Rekomendasi Cat Finishing Kayu Outdoor

Penggunaan cat finishing kayu merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mempercantik tampilan furniture maupun property berbahan kayu. Meskipun tidaklah serumit pada proses pengolahan kayu, namun cara pengerjaan finishing kayu tetap membutuhkan trik khusus agar hasilnya sempurna.

Terlebih dalam pemilihan produk cat finishing, dimana tak sedikit dari para pekerja yang kerap kebingungan saat hendak menentukan pilihannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ada banyak sekali jenis bahan finishing yang tersedia dipasaran.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips mengenai cara memilih cat finishing kayu outdoor yang aman dan berkualitas. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Cara Memilih Cat Kayu Outdoor yang Ramah Lingkungan

1. Perhatikan Tingkat Kekuatannya

Memilih Cat Kayu Outdoor yang Ramah Lingkungan - perhatikan tingkat kekuatannya

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memilih cat kayu outdoor, yakni memperhatikan tingkat kekuatannya. Tingkat kekuatan cat finishin kayu dapat diukur dari beberapa aspek, mulai dari air, bahan kimia, solvent, panas, hingga girsan.

Dalam hal ini, tidak disarankan bagi anda untuk menggunakan jenis finishing Wax, Shellac, dan Lacquer. Mengapa demikian?

Pasalnya, ketiga jenis bahan finishing tersebut rentan terhadap berbagai kerusakan. Untuk mendapatkan bahan finishing yang bagus dan ramah lingkungan, maka pilihlah jenis pernis dan polyurethane.

2. Pilih yang Sesuai Kemampuan

Memilih Cat Kayu Outdoor yang Ramah Lingkungan - pilih yang sesuai kemampuan

Pemilihan bahan finishing yang berdasarkan kemampuannya juga merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan. Disini anda harus memperhatikan kualitas tempat bekerja, karena debu bisa menempel dengan mudah pada bahan finishing yang lama kering seperti lacque dan shellac.

Apabila anda ingin mendapatkan proses pengerjaan yang lebih cepat, sebaiknya pilih bahan finishing berupa water based coating.

3. Pilihlah Bahan Finishing yang Dapat Memberikan Tampilan Natural

Memilih Cat Kayu Outdoor yang Ramah Lingkungan - pilih yang dapat memberikan tampilan natural

Apakah property kayu di rumah anda sudah mulai terlihat usang dan kusam? Jika iya, disarankan bagi anda untuk memilih bahan finishing seperti linseed oil agar dapat memberikan tampilan yang natural. Namun, bahan tersebut hanya akan memberikan warna yang sedikit lebih tajam.

Sedangkan untuk bahan kayu solid (kayu asli), maka anda harus menggunakan stain yang ada pada jenis cat water based. Dengan menggunakan stain, maka tampilan kayunya akan tampak lebih tajam dari aslinya lho.

4. Hindari Bahan Finishing yang Memiliki Banyak Kandungan Logam Berat

Memilih Cat Kayu Outdoor yang Ramah Lingkungan - hindari produk yang memiliki banyak kandungan logam berat

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa bahan finishing jenis solvent memiliki kandungan logam berat yang sangat tinggi. Tentu saja penggunaan solvent dapat mengeluarkan aroma menyengat sehingga tidak bagus untuk pernafasan anda.

Apalagi jika penggunaan solvent dilakukan dengan cara disemprot, yang mana partikelnya bisa menyebar lebih cepat ke udara.

Rekomendasi Cat Terbaik Untuk Finishing Kayu Outdoor

Produk Finishing Untuk Furniture

1. Biovarnish Clear Coat Top Matt

merk cat finishing kayu terbaik - 1. Biovarnish Clear Coat Top Matt

Biovarnish Clear Coat Top Matt merupakan salah satu produk cat pernis terbaik, dimana fungsinya mampu melindungi media dan lapisan film di bawahnya, serta dapat meningkatkan keindahan tampilan hasil akhir glossy atau doff pada kayu.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Biovarnish Clear Coat Top Matt ini juga sudah terbukti aman digunakan karena tingkat kandungan bahan VOC (Volatile Organic Compound) didalamnya yang rendah dan tidak beracun. Dengan kata lain, anda bisa mengecat kayunya melalui metode semprotan dengan aman.

2. Jotun Gardex Premium Gloss

 Rekomendasi Cat Finishing Kayu Outdoor -Jotun Gardex Premium Gloss

Salah satu keunggulan dari Jotun Gardex Premium Gloss yang tidak dimiliki oleh merk cat kayu lainnya, yaitu mempunyai formula quick dry yang bisa mempercepat proses pengeringan serta tidak mengeluarkan bau menyengat. Tentu saja produk cat yang satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada furniture interior.

