Pada dasarnya, setiap jenis bangunan itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Begitu pun dengan gedung yang mana setiap jenisnya menghadirkan fungsi berbeda. Kendati demikian, tak sedikit pula ada gedung-gedung yang dibuat dengan sifat multifungsi alias serbaguna lho.

Lantas, apa yang dimaksud dengan gedung serbaguna..???

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai gedung serbaguna, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Gedung Serbaguna

Sesuai dengan namanya, yang mana gedung serbaguna ini tidak hanya digunakan untuk satu kegiatan saja. Hal itu pun terbukti, dimana gedung serbaguna tersebut kerap digunakan untuk berbagai kegiatan acara seperti pesta pernikahan, rapat organisasi, konser musik, seminar, dan lain sebagainya.

mengenal gedung serbaguna

Keberadaan gedung serbaguna tidak sulit untuk kita jumpai, entah itu di daerah perkotaan maupun di pedesaan. Biasanya gedung serbaguna sudah menyediakan beragam fasilitas pendukung seperti mushola, ruang VIP, air conditioner (ac), sound system, meja, tempat duduk, toilet, dan masih banyak lagi.

Harga sewa gedung serbaguna sangatlah bervariasi, mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Semakin lengkap fasilitas yang dimilikinya, maka akan semakin mahal pula harga sewa gedung serbaguna tersebut. Tak hanya dari segi fasilitas, ukuran luas gedung serbaguna juga bisa mempengaruhi harga sewanya lho.

Ukuran Standar Gedung Serbaguna

Banyak yang bertanya-tanya seputar ukuran standar untuk gedung serbaguna. Menurut para ahli bangunan, yang menyebutkan bahwa gedung serbaguna pada umumnya memiliki ukuran 38 x 24 m. Pasalnya, ukuran tersebut sudah terbukti dapat menampung hingga 2000 orang.

Itu artinya, ukuran ruang pada gedung serbaguna hampir sama dengan ukuran lapangan basket.

Artikel Terkait : Detail Ukuran Lapangan Basket Standar FIBA & NBA

Inspirasi Desain Gedung Serbaguna

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa hal pertama yang harus diperhatikan sebelum hendak membangun gedung itu adalah desain. Ya, jelas demikian, sebab desain itu sendiri memiliki peranan yang penting untuk tingkat kenyamanan dan keindahan gedungnya. Adapun mengenai beberapa desain gedung serbaguna terbaik seperti berikut :

1. Desain Gedung Serbaguna Dengan Plafon Kayu

inspirasi desain gedung serbaguna - dengan plafon kayu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa plafon kayu kerap diaplikasikan pada gedung-gedung yang berukuran besar seperti gedung serbaguna. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan plafon kayu dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah, elegan, namun masih tetap natural.

Tak hanya diaplikasikan untuk area langit-langit, plafon kayu pada gedung serbaguna juga sering diaplikasikan untuk area dinding.

2. Desain Gedung Serbaguna Modern Minimalis

inspirasi desain gedung serbaguna - modern minimalis

Sesuai dengan namanya, yang mana desain gedung serbaguna modern minimalis ini memiliki ukuran ruang yang tidak terlalu besar. Kendati demikian, desain gedung yang satu ini masih tetap memiliki nilai estetika lho.

Bukan hanya itu, pada umumnya desain gedung serbaguna modern minimalis selau tampil dengan warna netral seperti putih. Pasalnya, warna putih ini dapat menciptakan siluet sehingga ukuran ruangnya tampak terlihat lebih luas dan modern.

3. Desain Gedung Serbaguna Dengan Nuansa Klasik

inspirasi desain gedung serbaguna - nuansa klasik

Desain gedung serbaguna yang berikutnya ini selalu dilengkapi dengan karpet bermotif vintage. Bukan hanya itu, jenis kursi yang digunakannya pun megusung warna merah pekat agar mempertegas kesan klasik. Adapun mengenai berbagai furniture lain dan ornamen bergaya klasik yang terpampang pada setiap sudutnya.

4. Desain Gedung Serbaguna Dengan Nuansa Mewah

inspirasi desain gedung serbaguna - nuansa mewah

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa kemewahan itu selalu identik dengan penggunaan barang-barang atau furniture yang harganya mahal. Tak hanya itu, nuansa kemewahan juga dapat diciptakan pada penggunaan interior yang memiliki kilauan, seperti lampu kristal, meja alumunium, dan lain sebagainya.

Lantai Parquet Untuk Gedung Serbaguna

lantai parquet untuk gedung serbaguna

Dari sekian banyaknya jenis lantai yang tersedia dipasaran, parquet alias Lantai Kayu pun menjadi salah satu jenis material lantai yang sering diaplikasikan pada gedung serbaguna. Seperti halnya penggunaan plafon kayu, yang mana kehadiran parquet kayu ini juga akan menciptakan nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural.

Tak hanya menampilkan keindahan, penggunaan parquet kayu juga memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan lho. Pasalnya, parquet kayu mampu mengeluarkan ion-ion negatif dalam ruangan sehingga sirkulasi udaranya menjadi lebih segar.

Bukan hanya itu, bahkan parquet kayu memiliki aroma khas sehingga dapat membuat siapa saja yang menciumnya akan terbawa kedalam suasana nyaman dan alami.

Proyek Pemasangan Lantai Kayu Gedung Serbaguna yang beralamat di Pangkalan 9 Bekasi ini menggunakan Jenis Parket ukuran 1,2x5x30cm.

Demikianlah ulasan singkat seputar desain gedung serbaguna, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangunnya.

Tinggalkan Komentar

Keranjang Belanja
Scroll to Top