5 Rekomendasi Lantai Untuk Ruang Tamu

rekomendasi lantai untuk ruang tamu

lantai untuk ruang tamu – Mau tahu lantai terbaik untuk ruang tamu ? memang tidak mudah memilih lantai untuk ruang tamu karena kita tentu pasti menginginkan lantai terbaik untuk ruang tamu, apalagi di era sekarang jenis lantai banyak sekali bisa kita temukan di pasaran.

Tetapi mana yang cocok digunakan di ruang tamu ?

Jika topik yang dibicarakan mana yang paling cocok, tentu kita harus tahu dulu fungsi dari ruang tamu itu sendiri. Ruang tamu berfungsi untuk menjamu tamu tentunya. Salah satu langkah terbaik dalam menjamu tamu adalah dengan memberikan kenyamanan baik dari jamuan, tempat duduk dan juga kenyamanan mata.

tidak salah bila lantai menjadi bagian terpenting yang harus anda petimbangkan.

Jika anda merasa masih ragu untuk memilih lantai terbaik untuk ruang tamu, kali ini akan coba kami rekomendasikan beberapa jenis lantai yang mungkin saja cocok dengan selera dan kondisi ruang tamu rumah anda.

1. Lantai Marmer

rekomendasi lantai untuk ruang tamu marmer

Marmer merupakan bebatuan yang terbentuk dari rekristalisasi batu kapur, sehingga corak atau tampilan pada lantai marmer ini terbentuk secara alami dan akan menghasilkan pola acak. Corak yang acak ini tentu menjadi perbedaan tersendiri dari lantai marmer dan tentu ada yang suka dan ada yang tidak.

Meskipun demikian, lantai marmer sangat powerfull untuk dipasang di ruang tamu karena termasuk pada kategori lantai mewah dengan nilai estetika yang sangat tinggi. Memasangnya tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi anda.

lantai marmer merupakan lantai yang sangat kuat, awet, tahan api, tahan goresan dan pastinya tahan kelembaban. Kilapan pada lantai marmer dipadukan dengan corak alami akan membuat tampilan ruang tamu anda makin elegan dan jadi bahan perbincangan teman-teman yang berkunjung kerumah anda.

2. Lantai Granit

rekomendasi lantai untuk ruang tamu granit

Apasih bedanya lantai marmer dan Granit ?

Granit merupakan jenis material batu alam yang terbentuk dari magma yang membeku. lantai Granit lebih keras dan lebih mengkilap dari marmer sehingga harga lantai Granit juga lebih mahal di banding marmer. Lantai Granit dikategorikan pada jenis lantai mewah bahkan sangat mewah karena hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menghadirkan lantai granit pada huniannya.

Di Indonesia sendiri, saat ini masih belum bisa memproduksi lantai Granit, sehingga kita harus import dan ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat harga lantai granit lebih mahal.

3. Lantai kayu

rekomendasi lantai untuk ruang tamu kayu parket

Sama halnya dengan Marmer, lantai kayu juga terbentuk dari bahan alami yaitu kayu dimana corak yang dihasilkan juga sangat alami, meskipun bukan dari batu tetapi dari kayu.

Jika anda bosan dengan gaya lantai batu yang gitu-gitu aja, dingin, keras dan licin, anda bisa menggunakan lantai kayu. Lantai kayu merupakan jenis lantai yang memang bertujuan sebagai solusi dari kekurangan-kekurangan lantai dari bebatuan baik itu marmer ataupun Granit.

Lantai kayu ini memiliki sipat lebih nyaman dipijak karena dapat hangat ketika kondisi cuaca dingin dan dan dapat menyejukan ketika kondisi cuaca panas. Dari segi medis juga lantai kayu ini jauh lebih menyehatkan dibandingkan lantai dari batu, Gak percaya ? coba saja anda tidur beberapa jam diatas lantai kayu, badan tidak terasa pegal.

selain itu juga masih banyak lagi kelebihan dari lantai kayu. untuk info lengkapnya bisa baca aja : kelebihan dan kekurangan lantai parket kayu

Lalu bagaimana dengan sisi estetika, apakah sama bagusnya dengan lantai granit dan marmer ?

lantai kayu ini memiliki corak alami dari kayu, corak-corak yang memiliki nilai estetika tinggi dengan nilai plus lebih nyaman dan ramah terhadap kesehatan.

