mengenal kayu ulin

Kalimantan adalah daerah asal dari kayu ulin atau kayu besi banyak digunakan oleh penduduk setempat untuk konstruksi rumah, jembatan dan juga perahu.

Karakteristik pohon ulin ini memiliki batang lurus dan seratnya yang padat. Ulin yang diklasifikasikan dalam suku Lauraceae umumnya memiliki ketinggian pohon sekitar 30-50 meter, dengan diameter 60 cm hingga 120 cm. Berdasarkan kategorisasi tingkat kayu kementerian kehutanan, kayu ulin termasuk dalam tingkat keras kelas I, tingkat kuat kelas I dan juga tingkat awet kelas I. Tidak mengherankan bahwa permintaan orang-orang terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Kayu ulin ini sudah sangat tersohor karena ketahanannya terhadap kelembaban, air laut dan perubahan suhu. Hal tersebut akibat dari sifat kayu ulin yang keras dan berat. Perlu anda ketahui bahwa kayu Ulin Kalimantan ini masuk kedalam 10 kayu keras tingkat Dunia. Inilah alasan mengapa kayu Ulin memiliki harga yang cukup terbilang mahal dibandingkan dengan kayu lainnya.

Kami memiliki 2 jenis produk yang berbahan dasar dari kayu ulin, yaitu Lambersering Kayu Ulin dan juga Lantai Kayu Ulin (Decking Outdoor). Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh kayu ulin adalah alasan utama kami, karena Rajawali Parquet sangat merekomendasikan Kayu Ulin sebagai pilihan jenis kayu terbaik. Penasaran kan tentang kelebihan dan kekurangan Kayu Ulin ini? Simak Informasinya berikut ini;

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Ulin

Kelebihan Kayu Ulin

kelebihan kayu ulin

Merupakan Kayu Keras Tingkat Dunia

Seperti yang sebelumnya telah kita singgungkan bahwa kayu ulin ini memiliki kualitas yang luar biasa, dan berada diatas semua jenis kayu lainnya. Soal ketahanan, keawetan dan keras tidak perlu anda ragukan lagi, inilah jenis kayu terbaik yang ada di Indonesia.

Perlu anda ketahui bahwa 3 jenis tingkat tersebut pasti ada di setiap kayu, namun kelas nya pasti berbeda. Mari kita ambil contoh dari Kayu Jati yang memiliki tingkat awet kelas I namun tidak dengan tingkat kerasnya yang menengah yaitu antara kelas II dan III. Hal tersebutlah yang menjadikan kayu ulin ini tidak terkalahkan, semua tingkatan berada pada kelas I.

Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Panas terik hingga hujan badai menerpa, kayu ulin tentu akan tetap bertahan. Sifat ‘tahan banting’ pada perubahan cuaca merupakan kelebihan kedua dari kayu Ulin ini. Tentu hal ini merupakan hal penting dalam sifat kayu, karena bisa saja jenis kayu lainnya yang tidak tahan terhadap cuaca dapat melengking atau membengkok karena cuaca esktrim tersebut.

Namun anda dapat bernafas lega jika kayu ulin dipasangkan pada taman atau ruangan outdoor anda. Sudah pasti aman dan nyaman tanpa khawatir akan melengking karena perubahan cuaca di Indonesia.

Tahan Terhadap Serangan Rayap

Sebagai musuh bebuyutan dari kayu, Rayap selalu menjadi mimpi buruk ketika anda memasang interior atau furtnitur yang berbahan dasar kayu di hunian anda.

Lantas, apa kayu ulin tahan terhadap rayap? Jawabannya jelas saja iya, karena tingkat keras kayu ulin yang berada pada kelas I menjadikan rayap itu sendiri enggan atau sulit untuk memakan kayu ulin.

Tahan Terhadap Air

Air juga menjadi salah satu faktor keawetan lantai kayu atau produk kayu. Jelas saja karena kayu yang basah menyerap air ini bepengaruh terhadap ketahanan kayu itu sendiri. Anda tak perlu khawatir, Kayu Ulin ini memiliki kelebihan dari segi ketahanan nya terhadap air, baik itu air hujan maupun air laut.

