bulat pipih yang dikelilingi sayap tipis seperti kertas, dengan ukurannya yang berdiameter 6 cm dan tidak akan pecah ketika matang.

Kandungan Senyawa Pada Pohon Padauk

  • Senyawa Loliolide dan paniculata diol yang ada di bagian daun
  • Senyawa Lupeol dan Phytol Ester yang terdapat pada bunga
  • Senyawa formononetin, iso liquiritegenin, hydroxyl hydra topic acid, dan aryl benzofuran yang ada di bagian batangnya.

Beragam Pemanfaatan Pohon Padauk

Manfaat kayu Padauk

manfaat kayu padauk

Kayu padauk ini memang terkenal dengan teksturnya yang begitu kuat dan kokoh, sehingga tak heran jika ia selalu digunakan untuk bahan baku pembuatan produk mebel dan konstruksi rumah. Tak hanya itu, bahkan kayu padauk juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan kelembapan.

Itu sebabnya, mengapa kayu padauk sangat ideal digunakan untuk produk mebel seperti kursi, lantai, lemari, meja, dan lain sebagainya. Di wilayah Indonesia Timur seperti NTT, kayu padauk ini biasa digunakan untuk bahan konstruksi rumah, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, dan furniture. Hal itu bukan tanpa sebab, mengingat sifat kayu padauk yang sangat kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Baca Juga : 9 Manfaat Lantai Kayu yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Getah Pohon Padauk

manfaat getah pohon padauk

Selain bagian kayu, ternyata getah pohon padauk juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lho. Ya, getah pohon padauk tampil dengan warna merah kino. Di daerah Kalimantan, biasanya getah pohon padauk ini sering digunakan sebagai pewarna alami untuk untuk kebutuhan tekstil hingga para pengrajin keranjang tradisional.

Manfaat Kulit dan Serat Pohon Padauk

Manfaat Kulit dan Serat Pohon Padauk

Tak banyak yang tahu bahwa kulit dan serat pohon padauk ini dapat digunakan untuk berbagai produk kerajinan tangan. Menurut informasi yang didapat, kulit dan serat kayu padauk bisa diolah menjadi beragam bentuk kerajinan, seperti mainan, kotak pensil, kursi jalin, dan lain sebagainya.

Manfaat Daun dan Getah Pohon Padauk Untuk Kesehatan

Manfaat Daun dan Getah Pohon Padauk Untuk Kesehatan

1. Mampu Meredakan Rasa Sakit Akibat Peradangan

Seperti yang dilansir dari salah satu situs kesehatan ternama dunia, menyebutkan bahwa kandungan anti inflamasi dalam daun padauk terbukti ampuh untuk meredakan rasa sakit atau rasa perih pada peradangan.

Artikel Menarik Lainnya : Mengintip Harga Kusen Pintu & Jendela kayu Merbau Terbaru

2. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Untuk anda sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, maka anda harus mencoba mengobati masalah sembelit tersebut dengan menggunakan daun padauk. Hal itu bukan tanpa alasan, karena daun padauk memiliki kandungan anti bakteri yang tinggi.

Nah, kandungan anti bakteri tersebutlah yang bertugas untuk mengatasi masalah sembelit akibat adanya bakteri jahat di dalam usus. Lantas, bagaimanakah cara pengobatannya? Untuk cara pengobatannya, anda hanya perlu meminum air rebusan daun padauk secara rutin dan teratur.

3. Dapat Meredakan Sakit Gigi

Manfaat yang satu ini bisa anda dapatkan pada bagian getah pohon padauk. Pasalnya, getah pohon padauk sudah terbukti cukup ampuh untuk meredakan rasa sakit gigi. Mengenai cara pengobatannya, silahkan oleskan getah pohon padauk pada bagian gigi atau gusi yang terasa sakit. Dengan begitu, maka rasa sakitnya akan berangsur-angsur mereda.

4. Mampu Mengobati Luka Bakar

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa daun padauk memilki kandungan mineral cukup tinggi sehingga diyakini dapat meredakan rasa sakit akibat luka bakar. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, daun padauk ini sudah terbukti mampu mempercepat proses re-generasi sel kulit mati lho.

5. Untuk Mengobati Sariawan

Manfaat daun padauk berikutnya untuk kesehatan, yakni dapat mengobat sariawan. Pasalnya, daun pohon padauk memiliki sifat anti bakteri. Adapun mengenai cara pengobatan sariawan, yakni berkumur dengan air rebusan daun padauk yang dilakukan secara berkala. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk-beluk seputar kayu padauk sehingga bisa kita jadikan sebaga bahan penambah wawasan.

Scroll to Top