Meskipun dari sisi keawetan, lantai kayu ini dinilai tidak seawet lantai marmer dan granit ataupun lantai jenis lainnya ditambah dengan perawan yang cukup rumit tentu saja memasang lantai kayu ini memerlukan pertimbangan lebih jauh lagi.

baca selengkapnya : cara merawat lantai kayu parket

4. Karpet

rekomendasi lantai untuk ruang tamu kayu karpet

Apakah karpet termasuk lantai ?

selepas dari apakah karpet lantai atau bukan, karpet ini masih termasuk alas yang bisa menjadi pilihan yang bisa anda coba gunakan di area ruang tamu.

Penerapan Karpet pada ruang tamu tentu akan memberikan kesan lebih hangat dan lebih santai. Cocok sekali bagi kumpulan ibu-ibu dan juga anak. Meskipun sebetulnya ruang tamu lebih terkesan formal, anda bisa menerapkan karpet ini jika mengingingkan suasan anti mainstream.

5. Lantai keramik

rekomendasi lantai untuk ruang tamu keramik

Siapa juga yang gak kenal dengan nama lantai satu ini ?

Ya, hampir semua jenis rumah pasti menerapkan lantai keramik, karena mungkin bagi sebagian orang, lantai ya keramik tidak ada yang lain.

Lantai keramik memang dinilai sebagai lantai paling ideal karena memiliki sipat yang adem, bersih, beragam corak pilihan, awet, mudah dirawat dan juga harga terjangkau. Lantai satu ini memang masih sulit tergantikan dari lantai rumah pada umunya, namun sudah jarang digunakan untuk hunian-hunian mewah yang menerapkan nilai estetika.

Meskipun demikian, lantai keramik bagi sebagian orang kurang nyaman digunakan karena terlalu dingin baik digunakan untuk berjalan telanjang kaki apalagi berbaring.

lalu bedanya keramik, marmer dan granit itu apa ?

Tidak seperti lantai marmer atau granit yang terbuat dari Bebatuan, lantai keramik ini terbuat dari olahan tanah liat.

Bagaimana dengan lantai Vinyl ?

lantai vinyl motif kayu kendo 864

Lantai vinyl bisa saja anda gunakan di area ruangan tamu, hanya saja lantai vinyl ini tidak memiliki ciri khas dari coraknya, bisa dibilang juga lantai vinyl ini hanya meniru jenis-jenis lantai diatas terutama lantai kayu, marmer dan granit sehingga jika anda menginginkan lantai karena estetika dan khas dari lantai, ya gunakan jenis lantai yang memiliki corak asli sekalian.

Lantai vinyl bisa digunakan sebagai pengganti lantai kayu atau lantai Granit saja jika memang penerapan lantai kayu atau lantai Granit tidak bisa dilakukan, misalnya karena minimnya budget atau karena waktu pemasangan yang terbatas.

Lantai vinyl lebih kami rekomendasikan untuk digunakan di area dapur karena sipatnya yang tidak licin dan tidak dingian (cenderung hangat) membantu anda beraktifitas di dapur dengan aman dan nyaman.

Mana menurutmu paling baik digunakan untuk ruang tamu ?

saran kami, jika anda memiliki budget lebih, bisa menggunakan lantai Granit karena memiliki estetika yang tinggi, namun jika bosan dengan lantai yang mirip keramik, anda bisa menggunakan lantai kayu. Lantai kayu merupakan jenis lantai memiliki nilai estetika tinggi naon memiliki harga yang terbilang beragam, ada yang mahal namun ada juga yang cukup terjangkau dan itu merupakan salah satu hal yang manarik dari lantai kayu.

Penggunaan lantai kayu juga memiliki kelebihan yaitu bisa dipasang dengan model macam-macam, tidaknya kotak-kotak saja seperti lantai keramik, tetapi bisa di bentuk menjadi beberapa model pemasangan seperti Mozaik, herringbone, susun bata dan juga chevron.

itulah ulasan mengenai jenis-jenis lantai yang bisa anda terapkan di ruang tamu, semoga bisa bermanfaat dan menambah referensi dekorasi rumah anda.

Be the first to comment

Leave a Reply