Bukan hanya itu, bahkan Jotun Gardex Premium Gloss diformulasikan khusus dengan pigmen aktif untuk menghasilkan daya rekat yang kuat dan tahan lama. Alhasil, penggunaan Jotun Gardex Premium Gloss ini akan membuat tampilan furniture interior anda menjadi indah dan mewah.

3. Propan Impra Aqua Wood Filler

Rekomendasi Cat Finishing Kayu Outdoor - Propan Impra Aqua Wood Filler

Propan Impra Aqua Wood Filler berupa produk finishing berupa dempul yang berfungsi untuk mengisi pori-pori dan lobang pada material kayu. Nah, lobang-lobang tersebutlah yang nantinya akan menjadi sasaran utama bagi rayap, sehingga kayu akan menjadi keropos.

Propan Impra Aqua Wood Filler memang dibuat khusus untuk diaplikasikan pada berbagai system finishing, seperti water based system, melamine system, NC system, PU system, hingga system finishing transparan lainnya.

Produk Finishing Lantai Kayu Outdoor

1. Glotex Super Synthetic Paint

produk cat kayu outdoor - Glotex Super Synthetic Paint

Glotex Super Synthetic Paint diproduksi oleh perusahaan lokal bernama Pacific Paint, dengan kualitas bertaraf internasional. Material cat ini terbuat dari bahan alkyd sintetic, yang membuatnya ideal untuk diaplikasikan pada lantai kayu outdoor maupun besi.

Tak hanya itu saja, ternyata Glotex Super Synthetic Paint ini sudah terbukti tahan air lho. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika ia bisa digunakan untuk produk furniture outdoor. Belum lagi dengan tampilannya yang mengkilap, sehingga furniture yang diberi cat Glotex Super Synthetic Paint ini akan lebih indah dari sebelumnya.

2. Avian High Gloss Enamel

produk cat lantai kayu outdoor - Avian High Gloss Enamel

Produk finishing kayu outdoor terbaik berikutnya yang direkomendasikan bagi anda, yakni Avian High Gloss Enamel. Produk ini bisa diaplikasikan untuk material kayu dan besi dengan hasil akhir super mengkilap.

Avian High Gloss Enamel terbuat dari bahan alkyd yang memiliki daya tutup maksimal, sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Adapun mengenai berbagai varian warna yang bisa kamu pilih untuk mengecat berbagai produk furniture dan property seperti :

  • Lantai kayu indoor
  • Lantai kayu outdoor (decking)
  • Kusen
  • Jendela dan pintu
  • Pagar dan lain sebagainya.

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Outdoor Terbaru

Cara Finishing Kayu di Area Outdoor

Cara Cat Finishing Decking Kayu

Lantai kayu outdoor atau yang lebih populer dengan nama decking, merupakan jenis material penutup lantai berbahan kayu solid (kayu utuh). Umumnya produk decking ini akan diaplikasikan untuk area outdoor seperti taman, halaman, balkon, rooftop, pagar, jembatan, hingga tepian kolam renang.

Untuk informasi lengkapnya silahkan kunjungi -> Cara Memasang Lantai Kayu Outdoor

Cara Cat Finishing Furniture

  • Tutupi area furniture yang tidak akan di cat dengan menggunakan koran atau selotip
  • Kemudian lakukan pengamplasan dengan amplas grift #100
  • Setelah itu tutup permukaan kayu dengan dempul tipis dan merata, lalu tutup lubang-lubang pada kayunya dengan menggunakan wood putty atau polyester
  • Diamkan sekitar 2 jam atau sampai kering, kemudian amplas lagi dengan menggunakan grift #120 atau grift #180 agar proses pengerjaannya lebih cepat
  • Apabila permukaannya sudah halus, aplikasikan cat primer dengan menggunakan cat epoxy high filler (ikuti petunjuk produknya)
  • Setelah selesai di cat, lakukan pengamplasan lagi dengan grift #240 atau #280
  • Tahap berikutnya, lakukan pengecatan ulang dengan menggunakan top coat atau cat akhir yang berbahan enamel
  • Apabila catnya sudah kering, lapisi permukaan akhir dengan clear gloss atau dof agar tampilannya lebih mengkilap, lalu amplas lagi dengan grift #600 sampai benar-benar halus.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan..???

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top