Kekurangan Kayu Ulin

kekurangan kayu ulin

Stock Yang Sedikit

Kayu Ulin termasuk kedalam pohon yang cukup langka, hal tersebut menjadikan daya saing untuk mendapatkan kayu ini sangatlah ketat.

Harga Yang Mahal

Karena untuk mendapatkan kayu ulin yang cukup langka dan juga persaingan yang ketat, berdampak pada harga yang dimiliki kayu ini. Memang cukup mahal dibandingkan kayu lainnya, namun sangatlah berbanding lurus dengan kualitasnya yang terbaik.

Produk Kayu Ulin

Decking Kayu Ulin

decking kayu ulin

Lantai kayu ulin untuk outdoor atau biasa dikenal dengan decking outdoor merupakan produk unggulan kami. Selain kualitasnya yang tak terkalahkan, tampilan dari kayu ulin ini juga cukup menarik tak kalah dari kayu Jati. Anda bisa memasangkan decking kayu ulin ini pada semua bagian luar ruangan, baik itu taman, samping kolam renang, gazebo ataupun rooftop yang ada pada hunian kesayangan anda.

Harga Decking Kayu Ulin Terbaru

Baca Juga: Harga Decking Kayu Per Meter Terbaru 2021

Lambersering Ulin

lambersering kayu ulin

Lumberceiling atau Lambersering adalah sebuah produk dari kayu solid untuk dipasangkan pada plafon hunian anda. Namun, sekarang ini banyak konsumen yang memasangkan lambersering ini pada dinding hunian mereka. Tentu hal tersebut memberikan nuansa dan suasana yang berbeda dari rumah-rumah biasanya.

Adapun produk lambersering dari kayu Ulin ini, bisa anda aplikasikan pada plafon ataupun dinding rumah anda. Soal kualitas? tidak usah ditanya lagi, pasti yang terbaik karena ini adalah kayu Ulin.

Perbandingan Kayu Ulin dengan Kayu Lainnya

Tentu anda bertanya-tanya, jenis kayu apa yang terbaik? jenis kayu apa yang paling terjangkau? jenis kayu apa yang paling awet? Mari kita ulas sedikit tentang hal ini.

Jika kita bandingkan kayu Ulin dengan kayu Jati, tentu kedua jenis kayu ini merupakan favorit sebagian besar orang. Namun, perbedaan yang signifikan terlihat pada aspek harga dan juga tingkat keras. Namun rasanya kurang cocok jika kita bandingkan kedua kayu ini karena jati tak memiliki produk Decking dan begitu juga sebalikny, Ulin tidak memiliki produk lantai kayu indoor.

Adapun kayu Merbau yang bisa kita bandingkan dengan kayu Ulin, kayu asal Papua ini kini menjadi sorotan para konsumen. Alasannya tak lain dan tak bukan yaitu karena warna dan tampilan dari kayu Merbau ini unik, yaitu coklat kemerahan berbeda dari Ulin maupun Jati. Disamping itu, Merbau juga memiliki harga yang cenderung lebih murah daripada Ulin.

Baca Juga : Alasan Kayu Jati dan Kayu Merbau Sangat Populer

Kesimpulan

Jadi, jenis kayu mana yang paling cocok untuk anda? Apapun pilihannya nanti, pastikan anda telah mengetahui tentang jenis kayu yang hendak anda pasangkan pada hunian kesayangan anda. Baik itu kayu Ulin berkualitas terbaik namun dengan harga yang mahal, atau kayu Merbau yang unik dan terjangkau namun memiliki kualitas yang menengah. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi anda, Terimakasih telah membaca.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar produk ataupun berminat memasang lantai kayu, anda bisa hubungi kontak staff kami berikut ini:

1 komentar untuk “Mengenal Lebih Dekat Tentang Kayu Ulin”

  1. Pingback: Karakteristik Kayu Bengkirai, Unik & Beda dari Jenis Lainnya

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top